Jual Sawi Pak Choy White Murah Dan Terlengkap Di Pertanian Indonesia. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia merupakan toko online pertanian yang memiliki reputasi baik, berkualitas dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Pertanian Indonesia jual produk pertanian terlengkap dengan kualitas original dan harga murah. Produk – produk yang Pertanian Indonesia jual diantaranya yaitu pupuk, zpt, pestisida, benih tanaman, alat pertanian dan spare part, dll. Produk tersebut bisa Anda beli dan dapatkan di toko Pertanian Indonesia.

Tanaman Sawi

Sawi merupakan tanaman dari marga Brassica dimana bagian bunga dan daunnya dimanfaatkan sebagai bahan pangan olahan atau bahan pangan segar. Sayur hijau ini bukan termasuk tanaman asli Indonesia, tetapi karena Indonesia memiliki iklim yang cocok bagi tanaman ini menjadikan sawi banyak dibudidayakan di Indonesia.

Sawi sendiri terdiri dari beberapa jenis. Jenis – jenis sawi diantaranya yaitu :

  1. Sawi hijau

Sawi hijau / caisim merupakan merupakan jenis sawi yang bisa dengan mudah dijumpai pada berbagai masakan, salah satunya adalah bakso. Salah satu ciri ciri sawi ini yaitu rasanya agak pahit, namun hal tersebut bisa dihilangkan dengan cara diasinkan terlebih dahulu.

  1. Sawi huma

Jenis ini merupakan jenis sawi yang pertumbuhannya bisa optimal di tempat – tempat kering seperti tegalan, . Banyak ditanam sesudah musim hujan karena tidak tahan terhadap genangan air.

Ciri – ciri sawi ini yaitu seperti memiliki daun panjang, sempit, dengan warna hijau agak keputihan. Batangnya panjang namun berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan sawi pada umumnya.

  1. Sawi putih

Varian ini merupakan salah satu varian yang sudah terkenal di dunia. Nama latinnya yaitu Brassica juncea L. Selain itu, varian ini juga memiliki nama lain seperti kubis cina (nape cabbage).

Di daerah Asia Timur, jenis ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan dasar makanan kimchi (Korea Selatan). Selain itu kubis cina juga banyak dimanfaatkan pada masakan olahan lain seperti asinan, sup, ataupun tumis.

  1. Kailan

Kailan memiliki warna hijau pekat dan berukuran lebih ramping serta daun yang tipis. Jenis ini memiliki nama latin Brassica oleracea group alboglabra.

  1. Sawi pakcoy / bokchoy

Pakchoy / bokchoy merupakan varian yang sering disebut juga dengan sawi sendok. Bentuknya mirip dengan caisim, namun ukuran bonggolnya lebih gemuk jika dibandingkan dengan caisim.

Pakchoy mudah dijumpai dan cukup popular di berbagai restoran sebagai sajian masakan utama. Rasanya yang enak dan teksturnya yang crunchy membuatnya menjadi salah satu sajian yang patut sekali untuk Anda rasakan dan nikmati sendiri.

Baca Juga : Pertiwi F1 Anvi Benih Melon Trending Di Petani Indonesia

Sawi Pak Choy White Takii Seed


Sawi Pak Choy White merupakan benih sawi produk Takii Seed. Produk ini merupakan produk berkualitas di kelasnya, maka dari itu kualitasnya tidak perlu untuk diragukan.

