Timun Metavy F1 Produk Berkualitas Harga Murah. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia toko pertanian online terpercaya yang menyediakan aneka ragam sarana prasarana pertanian berkualitas terbaik dan harga murah.

Timun Metavy memiliki kualitas terbaik dan bisa menjadi andalan petani saat melakukan kegiatan budidaya tanaman. Metavy Cap Panah Merah memiliki berbagai keunggulan yang bisa membuat petani untung. Beli sekarang juga di Pertanian Indonesia dengan harga murah.

Mentimun. Siapa yang tidak mengenal tanaman satu ini ?? Mentimun merupakan tanaman sayur yang tergolong dalam kelompok Cucurbitaceae.

Berdasarkan sejarah, mentimun diperkirakan berasal dari Asia, yang berdasarkan oleh para ahli memastikan daerah asalnya yaitu dari India (tepatnya di lereng gunung Himalaya).

Ketimun, timun, atau mentimun adalah tanaman semusim yang tumbuh secara menjalar. Tanaman ini memiliki batang berwarna hijau berbulu dan panjang batangnya mencapai ± 1,5 meter, serta tekstur batang lunak dan mengandung air.

Di Indonesia, buah mentimun banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari – hari. Mengapa ?? Karena di dalam buah timun terkandung anek ragam nutrisi bermanfaat untuk tubuh kita. Mulai dari produk kecantikan, olahan makanan dan minuman merupakan bentuk pemanfaatan mentimun.

Selain itu, ada banyak manfaat yang terkandung di dalam buah mentimun untuk tubuh kita ketika mengkonsumsinya. Contoh manfaat yang baik untuk tubuh kita saat mengkonsumsi timun yaitu :

Menurunkan kadar kolesterol

Di dalam mentimun terkandung sterolSterol merupakan senyawa yang mengurangi kadar kolesterol, sehingga tubuh terhindar dari kolesterol berlebih yang berbahaya bagi tubuh

Baca Juga : Penyemprotan Padi Bunting Bagi Petani

Menjaga kesehatan kulit

Beberapa produk perawatan kulit dan kosmetik diklaim memiliki kandungan nutrisi bermanfaat dari mentimun, seperti silikonpotasium, serta magnesium.

Kandungan nutrisi tersebut mampu membuat kulit lebih bercahaya dan kesehatannya tetap terjaga, sehingga kulit terhindar dari gangguan dan penyakit kulit

Menurunkan resiko tubuh terserang kanker

Kandungan polifenol yang disebut sebagai lignan mampu membuat tubuh terhindar dari kanker, seperti kanker rahim, prostat, dll

Menguatkan Tulang

Kandungan vitamin K dalam timun mampu menguatkan tulang, sehingga kondisi kesehatan tulang bisa terjaga serta terhindar dari penyakit tulang

Timun Metavy F1 Produk Unggul Panah Merah

Timun Metavy F1 adalah benih mentimun hibrida berkualitas yang diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia (Cap Panah Merah).

Metavy F1 benih hibrida bertipe besar dengan cara perawatan cukup mudah. Benih Metavy memiliki berbagai keunggulan, seperti cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah, sudah anti virus, potensi hasil panen tinggi (± 70 ton per ha).

Metavy Cap Panah Merah memiliki karakteristik serta keunggulan yang menjadi faktor utama petani menggunakannya. Contoh karakteristik serta keunggulan dari mentimun Metavy yaitu :

Memiliki vigor kuat dan kokoh serta tahan serangan Gemini virus serta penyakit kresek

Buah mentimun Metavy memiliki kulit buah berwarna hijau gelap serta warna daging buahnya berupa hijau keputihan

Buah timun Metavy Panah Merah memiliki berat sekitar ± 320 gram dan rasanya agak sedikit pahit

Ukuran buah Metavy besar serta tahan simpan

Metavy F1 dari Ewindo termasuk sebagai salah satu produk benih timun terbaik yang ada di pasaran

Metavy Cap Panah Merah bisa dipanen setelah berumur ± 45 hari setelah pindah tanam

Potensi hasil panen timun Metavy Eastwestseed bisa mencapai ± 70 ton per ha

Karakteristik serta keunggulan dari timun Metavy diatas membuat banyak petani menggunakan produk East West. Tak heran apabila petani tertarik ingin menggunakan benih Metavy untuk kegiatan budidaya tanaman.

Budidaya Timun Metavy Hasil Maksimal

Budidaya timun Metavy berpotensi menjadi salah satu sumber pundi – pundi penghasilan yang menjanjikan untuk petani. Namun, proses budidaya timun Metavy hanya akan menghasilkan hasil panen maksimal apabila dilakukan secara baik dan benar.

Agar lebih mempermudah petani mendapatkan hasil panen timun Metavy yang maksimal, Pertanian Indonesia akan memberikan cara budidaya timun Metavy secara baik dan benar.

Cara menanam timun Metavy F1 secara baik dan benar yaitu :

Persiapan Lahan Tanam

Proses persiapan lahan tanam bertujuan agar kondisi struktur tanah dan sistem airasi tanah menjadi lebih baik. Selain itu, persiapan lahan tanam juga bertujuan untuk memudahkan pembentukan bedengan serta mendekomposisikan gulma.

Lakukan pengolahan lahan tanam terlebih dahulu sebelum proses penanaman dilakukan. Pengolahan lahan tanam sebaiknya dilakukan 3 sampai 4 minggu sebelum memulai proses penanaman.

Setelah melakukan pengolahan lahan tanam, langkah selanjutnya adalah membantuk bedengan dengan ukuran tertentu. Lakukan pembuatan bedengan setelah 1 minggu sebelumnya selesai melakukan pengolahan lahan tanam.

Buat bedengan berukuran tinggi ± 40 cm, lebar ± 120 cm, panjang menyesuaikan kondisi lahan tanam, dan juga lebar parit antar bedengan ± 50 cm.

Jika pembuatan bedengan telah selesai, selanjutnya berikan pupuk dasar diatas bedengan. Pupuk dasar yang digunakan yaitu berupa pupuk KCL, NPK, SP-36, pupuk kandang, serta dolomit.

Baca Juga : Jual Produk Nematisida Furadan 3GR Berkualitas Harga Murah

Dosis yang diberikan yaitu sebanyak 100 kg/ha KCL, 200 kg/ha dolomit, 300 kg/ha NPK, 100 kg/ha SP-36, serta 5 kg/m pupuk kandang.

Aduk secara merata dengan tanah, lalu rapikan. Selanjutnya, tutupi bedengan menggunakan mulsa plastik.

Penanaman

Pertama, kita buat lubang tanam diatas bedengan dengan jarak 100 x 60 cm. Selanjutnya, masukkan benih timun Metavy ke dalam lubang tanam sedalam 1 cm. Cukup 1 benih yang dimasukkan setiap 1 lubang tanam.

Setelah dimasukkan, tutupi kembali dengan tanah di sekitarnya. Bisa juga dengan menggunakan kompos supaya kandungan bahan organik dalam tanah menjadi meningkat. 

Pemeliharaan

Proses pemeliharaan timun Metavy harus dilakukan secara teratur agar mentimun Metavy bisa tumbuh secara sempurna. Dalam proses pemeliharaan ini, menjadi sangat krusial dan harus dilakukan secara tepat.

Beberapa contoh proses pemeliharaan dalam budidaya timun Metavy contohnya seperti :

1. Pemasangan ajir / lanjaran

Ajir merupakan sebuah alat penegak yang terbuat dari bahan berupa tongkat bilahan bambu atau batang kayu yang berfungsi sebagai penyangga batang tanaman atau berperan sebagai tempat merambatnya tanaman.

