Marketplace apa di toko online sendiri jual barang produk kita secara online. Pertanyaan ini seringkali muncul dipikiran orang yang baru menekuni bisnis jual beli online. Toko Pertanian Indonesia ( SMS / WA : 0812 - 5227 - 1859 ) jual sarana pertanian. Pada kesempatan kali ini akan mengulas sekilas dan jelas tentang Marketplace Indonesia serta kelebihan dan kekurangan jualan di Marketplace.

Belanja online dari hari - kehari semakin banyak orang melakukan di Indonesia. Terutama apabila kita tarik 5 tahun kebelakang. Trend bisnis online shop ini meningkat tajam seiring  layanan Internet semakin mudah dan cepat. Selain itu harga produk dan piranti untuk akses Internet semakin mudah disertai harga terjangkau. 

Dahulu untuk akses internet harus melalui warnet, laptop dan komputer PC, serta lokasi terbatas. Hal ini yang menghambat bisnis online shop kurang berkembang saat itu.  Sekarang akses internet bisa dilakukan langsung digenggaman tangan menggunakan Smartphone. Harga paket internet dan handphone nya sendiri sekarang lebih murah.

Jumlah pengguna Internet di Indonesia saat ini ada dikisaran 135 Juta orang, dari jumlah itu yang sudah pernah belanja online baru ada dikisaran 40 % nya. Jadi secara peluang bisnis online ini masih mempunyai potensi besar. Bahkan peluang bisnis online shop ini banyak di tangkap dan dilakukan oleh pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

Sistem belanja online juga semakin nyaman dan aman, berbagai macam bentuk toko daring yang sudah ada. Selain itu masyarakat Indonesia semakin paham bahwa belanja di toko daring semakin mudah dan akan menghemat banyak biaya dan waktu.

Melihat perkembangan pesatnya aktivitas belanja daring ini maka toko Pertanian Indonesia hadir membidik segmentasi petani. Saat ini masih banyak petani, posisinya ada di daerah dan akses kebutuhan belanja pertanian masih susah. Bisnis usaha toko online kami hadir dengan jual semua kebutuhan petani atau usaha agribisnis.

Hadirnya toko online Pertanian Indonesia diharapkan bisa mengatasi kendala petani dalam mendapatkan barang kebutuhan untuk bercocok tanam dengan lengkap dan cepat. Belanja pertanian di Pertanian Indonesia dikenal sebagai online shop murah, tempat belanja lengkap, layanan cepat dengan jaminan barang pasti datang.

Awalnya kami berpikir bagaimana agar kami bisa memulai jualan daring agar bisa dilakukan secara cepat. Namun akhirnya kami memutuskan untuk membuat toko online bernama : www.pertanianindonesia.com.

MARKETPLACE APA TOKO ONLINE SENDIRI ????

TOKO ONLINE SENDIRI

Saat ini ada cara, platform ( sistem ) dan banyak strategi bisa dipraktekkan dan diterapkan dalam mengawali bisnis toko online ( online shop ). Banyaknya sistem untuk bisnis toko online, terkadang justru membuat orang awam akan memulai bisnis toko online ini mengalami kebingungan dalam mengambil keputusan.

Kembali pada judul ulasan artikel : Marketplace apa di toko online sendiri dalam jualan barang????? Sebenarnya baik di Marketplace  ataupun toko online sendiri keduanya adalah sistem transaksinya secara online.

Agar bisa menjawab dengan jelas pertanyaan menggelitik pikiran orang tersebut maka perlu mengetahui secara dasar sistem  di Marketplace Indonesia dan toko online yang kita kelola.

Di awal tulisan ini kami sudah berkali - kali menyebut Marketplace. Saya akan menterjemahkan arti dari kata Marketplace biar jelas dan bisa diterima oleh pembaca semua. Jualan di Marketplace bisa di artikan sebagai aktivitas jualan di pasar online.

Jadi bisa dikatakan pemilik dan pengelola Marketplace adalah pengelola pasar online dimana di dalamnya ada banyak toko online dengan segala aktivitas jual beli online. Marketplace biasanya sudah memiliki banyak pengunjung bertujuan belanja, sebagaimana pasar konvensional sudah banyak pembeli.

Ambil contoh saja Marketplace Indonesia yang besar saat ini Bukalapak setiap harinya ada 5 Juta pengunjung di Marketplace dengan potensi belanja daring.

Perkembangan bisnis di Marketplace Indonesia dalam 5 tahun ini mengalami kemajuan pesat. Mari kita data dan sebutkan Marketplace besar di Indonesia, tentunya anda sudah sering dengar di iklan televisi, internet atau media sosial ( facebook, twitter ) atau lain.

  • BUKALAPAK
  • TOKOPEDIA
  • ELEVANIA
  • LAZADA
  • AGROMARET
Marketplace Indonesia saya sebut di atas tentu beda sistem dengan E - Commerce besar seperti : Matahari Mall, Blibli atau situs iklan baris seperti OLX. Ketiga sistem tersebut perbedaannya ada di sistem kerjanya. Berikutnya akan kita bahas secara detail dan jelas sitem dari masing - masing toko daring tersebut.
Marketplace saat ini masih hangat - hangatnya dibicarakan setelah dikenalkan istilah UNICORN. Istilah Unicorn ini adalah digunakan untuk Marketplace Indonesia ( Start Up ) yang mempunyai valuasi bisnis lebih dari 1US$ miliar.
Pembaca semua menilai bahwa dari situ bisa anda lihat bahwa bisnis online di Indonesia saat ini mempunyai nilai besar serta perkembangan pasar yang luar biasa. Maka tidak mengherankan kalau di Indonesia ke depannya akan tumbuh Marketplace lain di luar Marketplace Bukalapak dan Marketplace Tokopedia.

E - Commerce Besar serta Cara Kerja

Istilah E - Commerce saat ini sering kita baca serta dengar dari televisi serta berita online. Apa arti sebenarnya E - Commerce itu sendiri???? E - Commerce adalah semua aktivitas berkaitan aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk ( barang dan jasa ), dengan cara memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer yang ada di suatu daerah.

Ada juga mengartikan E-commerce (Electronic Commerce) dengan definisi : aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital guna melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefenisikan kembali hubungan antara penjual dan pembeli.

Di dunia nyata sehari - hari bisa dibayangkan dengan aktivitas yang ada di Supermarket Matahari, Hypermarket, Ramayana, Sogo dan masih banyak lagi. Cara kerja E - Commerce tersebut punya banyak supplier berkualitas dan jenis barangnya sudah diatur dan diseleksi kualitas serta jumlahnya.

Selanjutnya pengelola  E - Commerce akan mendistribusikan barang tersebut ke konsumen. Untuk aktivitas di E - Commerce sendiri dilakukan memakai cara online. Maka di kantor serta gudang E - Commerce akan ada barang - barang yang sudah memiliki Brand ternama dalam jumlah besar. Aktifitas transaksi di E-Commerce ini jauh lebih bisa dipertangguang jawabkan keamanannya.

Marketplace serta Cara Kerjanya

MARKETPLACE INDONESIA

Marketplace juga mempunyai cara kerja serta sistem sendiri dalam menjalankan bisnisnya. Marketplace online tersebut berusaha mengumpulkan penjual ( toko ) dalam satu pasar ( Bukalapak, Tokopedia ), dimana banyak penjual akan dipertemukan dengan banyak pembeli dalam satu wadah organisasi pasar online.

Pengelola Marketplace Indonesia akan menyediakan, menata serta menfasilitasi agar penjual dan pembeli ada titik temu berupa transaksi online. Di mana penjual dan pembeli sama - sama mendapatkan keuntungan dari transaksi yang dilakukan.

Dalam hal ini pengelola sebuah Marketplace online tidak ikut mempunyai barang beserta gudang. Pengelola hanya akan menciptakan aturan berfungsi untuk meningkatkan nilai transaksi penjual dan pembeli di toko tersebut dan menjamin keamanan bagi kedua belah pihak.

Marketplace juga akan menjadi mediator terbaik apabila ada permasalahan yang timbul akibat dari sebuah transaksi. Tata cara sistem transaksi di Marketplace Indonesia bisa digambarkan sebagai berikut :
  1. Pihak pembeli melakukan pembelian barang di toko Marketplace, setelah jelas semuanya maka pihak pembeli akan melakukan tranfer pembayaran barang lewat rekening bersama ( Bukalapak atau Tokopedia)
  2. Pihak Marketplace segera akan melakukan konfirmasi kepihak penjual bahwa order barang sudah masuk, serta segera proses kirim susuai permintaan pembeli
  3. Setelah proses kirim maka pihak penjual memberi konfirmasi ke Marketplace dan apabila barang sudah diterima ( barang bisa cek secara online ), maka pengelola Marketplace akan tranfer uang pembayaran ke penjual

Konsep serta sistem diterapkan di toko online Marketplace Indonesia ini banyak kecocokan di negara kita. Mengingat sebelumnya banyak orang dan pelaku belanja online banyak tertipu. Hal ini memacu Marketplace di Indonesia terus tumbuh nilai transaksinya.