Beberapa karakteristik dan keunggulan yang dimiliki sawi pak coy White diantaranya yaitu :

  • Cocok ditanam di daerah sampai dataran tinggi pada musim kemarau ataupun musim hujan
  • Tahan terhadap penyakit busuk lunak dan busuk hitam
  • Jual sawi Pak Choy White harga murah cocok untuk dijadikan tanaman budidaya
  • Memiliki vigor tanaman kokoh dengan tipe seragam dan lambat berbunga
  • Tahan terhadap pengangkutan jarak jauh dan tahan simpan, sehingga lebih tahan lama
  • Sawi Pak Choy White memiliki bentuk seperti sendok dengan tekstur lembut, serta berbatang putih tegak dan tebal
  • Jual sawi Pak Choy White Takii Seed murah cocok ditanam dengan menggunakan teknik hidoponik
  • Bisa dipanen setelah berumur ± 27 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen sebanyak ± 45 ton per ha
  • Jual benih sawi Pak Choy White Takii Seed murah jadi peluang usaha dan peluang bisnis menjanjikan di Indonesia
  • Jual sawi Pak Choy White bisa dibeli di toko Pertanian Indonesia dengan harga murah
  • Cara menanam sawi sendok Pak Choy White Takii Seed bisa dilakukan dengan mudah asalkan secara baik dan benar
  • Kebutuhan benih sawi pakcoy Pak Choy White per ha adalah sebanyak ± 500 gram dengan diberikan jarak tanam 25 x 25 cm
  • Tersedia dalam kemasan sachet dengan ukuran 20 ML

Manfaat Sawi Pak Choy White

Tanaman sawi / sayur sawi / sayuran sawi Pak Choy White bisa disajikan sebagai berbagai olahan untuk mendapatkan manfaatnya, seperti  sayur pakcoy / sayuran pakcoy, .

Manfaat sawi untuk tubuh kita diantaranya yaitu :

  • Menjaga sistem imun tubuh

Sawi kaya dengan kandungan vitamin C dan memiliki sifat anti inflamasi, sehingga mampu menjaga sistem kekebalan tubuh

  • Menurunkan kadar kolesterol

Sawi baik sekali untuk dikonsumsi tubuh, karena mampu menurunkan kadar kolesterol. Karena itu, tidak mengherankan jika sawi banyak dijumpai berdampingan dengan makanan lain seperti mi ayam ataupun bakso

  • Menyehatkan kondisi jantung

Sawi mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, folat, dan kalium. Kombinasi dari nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko terserang penyakit jantung

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C membantu memproduksi kolagen sehingga kulit menjadi kencang dan lebih sehat

  • Mencegah penyakit kanker

Kandungan folat dan zat anti kanker berperan penting dalam mencegah pembentukan sel kanker, sehingga mencegah terjadinya serangan penyakit kanker

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin C, vitamin K, selenium, dan beta karoten berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Kombinasi nutrisi tersebut mampu memberikan perlindungan pada mata serta mencegah proses degenerasi makula

Budidaya Sawi Phak Coy White

Budidaya sawi Pak Choy White cocok dijadikan sebagai peluang usaha dan peluang bisnis menjanjikan di masa seperti sekarang. Dengan melakukan budidaya tanaman ini, selain menambah penghasilan juga sebagai kegiatan untuk menyehatkan badan.

Tahapan – tahapan dari cara menanam sawi Pak Choy White Takii Seed yang baik dan benar yaitu :

  • Penyemaian Benih

Siapkan benih terlebih dahulu. Buat tempat persemaian berupa bedengan. Bedengan dibuat dengan ukuran tinggi ± 15 – 20 cm, panjang disesuaikan dengan kebutuhan benih dan lebar ± 100 cm.

Setelah bedengan selesai dibuat, berikan pupuk kandang pada bedengan. Berikan dengan dosis sebanyak ± 2 kg per m². Aduk sampai tercampur rata dengan bedengan. Kemudian buat alur penanaman melintang di atas bedengan, dengan kedalaman ± 1 cm dan diberikan jarak antar alur sekitar ± 8 – 10 cm. Tebarkan benih sebanyak 5 benih per 1 cm. Lalu tutupi alur persemaian dengan tanah di sekitar bedengan setebal 0,5 cm.

Selama proses pembibitan, jangan lupa lakukan penyiraman. Lakukan setiap hari secara rutin. Setelah bibit berumur ± 3 minggu, maka bibit pun sudah siap untuk dipindahkan ke lahan tanam.