Pemasangan ajir bertujuan agar tanaman timun tetap tegak dan tidak mudah tertiup angin. Selain itu, pemasangan ajir juga memiliki tujuan agar proses fotosintesis menjadi lebih cepat 

2. Penyiraman / pengairan

Proses penyiraman atau pengairan bertujuan agar tanaman timun Metavy mendapatkan air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan mentimun Metavy.

Lakukan pengairan setidaknya sekali seminggu dan pastikan tersirami secara merata. Dengan begitu, tanaman timun Metavy tidak akan mengalami stress dan rasa buahnya juga tidak pahit.

3. Penyiangan gulma

Gulma merupakan ancaman yang selalu ada saat melakukan budidaya tanaman. Karena itu, penyiangan gulma sangat diperlukan untuk menghadapi ancaman gulma.

Lakukan penyiangan gulma secara teratur untuk membasmi gulma pengganggu pertumbuhan tanaman.

4. Pemupukan susulan

Jangan lupa juga lakukan proses pemupukan susulan untuk memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh timun Metavy

Waktu pengaplikasian serta jenis pupuk yang digunakan dalam pemupukan susulan Metavy yaitu :

a) 14 hst = Gunakan pupuk KCl dengan dosis10 g/tan dan NPK dengan dosis 20 g/tan

b) 28 hst = Gunakan pupuk KCl dengan dosis10 g/tan, SP-36 10 g/tan, dan NPK dengan dosis 20 g/tan

c) 35 hst = Gunakan pupuk KCl dengan dosis 10 g/tan, SP-36 10 g/tan, dan NPK dengan dosis 10 g/tan

d) 40 hst = Gunakan pupuk KCl dengan dosis 10 g/tan, SP-36 10 g/tan, dan NPK dengan dosis 10 g/tan

e) 60 hst = Gunakan pupuk KCl dengan dosis 10 g/tan dan SP-36 dengan dosis 30 g/tan

Pengendalian hama serta penyakit

Proses pengendalian hama dan penyakit harus selalu dilakukan untuk mengatasi permasalahan serangan hama serta penyakit. 

Serangan hama maupun penyakit tentu sangat merugikan bagi kelangsungan budidaya tanaman, sehingga petani harus segera mengatasi hal tersebut agar tak menjadi lebih besar.

Baca Juga : Pestisida Untuk Hama Daun Terong Memudahkan Petani Budidaya Tanaman

Contoh beberapa hama serta penyakit tanaman yang patut diwaspadai serangannya pada tanaman yaitu :

1. Thrips

Hama thrips (Thysanoptera) adalah hewan serangga berukuran kecil (± 1 – 2 mm) berwarna hitam, kuning, atau belang. Beberapa jenis hama thrips memiliki 2 pasang sayap, sementara jenis lainnya tidak memiliki sayap.

Hama thrips mampu bertahan hidup pada sisa – sisa tanaman ataupun di dalam tanah. Selain itu, thrips juga menjadi vektor dari berbagai vurs penyebar penyakit. Kondisi cuaca hangat serta kering akan semakin mendukung perkembangan hama thrips.

Hama thrips menyerang dengan cara menghisap cairan permukaan bawah daun, terutama pada daun – daun yang masih muda.

Gejala serangan hama thrips diantaranya yaitu pada sisi atas daun terdapat bercak – bercak kecil, pada bagian bawah daun terdapat kotoran bintik – bintik hitam, dll.

2. Embun Tepung

Serangan cendawan Erysiphaceae adalah penyebab penyakit embun tepung. Embun tepung mampu bertahan pada sisa – sisa tanaman lain. Penyebaran cendawan Erysiphaceae bisa melalui banyak media, seperti serangga vector, air, serta angin.

Patogen ini bisa bertahan dalam suhu 10 – 12° C, tetapi akan lebih optimal perkembangannya dalam suhu 30° C.

Gejala awal penyakit embun tepung berawal dengan munculnya bintik – bintik berwarna kuning pada sisi atas daun, lalu pada tahap selanjutnya muncul lapisan tepung berwarna keputihan yang menutupi lalu menyebar pada bagian – bagian tanaman seperti batang, daun, serta buah.

3. Oteng – oteng

Oteng – oteng atau kutu kuya adalah kumbang perusak daun berukuran kecil (± 1 cm) dan memiliki sayap dengan warna kuning polos. Hama oteng – oteng biasanya menyerang banyak bagian tanaman, seperti daun muda sampai daun tua.

Hama oteng – oteng akan memulai serangannya setelah oteng – oteng meletakkan telurnya pada tanaman. Setelah telur oteng – oteng menetas, larva akan mulai keluar dan menyerang bagian akar tanaman, sehingga menyebabkan tanaman layu dan akhirnya mati.

Setelah berkembang menjadi dewasa, hama oteng – oteng dewasa akan memakan daun dan hanya menyisakan bagian tulang daun saja. Serangan berat hama oteng – oteng bisa terjadi saat tanaman muda tumbuh sampai dengan umur ± 2 minggu.

Kumbang kuya bisa dijumpai pada menyerang berbagai tanaman, seperti melon, gambas, terong, labu, mentimun, dll. 

4. Layu bakteri

Serangan bakteri Ralstonia solanacearum adalah penyebab terjadinya penyakit layu bakteri. Bakteri ini mampu bertahan hidup dalam waktu cukup lama di dalam tanah dan juga pada sisa – sisa tanaman.

Patogen Ralstonia solanacearum masuk ke jaringan tanaman melalui luka pada sistem perakaran saat muncul akar lateral. Tingginya tingkat kelembaban tanah dan udara, pH tanah alkali, serta meningkatnya temperatur udara (dari 30° C sampai  35° C).

Tingkat kelembaban tanah yang lembab dalam waktu lama sangat rentan terserang patogen Ralstonia.

Gejala tanaman terserang penyakit layu bakteri diantaranya seperti daun termuda mengalami layu yang diikuti oleh seluruh bagian tanaman, bagian akar dan bawah batang menjadi berwarna kecoklatan, dan akar mengeluarkan sekresi kekuningan apabila dipotong.

Pemanenan

Proses pemanenan timun Metavy bisa dilakukan setelah berumur ± 32 – 35 hss (hari setelah semai). Potensi hasil panen dari budidaya timun Metavy yaitu berkisar sekitar ± 60 – 70 ton per ha.

Cara pemanenan timun Metavy yaitu dengan memotong tangkai buah menggunakan gunting atau bisa juga menggunakan pisau. Setelah selesai dipanen, lakukan penyortiran sesuai dengan bentuk, ukuran, warna serta mutu buah timun.

Selanjutnya, cuci buah dengan air bersih yang mengalir. Lalu, simpan di tempat yang teduh sebelum siap untuk dipasarkan. Lakukan juga proses pengemasan untuk menjaga kualitas dari hasil panen. Buah timun Metavy pun siap dipasarkan ke konsumen.

Baca Juga : Produk Pertanian Terlengkap Di Pertanian Indonesia

Nah itulah dia sekilas tentang timun Metavy. Jika Anda tertarik mendapatkannya, Pertanian Indonesia jual benih Metavy produk Panah Merah.

Kami jual benih timun kualitas terbaik ini dalam kemasan sachet berisi 800 butir. Dapatkan segera benih timun Metavy harga murah di Pertanian Indonesia sebelum kehabisan. 

Demikianlah artikel ini saya tulis serta sampaikan kepada seluruh pembaca. Semoga artikel ini bisa berdampak positif serta memberi manfaat dalam kehidupan Anda.

Apabila masih terdapat hal – hal kurang jelas tentang artikel berjudul Timun Metavy F1 Produk Berkualitas Harga Murah ini, hubungi segera Pertanian Indonesia melalui nomor telepon 081252271859 (Khusus Layanan WA/SMS). Terima kasih serta salam sukses untuk Anda semua.

Mungkin anda juga suka