Cara menanam cabe besar Beautiful 497 Oriental Seed. Benih hibrida cabe besar Beautiful 497  dapat dibeli di toko Pertanian Indonesia dengan harga murah. Juga menerima konsultasi gratis cara menanam cabe besar yang baik dan benar hingga cara mendapatkan hasil buah yang lebat.

Pertanian Indonesia menyediakan segala kebutuhan berkebun dan bercocok tanam Anda, dari mulai benih hibrida berbagai varietas dan alat-alat pertanian seperti alat kocor, mulsa plastik dan lain-lain. Lengkap dan harga terjangkau.

Pertanian Indonesia siap mengirim pesanan Anda cepat dan tepat waktu ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain.

CARA MENANAM CABE BESAR BEAUTIFUL 497 ORIENTAL SEED

Agar sukses dalam cara menanam cabe besar, maka perlu untuk mengenal karakteristik dari benih yang kita pilih. Artikel kami kali ini adalah mengenai cara menanam cabe besar hibrida dari Oriental Seed Indonesia yaitu OR Beautiful 497.

Cabe besar OR Beautiful 497 merupakan tanaman cabe yang sangat vigor, tanaman mudah tumbuh dan memiliki daya adaptasi baik terhadap segala tipe tanah dan iklim. Panjang buah 14 - 15 cm, diameter buah 1,2 - 1,4 cm dan berat buah sekitar 13 - 15 gram.

Tanaman kokoh dan kuat, toleran terhadap penyakit dan virus. Buah berwarna hijau dan saat matang berwarna merah menyala. tekstur buah yang kuat sangat cocok bila dipasarkan dalam bentuk segar maupun dikeringkan. Cara menanam cabe besar OR Beautiful 497 dianjurkan perbanyak penggunaan pupuk kandang dan pengairan yang baik.

Cara menanam cabe terutama cabe merah sangat diminati oleh petani karena harga jualnya yang tinggi. Meskipun harga cabe merah atraktif dan tiba-tiba berubah, usaha petani untuk terus belajar dan belajar cara memperoleh hasil yang maksimal tiada henti dilakukan.

Cabai, dengan nama latinnya Capsicum annum L. merupakan tanaman asli benua amerika yang beriklim tropis dan subtropis. Selanjutnya menyebar ke seluruh wilayah belahan bumi lainnya melalui perdagangan.

Budidaya cabe merupakan salah satu komoditas sayur yang diminati karena selain harga jual yang tinggi, juga manfaat cabe yang tinggi. Sehingga cabe sering dijadikan sebagai sayur dan bumbu masakan Indonesia. Zat capsaicin yang terkandung dalam buah cabe memberikan sensasi unik bagi penyuka cabe, selain itu dapat menambah nafsu makan.

BACA JUGA : JUAL BENIH ANTI VIRUS FAVORIT PETANI

SYARAT TUMBUH BUDIDAYA CABE BESAR OR BEAUTIFUL 497

Cara menanam cabe besar secara umum harus memenuhi kriteria syarat tumbuh yang dibutuhkan tanaman. Dua hal utama yang paling penting yaitu iklim dan suhu udara yang ideal.

Cara menanam cabe besar terutama untuk benih cabe besar OR Beautiful 497 sangat cocok di wilayah Indonesia dimana sinar matahari yang bersinar penuh selama 8 - 10 jam. Tanaman cabe dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi.

Suhu ideal optimal cara menanam cabe besar adalah antara 24 - 28 °C. Suhu yang terlalu dingin, < 15°C atau yang terlalu panas >32 °C dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cabe. Pertanaman cabe dapat tumbuh pada musim kemarau apabila mendapatkan cukup pengairan. Curah hujan yang ideal berkisar 800 - 2000 mm/tahun dan kelembaban 80%.

PENYEMAIAN DAN PEMBIBITAN CABE OR BEAUTIFUL 497

Penyemaian dan pembibitan cara menanam cabe besar sebaiknya menggunakan wadah polybag ( dari plastik atau daun-daunan ). Hal ini dilakukan karena benih cabe hibrida umumnya harganya mahal. Apabila disemai dengan cara ditabur, dikhawatirkan benih yang disebar saling berhimpit dan tidak dapat tumbuh.

Media yang perlu disiapkan adalah tanah, kompos atau pupuk kandang dan arang sekam. Ayaklah semua bahan tersebut hingga halus. Selanjutnya dicampur jadi satu, komposisinya adalah tanah : kompos = 1 : 1 atau tanah : arang sekam : kompos = 2 : 1 : 1.

Tempat untuk menyemai cara menanam cabe besar sebaiknya dibuatkan naungan untuk melindungi bibit cabe dari terik matahari dan air hujan. Apabila cukup biaya, naungan juga dilengkapi dengan jaring pelindung hama/serangga. Selanjutnya polybag yang telah diisi media disusun dengan rapi.

Benih direndam dengan air hangat kurang lebih 3 jam. Pilih benih yang tenggelam untuk dijadikan bibit. Benih kemudian ditiriskan dan ditanam dalam polybag sedalam 0,5 cm dan ditutup kompos halus. Basahi media dengan air hingga cukup lembab.

Bibit disiram rutin setiap hari pada pagi dan sore hari. Cara menyiram bibit yaitu dengan menutup permukaan polybag dengan kertas koran kemudian air dikocorkan diatas kertas hingga basah. Benih akan berkecambah setelah 3 hari dan koran bisa dibuka.

Selanjutnya penyiraman tetap dilakukan dengan rutin dan kontrol terus pertumbuhannya. Bibit cabe merah besar siap dipindahkan setelah berumur 21 -24 hari disemaikan atau telah tumbuh 3 - 4 helai daun. Lebihkan jumlah bibit 10% dari yang dibutuhkan  untuk tindakan penyulaman tanaman.

BACA JUGA : APLIKASI PERTANIAN INDONESIA UNTUK BELANJA OLSHOP

PERSIAPAN LAHAN CARA MENANAM CABE MERAH

Tanah yang sesuai untuk cara menanam cabe besar adalah tanah yang gembur dan memiliki sifat porositas yang baik. Bajak dan cangkul lahan sampai sedalam 20 - 40 cm. Bersihkan dari batu/kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Bila gulma cukup banyak, dapat disemrotkan herbisida ( Herbisida yang sesuai dapat dikonsultasikan di PERTANIAN INDONESIA ).

Bedengan tanaman cabe lebar 1 meter, tinggi 30 - 40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan kondisi lahan namun maksimal yang efektif adalah 15 meter. Buat saluran drainase yang baik karena tanaman cabe tidak tahan air yang menggenang.

Tanaman cabe menghendaki pH tanah yang normal yaitu 6 - 7. Bila pH tanah terlalu rendah mengakibatkan tanaman akan tampak pucat dan mudah terserang virus. Tanah yang bersifat asam mudah ditumbuhi rumput ilalang.

Untuk menetralisir pH tanah yang rendah dapat digunakan kapur pertanian yaitu Dolomit sebanyak 2 - 4 ton sampai  pH tanah normal. Pemberian Dolomit pada saat pengolahan tanah dan pembuatan bedengan.

Pupuk dasar cara menanam cabe besar menggunakan pupuk organik berupa kompos/pupuk kandang dan disebarkan merata pada setiap bedengan. Pupuk organik yang dibutuhkan pada cara menanam cabe besar sebanyak 10 ton/ha. Selain pupuk organik, dapat ditambahkan ZA 150 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Selanjutnya untuk menekan pertumbuhan gulma, bedengan ditutup dengan mulsa plastik hitam perak. Mulsa tersedia juga di Toko Pertanian Online Pertanian Indonesia. Kesampingkan harga mulsa yang cukup mahal, namun banyak manfaat apabila bedengan tanaman cabe kita ditutup dengan mulsa. Adanya mulsa juga dapat menekan serangan hama dan penyakit tanaman.

Lubangi mulsa dengan alat pelubang mulsa ( dapat dibeli di Pertanian Indonesia ) sebanyak 2 baris tiap bedengan. Lubang tanam dibuat model zig-zag jarak tanam 60 cm x 70 cm. Jarak tanam yang lebar berguna agar sirkulasi udara lancar dan penetrasi sinar matahari merata.

PENANAMAN BIBIT CABE BESAR BEAUTIFUL 497 ORIENTAL SEED

Pemindahan bibit cara menanam cabe besar dari tempat semai ke lahan tetap dilakukan setelah umur bibit sekitar 3 minggu atau telah tumbuh 3 - 4 helai daun sejati. Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari untuk mencegah stress bibit cabe. Usahakan pemindahan bibit dilakukan dalam satu hari.

Sebelum bibit dipindahkan, siram polybag sampai basah. Lalu sobek polybag di bagian pinggirnya dan bibit cabe bisa dikeluarkan dengan hati-hati agar akar tidak rusak. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam, lalu tutup dengan tanah dan ditekan pelan. Kemudian bibit yang dipindahkan disiram sampai basah.

PEMELIHARAAN DAN PERAWATAN CARA MENANAM CABE BESAR

  • Penyiraman lebih intens dilakukan saat musim kemarau, menggunakan alat gembor atau dengan cara penggenangan. penyiraman hati-hati saat tanaman belum begitu kuat. Untuk penggenangan dilakukan setiap 2 minggu sekali.
  • Pemeriksaan tanaman dilakukan pada umur 1 sampai  2 minggu pertama sekaligus melakukan penyulaman tanaman. Apabila ada tanaman yang mati atau tampak sakit, tanaman segera dicabut dan ganti dengan bibit yang baru.
  • Pemasangan ajir cara menanam cabe besar dimaksudkan untuk menopang tanaman agar berdiri tegak. Ajir ditancapkan dengan jarak minimal 4 cm dari pangkal batang. Ajir dipasangkan pada hari ke-7 dari pemindahan bibit ke lahan. Bila pemasangan ajir saat tanaman sudah besar, dikhawatirkan saat ditancapkan ajir melukai akar tanaman. Bila akar terluka, virus penyakit mudah menyerang.
  • Setelah tanaman berumur 1 bulan dan sudah tinggi, tanaman diikatkan pada ajir menggunakan tali salaran ( dapat dibeli di Toko pertanian Pertanian Indonesia ).
  • Perempelan/pemotongan tunas cara menanam cabe besar dilakukan saat tanaman berumur 3 minggu ( penanaman di dataran rendah ) dan berumur 1 bulan ( penanaman di dataran tinggi ). Potong tunas yang tumbuh pada ketiak daun dengan tangan yang bersih. Pemangkasan terus dilakukan sampai cabang utama terbentuk yang ditandai dengan munculnya bunga pertama atau kedua.
  • Pupuk susulan cara menanam cabe besar dilakukan setiap 2 minggu sekali atau paling sedikit dilakukan sebanyak 8 kali hingga panen berakhir. Pemberian pupuk cabe dengan cara dikocorkan di setiap lubang tanam. Pupuk yang paling praktis adalah menggunakan pupuk organik cair. Pemupukan harus diberikan berimbang dan tepat, dapat Anda konsultasikan kepada Kami, Pertanian Indonesia.
  • Penyiangan gulma dilakukan  dengan mencabut rumput-rumput yang tumbuh bersamaan dengan perawatan lainnya.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT

Pengendalian hama dan penyakit dalam cara menanam  cabe besar perlu mendapat perhatian khusus. Pemilihan benih hibrida yang tahan penyakit merupakan salah satu cara untuk meminimalkan serangan hama dan penyakit.

Untuk mencegah serangan yang lebih berat, harus rutin mengontrol tanaman sehingga apabila ada tanaman yang tampak sakit dapat segera dilakukan tindakan. Memangkas daun-daun yang layu, berlubang atau bila ada tanaman yang mati, segera dicabut dan dibakar di tempat yang agak jauh dari lahan.

PEMANENAN CARA MENANAM CABE BESAR

Budidaya cabe merah mulai bisa dipanen setelah tanaman berumur 75 - 85 hari setelah tanam. Proses pemanenan cara menanam cabe besar dapat dilakukan berulang kali tergantung dari jenis varietas, teknik budidaya dan kondisi lahan.

Panen tanaman cabe dilakukan dengan interval  2 - 5 hari sekali, disesuaikan dengan kondisi matangnya buah dan permintaan pasar. Buah cabe yang akan dipanen, dipetik beserta tangkainya agar masa simpannya lebih lama. Buah yang siap dipetik adalah yang berwarna oranye hingga merah. Pemetikan buah cabe dilakukan pada pagi hari.

Produktivitas budidaya cabe merah dapat mencapai hingga 14 ton/ha tergantung varietas dan teknik budidaya yang digunakan. Bila budidayanya dilakukan dengan baik dan optimal, produktivitas dapat mencapai hingga 20 ton/ha.

Demikian artikel mengenai Cara menanam Cabe Besar menggunakan benih cabe besar Beautiful 497 dari Oriental Seed. Benih cabe besar hibrida yang memiliki banyak keunggulan. Benih dapat dibeli di toko pertanian Online Pertanian Indonesia.

BACA JUGA : BELANJA ONLINE PERTANIAN DI SITUS BELANJA PERTANIAN INDONESIA

Pertanian Indonesia melayani konsultasi gratis mengenai segala hal tentang bercocok tanam, termasuk cara menanam cabe besar Beautiful 497 Oriental Seed. Menyediakan juga alat-alat pertanian seperti alat kocor, mulsa dan lain-lain sarana prasarana bercocok tanam. Pertanian Indonesia siap mengirim pesanan Anda dengan cepat dan tepat waktu ke alamat Anda menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS dan KI8 dan lain-lain.


JUAL PRODUK BENIH ANTI VIRUS FAVORIT PETANI INDONESIA
Produk benih anti virus menjadi favorit petani hortikultura di Indonesia. Benih anti virus jadi standart sukses di budidaya tanaman karena sifat anti virus memb...
BUDIDAYA BLEWAH BISMA KAPAL TERBANG
Budidaya blewah Bisma Kapal Terbang ( Bisi International ) sudah mulai banyak tanam. Hal ini terutama untuk mensiasati kebutuhan buah blewah yang tinggi di Bula...
Leave a comment
Note: HTML is not translated!