  • Persiapan Lahan Tanam

Buat bedengan terlebih dahulu sebelum bibit dipindah tanam. Namun, seminggu sebelumnya lakukan pencangkulan tanah agar kondisi dan struktur tanah menjadi lebih gembur.

Berikan juga pupuk dasar berupa pupuk kandang / pupuk kompos dengan dosis sebanyak ± 20 ton per ha, Urea dengan dosis 75 kg per ha, dan pupuk TSP dengan dosis 100 kg per ha.

Pastikan juga tingkat pH tanah sesuai untuk budidaya sawi. Tingkat keasaman yang sesuai untuk budidaya tanaman ini yaitu 6 – 7. Setelah itu, maka proses selanjutnya yaitu membuat bedengan. Bedengan dibuat dengan ukuran panjang disesuaikan dengan lahan tanam, lebar ± 120 cm, dan tinggi ± 40 cm.

Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 30 cm. Buat juga parit antar bedengan. Parit dibuat dengan ketinggian ± 20 cm dan berfungsi sebagai persediaan air bagi tanaman.

  • Penanaman

Setelah bibit sudah siap dipindahkan ke lahan tanam, maka pindahkan dengan hati – hati. Masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Setiap lubang tanam diisi dengan 1 bibit. Berikan jarak antar bibit 25 x 25 cm. Setelah itu sirami bibit tersebut agar terhindari dari layu akibat kekeringan.

Baca Juga : Jual Dan Cara Menanam Cabe Ori 212 Harga Murah

  • Pemeliharaan Tanaman

Proses pemeliharaan tanaman harus dilakukan agar tanaman bisa tumbuh secara sempurna . Karena itu pemeliharaan tanaman harus selalu dilakukan.

Beberapa proses pemeliharaan tanaman diantaranya yaitu :

  1. Penyulaman Bibit

Lakukan segera penyulaman bibit jika terdapat bibit yang tumbuh tidak sempurna / mati. Proses penyulaman bibit bisa dilakukan setelah bibit berumur sekitar 5 – 7 hari setelah tanam.

  1. Pemupukan Susulan

Lakukan proses pemupukan susulan. Pupuk yang digunakan yaitu pupuk KCL dengan dosis sebanyak 75 kg per ha dan Urea dengan dosis sebanyak 200 kg per ha. Campurkan 2 pupuk tersebut, lalu berikan pada tanaman (dialurkan diantara tanaman dengan jarak sekitar ± 10 cm dari tanaman).

  1. Penyiangan Gulma

Lakukan proses penyiangan gulma secara rutin. Gulma yang dibiarkan saja akan mengganggu pertumbuhan tanaman dan menjadi sarang bagi hama dan penyakit.

  1. Pengairan / Penyiraman

Lakukan proses penyiraman secara rutin setiap hari, namun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi tanaman.

  • Pengendalian Hama Dan Penyakit

Meskipun sudah memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, pengendalian hama dan penyakit tetap harus dilakukan karena tetap menjadi ancaman utama dalam melakukan budidaya sawi.

Beberapa hama dan penyakit dalam budidaya sawi diantaranya seperti :

  1. Penyakit busuk daun

Penyakit busuk daun disebabkan oleh infeksi cendawan Phytophthora sp. Serangan cendawan ini mampu menyerang berbagai bagian tanaman.

Pada musim hujan, serangan penyakit busuk daun akan semakin lebih parah. Tingkat kelembaban tinggi, dan genangan air menjadi salah satu faktor penyebab berkembangnya penyakit busuk daun.

Kerusakan yang diakibatkan cendawan Phytopthora makin parah sehingga menyebabkan gagal panen. Jika penyakit ini sudah menyerang tanaman, maka akan mampu menginfeksi tanaman lainnya dengan cepat.

Gejala serangan penyakit busuk daun diantaranya yaitu daun terlihat membusuk seperti tersiram air panas, dan terdapat lendir pada daun lalu daun mulai menguning dan mati.