Marketplace terbesar di Indonesia saat ini masih dipegang Marketplace Bukalapak dan Marketplace Tokopedia. Lazada yang dulunya dikenal sebagai E - Commerce saja sekarang kelihatan mulai mengarah kesistem Marketplace.

Lazada Indonesia mempunyai peluang besar untuk bergeser jadi Marketplace mengingat Induknya sekarang di miliki oleh Alibaba. Siapa yang tidak kenal dengan E-Commerce raksasa Alibaba yang di miliki oleh Jack Ma ini.  Walaupun toko penjual yang terlibat di dalamnya belum banyak.

Pelan namun pasti usaha dengan jenis Marketplace akan besar karena dirasa cocok dengan sistem budidaya bisnis di Indonesia. Marketplace juga akan mampu merangkul usaha kecil dan UMKM untuk bisa bergabung jualan online.

Maka tidaklah mengherankan kalau saat ini banyak usaha kecil serta UMKM ini jual hasil produknya dilakukan saat bergabung di Marketplace. Marketplace telah terbukti mampu memotivasi orang untuk bisnis toko dengan cara online.

Bahkan diulang tahunnya yang ke 10 tahun Marketplace Bukapalapak sudah mampu memberi wadah bagi banyak UMKM di Indonesia terus bisa mengembangkan sayap jual secara online keseluruh Negeri. 50 Juta lebih pelapak ( toko ) sudah bergabung di marketplace Bukalapak.

Penulis yakin model - model usaha Marketplace Tokopedia dan Marketplace Bukalapak akan menjadi role model dalam usaha bisnis online di Indonesia. Apalagi saat ini layanan dan jaringan Internet semakin cepat serta merata di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA : TOKO ONLINE PERTANIAN INDONESIA PROMO MURAH

MARKETPLACE KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN

Setelah kita banyak mengulas tentang sistem jualan daring yang selama ini banyak dilakukan di Indonesia. Selanjutnya kita akan mengulas tentang keunggulan serta kelemahan jika kita melakukan jual beli daring ( toko online ) di Marketplace.

Mengetahui kelemahan serta kelebihan jual online di Marketplace ini nanti anda akan bisa menentukan strategi marketing yang paling pas untuk bisa memperoleh penjualan online dalam jumlah besar. Mari kita awali dengan mengulas kelebihan jual di Marketplace Indonesia.

  1. Kelebihan Jual di Marketplace

- Jual produk serta membuka toko daring di Marketplace bisa dilakukan dengan mudah serta cepat. Kita hanya perlu buka akun toko, upload foto produk yang akan kita jual dengan diberi keterangan produk yang jelas dan detail

- Marketplace sudah besar akan banyak pengujung setiap harinya. Sebagai contoh Bukalapak saat ini mempuyai jumlah pengunjung harian 5 Juta. Maka akan selalu ada saja pengunjung nyasar serta akan membuka toko daring anda dan kalau cocok harga akan jadi pembeli

- Pemilik toko tidak perlu terlalu repot promosi serta paham bahasa komputer karena sudah di setting sama pengelola Marketplace

    2. Kekurangan Jual di Marketplace

- Jual di Marketplace yang besar seperti  Bukalapak, Tokopedia, Agromaret, ramai serta sudah banyak pengunjung pasti akan banyak  penjual ( toko online ), bahkan terkadang menjual barang spek sama. Hal ini menyebabkan persaingan ketat serta akan mengurangi jumlah margin dalam setiap transaksi

- Peluang anda mempunyai pelanggan pindah kelain hati besar. Hal ini karena dalam satu lokasi Marketplace banyak toko daring yang jual satu tipe barang. Tidak ada pembeli setia kepada toko, yang ada setia kepada harga.

- Pemilik usaha di Marketplace akan sulit membangun Brand toko online usaha bisnis kita. Pelanggan akan mempunyai kecenderungan mengingat nama besar dari marketplace.

- Kita tidak memiliki wewenang terhadap aturan yang ada. Apabila ada perubahan aturan yang kurang menguntungkan pemilik toko tidak ada kuasa. Seperti halnya anda menyewa ruko maka bisa jadi setiap tahun pemiliknya akan menaikkan tarif sewanya. Beda halnya kalau kita memiliki stand usaha sendiri. 

Setelah kita mengulas tentang E - Commerce, Marketplace maka tibalah sekarang anda mengulas toko online anda miliki sendiri.

BACA JUGA : ONLINESHOP PERTANIAN INDONESIA TEMPAT BELANJA PETANI

TOKO ONLINE SENDIRI KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN

Bisnis sesungguhnya adalah apabila kita bisa melakukan kontrol penuh 100 % terhadap toko daring yang kita miliki. Bisa saya katakan anda belum memiliki bisnis sendiri apabila pembaca semua belum memiliki usaha online dengan website sendiri.

    1. Kelebihan Toko Online Sendiri

- Pemilik usaha daring akan memiliki kontrol 100 % terhadap bisnis yang kita buka. Harga bisa bebas kita tentukan, barang yang kita jual juga akan bebas. Kita juga tidak akan di usir sebagaimana kalau kita belum memiliki toko sendiri. Semua kemampuan promosi lewat harga diskon ke pelanggan bisa kita atur

-  Memiliki bisnis sendiri dengan nama domain sendiri, sama saja kita lagi menyiapkan sebuah brand bisnis yang tentunya sama dengan menyiakan sebuah aset dalam bisnis online

- Brand toko online yang menancap di Customer akan membuat peluang pelanggan melakukan reorder besar. Hal ini ibarat pundi - pundi yang setiap saat bisa kita pecah dan ambil hasilnya.

- Kita bisa terhindar dari perang harga sehingga anda bisa setting harga terbaik buat pelanggan. Peluang pelanggan tersesat beli ke toko lain ( seperti di Marketplace ) tidak ada karena hanya ada satu toko

    2. Kekurangan Toko Online Sendiri

- Membangun bisnis toko online adalah suatu kesulitan tersediri bagi anda awam dengan bahasa komputer. Hal ini banyak menjadi pemicu tidak membuka usaha daring sendiri. Beda halnya kalau anda jualan online di Marketplace.

- Pengelola toko online sendiri harus menguasai secara detail bagaimana pelanggan datang ke toko kita. Perlu banyak belajar cara memasang iklan serta menguasai SEO agar bisnis daring kita rangking 1 Google. Tanpa adanya penguasaan materi serta praktek ilmu SEO dan kombinasi iklan yang tepat maka mustahil pengunjung organik di website kita berdatangan. Rangking 1 Google adalah suatu kewajiban terhadap kata kunci barang yang anda jual

- Di usaha bisnis daring faktor kepercayaan adalah faktor utama kita akan mendapatkan order belanja. Toko online sendiri cenderung masih memiliki tingkat kepercayaan rendah beda halnya dengan Marketplace. Hal ini karena tidak sedikit orang yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan berkedok jual beli online.

Melihat tulisan saya runtut saya tulis dari awal sampai akhir maka tibalah kita menyimpulkan sistem apa akan anda tempuh untuk meningkatkan penjualan daring anda. Dari awal sudah saya tulis tentang Marketplace, E-Commerce sampai dengan memiliki toko online sendiri dengan segala kelebihan serta kelemahannya.

Maka saya menarik kesimpulan dan strategi sebagai berikut :

  • Awali dan lakukan bisnis online anda dengan membuka Stand di Marketplace dan buka toko online sendiri
  • Promosi bisnis daring anda dengan semua media sosial yang ada mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, WhatsApp secara masal dan tertarget
  • Penjualan serta membuka toko daring bisa dilakukan untuk produk - produk bukan massal atau hasil produksi sendiri sehingga kompetisi rendah serta margin bisa dijaga
  • Pembeli dari toko online yang di Marketplace arahkan serta kenalkan dengan toko online kita sendiri

Toko online www.pertanianindonesia.com hadir untuk melayani serta mempermudah petani  Indonesia mendapatkan produk petanian : pestisida, benih, bibit, pupuk, alat pertanian, spare part serta kebutuhan lain. Pertanian Indonesia ada program promo dan harga diskon untuk produk serta waktu tertentu.

BACA JUGA : BELANJA ONLINE PERTANIAN DI SITUS BELANJA PERTANIAN INDONESIA

Usaha bisnis toko online ( online shop ) Pertanian Indonesia sudah banyak dipercaya petani, toko pertanian, toko tani, toko tani Indonesia. Kami siap mengirim pesanan produk pertanian ke seluruh wilayah Indonesia dengan cepat, tepat waktu serta jaminan barang pasti datang.

Demikian sekilas kiat sukses bisnis usaha lewat toko online sendiri dan di Marketplace. Apabila ada materi kurang jelas silakan hubungi kami di kontak nomor telepon  ( SMS / WA : 0812 - 5227 - 1859 ).



BELANJA BENIH SAYURAN HARGA MURAH
Sayuran menjadi komoditi yang mempunyai nilai ekonomi tinggi bagi petani. Toko Pertanian Indonesia ( SMS / WA : 0812-5227-1859 ) menjadi tempat belanj...
E-COMMERCE ONLINE TOKO SARANA PERTANIAN
E-Commerce online toko sarana Pertanian Indonesia jadi favorit petani. Pertanian Indonesia ( SMS / WA : 0812 - 5227 - 1859 ) sebagai E-Commerce Perta...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka