Budidaya bayam menjadi peluang bisnis di Indonesia. Jual benih bayam harga murah toko Pertanian Indonesia ( SMS / WA : 0812 - 5227 -1859 ). Siapa tidak mengenal bayam, salah satu sayuran favorit dan penuh gizi. Budidaya bayam sangatlah mudah meskipun tetap tidak boleh sembarangan, bila tidak ingin merugi dan bila ingin mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara menanam serta budidaya bayam di kuasai petani agar sukses dalam budidaya bayam di usaha agribisnis. Budidaya bayam dengan cara baik dan benar bisa menjadi pundi - pundi rupiah karena saat ini sayur bayam banyak di konsumsi di Indonesia.

Budidaya bayam dapat dilakukan di lahan sawah maupun berkebun rumah. Nama latin Bayam adalah ( Amaranthus spp. ) merupakan tanaman sayuran banyak dikonsumsi bagian daunnya untuk dijadikan sayuran bening atau dikukus sebagai sayur pada nasi pecel.

Tanaman bayam adalah asli tanaman Amerika tropik dan sudah tersebar luas di wilayah Indonesia. Bayam dikenal sebagai sumber zat besi, paling mudah didapat dan murah. Benih bayam dahulu dalam bentuk curah, seiring dengan kemajuan teknologi pertanian, benih bayam bisa diperoleh dalam bentuk kemasan sehingga lebih terjamin kualitas hasil budidaya bayamnya. 

Benih bayam unggul dan pilihan berbagai jenis dengan hasil tinggi dan tahan penyakit  dapat dibeli di toko online Pertanian Indonesia ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) menyediakan benih, pestisida, pupuk, peralatan pertanian harga murah dan terjangkau. Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura. 

BACA JUGA : E-COMMERCE ONLINE TOKO SARANA PERTANIAN

MENGENAL TANAMAN BAYAM UNTUK BUDIDAYA BAYAM

Di pasaran dikenal ada 2 ciri-ciri bayam yaitu bayam cabut dan bayam petik. Bayam petik berdaun lebar dan dapat tumbuh tegak besar hingga 2 meter, daunnya dimanfaatkan sebagai lalapan untuk pecel, gado-gado, atau untuk urap juga dapat digoreng dibalur tepung. Manfaat bayam sangat banyak serta bisa diolah dengan berbagai resep sayur bayam.

Bunga bayam petik terletak di ujung batang Bayam cabut berdaun kecil, ukuran tanaman lebih kecil dari bayam petik dan paling cepat panen pada umur 25 hst.

Daun bayam cabut lebih cocok untuk dibuat sayur bening bayam atau sayur bobor. Resep bayam, resep bobor bayam, resep sayur bayam, cara membuat kripik bayam saat ini bisa di dapat dengan mudah di Internet.

Batangnya kemerahan dan ada yang batangnya berwarna keputihan, bunganya terdapat di ketiak cabang. Selain dua jenis bayam di atas, dikenal juga jenis bayam lain seperti bayam merah, bayam duri dan bayam itik. Manfaat bayam merah untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

SYARAT TUMBUH TANAMAN BAYAM

Cara menanam sayuran menggunakan metode baik haruslah menentukan lokasi tanam yang sesuai. Berikut lokasi tanam dalam budidaya bayam yang tepat adalah memilih lokasi tanam budidaya bayam tidak terlalu kencang hembusan anginnya sehingga dapat merobohkan tanaman selama budidaya bayam.

Tanaman bayam dapat tumbuh lebih baik pada dataran tinggi. Bayam membutuhkan curah hujan sekitar 1.500 mm/tahun. Sinar matahari dibutuhkan sepanjang hari saat budidaya bayam dan tidak ada tanaman lain menaungi.

Suhu udara untuk hasil budidaya bayam terbaik sekitar 16 - 20 °C. Kelembaban udara yang sesuai untuk pertumbuhan bayam adalah 40% - 60% . Tanah haruslah gembur dan kaya unsur hara, pH tanah berkisar 6 - 7 dan memiliki ketersediaan air tanah cukup.

PERSIAPAN LAHAN BUDIDAYA BAYAM

BUDIDAYA BAYAM PERTANIAN INDONESIA

Lahan yang akan ditanami bayam terlebih dahulu dicangkul atau dibajak agar tanah menjadi gembur dan sirkulasi udara dalam tanah berjalan lancar sehingga memudahkan akar bayam menyerap unsur hara dalam tanah selama budidaya bayam.

Pembajakan tanah di budidaya bayam sekaligus juga membersihkan tanah dari gulma. Setelah tanah selesai dibajak, maka dibuatlah bedengan ukuran lebar 150 cm, tinggi bedengan 50 cm dan panjang menyesuaikan kondisi lahan. 

Jarak antar bedengan yang ideal dalam budidaya bayam 30 cm dan kedalaman parit 30 cm.  Setelah bedengan selesai dibuat maka pemberian pupuk dasar menggunakan pupuk kandang sebanyak 2 kg/10 m2 atau bisa juga menggunakan pupuk ZAKCl dan TSP dengan perbandingan 1 : 1 : 1 sebanyak 1 kg/10 m2 .

Pupuk dasar dalam budidaya bayam ditebar secara merata dan diaduk dicampur tanah di seluruh permukaan bedengan. Kemudian bedengan dibiarkan selama 7 - 10 hari sebelum melakukan penanaman.

BACA JUGA : TOKO ONLINE PERTANIAN INDONESIA BANYAK PROMO MURAH

PENANAMAN BAYAM DI BUDIDAYA BAYAM

Jarak tanam terbaik budidaya bayam adalah 50 cm x 50 cm. Sebelum penanaman, bedengan disiram agar tanah basah dan memudahkan dalam penanaman. Selain menggunakan jarak tanam, penanaman benih bayam juga dapat dilakukan dengan dua cara yaitu langsung ditebar merata pada bedengan atau ditebar di larikan dalam bedengan.

Penaburan Benih Merata pada Bedengan

Benih bayam yang telah dipilih disebar langsung di bedengan. Agar benih disebar tidak terlalu rapat maka benih dapat dicampur pasir, dedak atau kompos, setelah itu disebar ke bedengan. Agar benih tidak diserang semut saat awal budidaya bayam maka setelah benih disebar, disemprotkan insektisida secara merata.

Penaburan Benih pada Larikan

Sebelum benih ditabur, bedengan dibuat larikan terlebih dahulu ukuran jarak antar larikan 10 - 15 cm. Setelah larikan selesai maka prosos budidaya bayam bisa dimulai, benih ditabur secara merata. Tujuan dibuat larikan yaitu agar jarak tanam teratur dan tidak terlalu rapat.

PERAWATAN PADA BUDIDAYA BAYAM

Perawatan pada budidaya bayam meliputi :

Penyiraman Budidaya Bayam

Tanaman bayam tidak menyukai tanah terlalu becek dan tergenang. Kondisi tanah terlalu becek disukai cendawan untuk berkembang biak dan menyerang akar hingga menjadi busuk. Selain itu, tanah dalam kondisi terlalu becek, menyebabkan sirkulasi udara dalam tanah terganggu sehingga dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi dari tanah.

Bila musim hujan, penyiraman bisa ditiadakan karena kebutuhan air sudah terpenuhi. Saluran drainase juga harus selalu dikontrol jangan sampai air menggenangi lahan tanam. Penyiraman budidaya bayam dilakukan dengan cara hati-hati karena perakaran tanaman bayam dangkal dan termasuk tanaman yang rentan roboh.

Penyiangan Budidaya Bayam

Penyiangan dilakukan bersamaan proses penggemburan yang tetap dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak akar tanaman. Gulma yang sering dijumpai saat budidaya bayam adalah gulma galang (Portulaca oleraceae L. ).

Gulma bila dibiarkan tumbuh dapat menghambat pertumbuhan bayam karena adnya persaingan dalam mendapatkan sinar matahari, unsur hara dan air. Apalagi tinggi tanaman bayam tidak jauh berbeda dengan rumpu liar.

Penyiangan dilakukan dua minggu sekali tergantung dari pertumbuhan gulma di lahan. Penyiangan dapat dilakukan dengan cara mencabut langsung atau menggunakan arit atau kored.

Penjarangan Budidaya Bayam

Penjarangan dilakukan dengan mengurangi jumlah tanaman agar tidak terlalu rapat, dan sekaligus mengurangi persaingan antar tanaman. Persaingan terjadi pada sinar matahari, air, ruang hidup dan unsur hara sehingga tanaman tampak kurang subur.

Penjarangan pertama dilakukan saat panen pertam pada umur 30 - 35 hst dan selanjutnya penjarangan dilakukan 2 minggu sekali.

PEMBERIAN PUPUK SUSULAN PADA BUDIDAYA BAYAM

Budidaya bayam tidak banyak menggunakan pupuk karena umur budidaya bayam pendek, lebih banyak pupuk organik yang digunakan. Pupuk susulan menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik dalam keadaan sudah kering dan diayak halus.

Pemupukan disarankan pada sore hari saat tanaman bayam masih kering. Pupuk kandang ditaburkan merata di bawah tanaman, jangan sampai mengenai daun. Bisa juga diberi pupuk Urea dengan cara dilarutkan dalam air. Pemupukan dilakukan seminggu sekali atau disesuaikan dengan kesuburan tanah.

BACA JUGA : JUAL MELON LA 02 BENIH MELON ANTI VIRUS HARGA MURAH

HAMA DAN PENYAKIT BUDIDAYA BAYAM

Hama dan penyakit yang sering ditemui pada budidaya bayam antara lain ulat, belalang, pengerek daun dan rebah semai. Penegendalian secara mekanis yaitu melakukan sanitasi lahan, secara kimiawi untuk  hama menggunakan insektisida dan penyakit disemprotkan fungisida, untuk dosis dan cara penyemprotan sesuai petunjuk pada kemasan.

PEMANENAN BUDIDAYA BAYAM

Panen bayam dibudidaya bayam dilakukan saat umur 30 hst, saat tanaman sudah mencapai ketinggian 20 cm dan belum keluar bunga.

Waktu panen dilakukan saat pagi hari dimana sinar matahari belum terik, sekitar jam 5 pagi  dan segera setelah panen, sayuran bayam diikat dan dipasarkan karena sayuran bayam termasuk sayuran  cepat busuk dan bila masih tampak segar, harga sayuran bayam segar akan tinggi.

Cara panen menggunakan cara mencabut bayam beserta akarnya, lalu dicuci dan dibersihkan dari tanah dan kotoran biasanya menempel pada tanaman. Pemanenan budidaya bayam bisa dilakukan berkali-kali dengan interval 4 hari sekali sambil menunggu bayam yang belum maksimal untuk dipanen.

BACA JUGA : BELANJA BENIH SAYURAN HARGA MURAH

Demikian ulasan kami tentang Budidaya Bayam yang baik dan benar, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Toko Pertanian Indonesia jual semua benih, sarana pertanian lengkap harga murah. Berminat hubungi Pertanian Indonesia ( SMS / WA : 0812 - 5227 - 1859 ), kami siap kirim ke petani serta toko pertanian seluruh wilayah Indonesia.




 


JUAL LA 02 F1 MELON ANTI VIRUS FAVORIT PETANI HARGA MURAH
LA 02 F1 menjadi melon anti virus yang jadi favorit petani. Jual melon LA 02 F1 harga murah toko Pertanian Indonesia ( SMS / WA : 0812 - 5227 - 1859 ). Budidaya...
HARGA DISKON JADI MAGNET DI BELANJA ONLINE
Harga diskon siapa tidak tertarik kata ajaib tersebut saat kita belanja. Pertanian Indonesia ( SMS / WA : 0812 - 5227 - 1859). Kata harga diskon menjadi magnet ...
Leave a comment
Note: HTML is not translated!