Untuk mengendalikan penyakit busuk daun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, dan melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

2.   Ulat grayak (Spodoptera axigua dan Spodoptera litura)

Ulat grayak termasuk ke dalam hama yang sangat harus diwaspadai serangannya. Ulat grayak biasanya menyerang daun tanaman. Ulat grayak pada siang hari umumnya bersembunyi di bagian bawah permukaan daun. Pada malam hari, ulat grayak akan mulai menyerang daun tumbuhan.

Dalam waktu semalan saja, serangan hebat ulat grayak mampu menghabiskan tanaman tanpa sisa sehingga mendapakan julukan sebagai ulat tentara. Gejala serangan hama ulat grayak diantaranya yaitu daun menjadi berlubang, menguning, dan tidak beraturan.

Untuk mengatasi serangan hama ulat grayak, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, mengambil secara langsungdan memusnahkan ulat grayak, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

3.   Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis sp.) merupakan ulat yang hidup di tanah biasa. Serangan hama ulat tanah mampu menyebabkan pangkal batang menjadi patah. Hama ini menyerang dengan cara memotong batang lalu menyebabkan tanaman yang terserang menjadi mati.

Ulat tanah memiliki ciri – ciri seperti tubuhnya berwana hitam, dengan bintik – bintik ataupun bergaris. Panjang tubuhnya sekitar 3 – 5 cm dengan tekstur tubuh lunak.

Di siang hari, hama ulat tanah akan bersembunyi di bawah tanah. Sementara pada malam hari, ulat tanah akan mulai aktif menyerang. Gejala serangan hama ulat tanah diantaranya yaitu tanaman terlihat layu, menguning dan mati.

Untuk mengendalikan hama ulat tanah, cara yang bisa dilakukan yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, mengambil ulat secara langsung dan membunuhnya, memanfaatkan predator alami, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

  • Pemanenan

Pemanenan bisa dilakukan saat sawi Pak Choy White sudah berumur sekitar ± 27 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen yang bisa didapatkan sebanyak ± 45 ton per ha.

Cara pemanenannya yaitu dengan mencabut sawi sampai dengan akarnya. Lakukan secara hati – hati agar tidak putus. Setelah diambil, bersihkan dengan air mengalir agar bersih dari kotoran yang menempel.

Setelah bersih, pisahkan sawi berkualitas baik dan berkualitas kurang baik. Tempatkan pada wadah dengan sirkulasi udara yang baik agar tidak busuk.

Baca Juga : Belanja Benih Sayuran Harga Murah

Belanja Online Dan Jual Benih Sawi Pak Choy White Takii Seed Murah bisa Anda dapatkan dengan mudah di Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia solusi mudah dan praktis dalam mendapatkan berbagai kebutuhan pertanian Anda. Dijamin semua produk memiliki kualitas original dan tahan lama.

Untuk mengirim pesanan sampai ke alamat tujuan, Pertanian Indonesia bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman logistik di Indonesia.

Perusahaan jasa pengiriman logistik di Indonesia yang menjadi mitra kami diantaranya yaitu JNE dan Pos Indonesia. Dijamin semua produk pasti sampai ke alamat tujuan.

Langsung saja menghubungi Pertanian Indonesia melalui no. telepon 0812 5227 1859 (Khusus Layanan WA/SMS). Dapatkan segera sebelum kehabisan.

Demikian artikel berjudul Jual Sawi Pak Choy White Murah Dan Terlengkap Di Pertanian Indonesia ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini mampu memberikan berbagai manfaat positif untuk Anda semua.

Terong Ungu Menguntungkan Petani dan Banyak Manfaat
Jual benih terong ungu dan terong hijau kualitas terbaik harga murah hanya di Pertanian Indonesia, hubungi di : 0812 5227 1859 (SMS/WA)...
Jual Melon Leoni MH F1 Murah Kualitas Terbaik Pertanian Indonesia
Jual Melon Leoni MH F1 Murah Kualitas Terbaik Pertanian Indonesia. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia.Pertanian Indonesia jual benih melon Leoni ...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka