Beli Oyong Esenza Plus F1 Produk Bisi Cap Kapal Terbang Harga Murah. 0812 5527 1859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia merupakan toko pertanian online dengan kualitas terbaik dan terpercaya dan menyediakan berbagai kebutuhan bercocok tanam untuk petani dan toko pertanian lain dengan stok terlengkap.

Gambas, oyong atau luffa merupakan tanaman sayur yang masih termasuk ke dalam famili suku labu – labuan atau Cucurbitaceae.

Tanaman yang berasal dari India ini memiliki tingkat adaptasi yang baik, sehingga kini bisa ditemui di hampir semua tempat di dunia.

Tanaman ini sering dimanfaatkan bagian buahnya untuk diolah menjadi sayur. Sayur oyong sendiri banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, sehingga tak mengherankan jika gambas banyak dibudidayakan di Indonesia.

Manfaat Gambas

Manfaat gambas sangat banyak sekali. Dengan mengkonsumsi gambas, maka tubuh akan menjadi lebih sehat karena memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan.

Manfaat yang ditawarkan dari mengkonsumsi oyong contohnya yaitu :

1.   Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes bisa dicegah dengan mengkonsumsi gambas. Kandungan mangan dalam oyong akan merangsang pembentukan enzim pencernaan dimana berperan penting dalam proses glukonegenesis

2.   Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dalam oyong mampu membantu mengatasi gangguan pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat

3.   Menyembuhkan luka

Kandungan vitamin C dalam gambas mampu merangsang produksi protein dalam membangun ligament, pembuluh darah, kulit, dan otot sehingga proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat

4.   Membantu menurunkan berat badan

Kandungan lemak jenuh, kalori, serta kolesterol dalam jumlah rendah pada oyong mampu menurunkan berat badan, sehingga cocok sekali dikonsumsi untuk Anda yang menjalankan program diet

5.   Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada gambas mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata, sehingga mata tetap sehat dan terhindar dari penyakit mata

6.   Mengatasi penyakit anemia

Kandungan vitamin B6 dalam oyong mampu menghasilkan hemoglobin, dimana hemoglobin akan mengikat oksigen dan zat besi sehingga jika Anda menderita anemia maka Anda akan sembuh

7.   Mengatasi migraine

Kandungan magnesium dalam oyong mampu menyeimbangkan neurotransmitter di dalan sel saraf otak, sehingga penyakit migraine bisa diatasi

Baca Juga : Pertanian Modern Peluang Petani Indonesia Sejahtera

Esenza Plus F1

Esenza Plus F1 merupakan benih gambas varietas unggul produk dari PT Bisi International, Tbk . Esenza Plus F1 memiliki keunggulan dan karakteristik yang lebih baik dari benih oyong pesaingnya.

Keunggulan dan karakteristik dari benih Oyong Esenza Plus F1 yaitu :

1.   Esenza Plus F1 cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran menengah baik pada musim hujan ataupun musim kemarau

2.   Memiliki vigor tanaman yang kokoh, ruasnya pendek dan percabangan yang produktif

3.   Gambas Esenza Plus F1 tahan terhadap hama Aphids, thrips, penyakit antraknosa dan layu tanaman

4. Buah oyong Esenza Plus F1 memiliki tekstur lentur, sehingga tahan terhadap proses pengepakan dan pengangkutan jarak jauh

5.  Buah gambas Esenza Plus F1 memiliki memiliki rasa manis, sehingga sangat cocok untuk diolah dan dikonsumsi

6.  Beli Oyong Esenza Plus F1 Produk Bisi Cap Kapal Terbang Harga Murah bisa didapatkan di toko Pertanian Indonesia

7.  Gambas Esenza Plus F1 memiliki buah dengan ukuran diameter 4,6 cm, panjang ± 55 cm dengan warna kulit buah hijau mengkilat

8.   Kulit buah oyong Esenza Plus tidak memiliki keriput

9. Proses pembentukan buah gambas Esenza F1 tetap mudah, sehingga petani sangat menyukai benih gambas Esenza Plus

10.Bisa dipanen setelah tanaman berumur ± 40 hst dan memiliki potensi hasil panen ± 40 ton per ha

11.Kebutuhan benih Esenza Plus F1 per ha adalah sekitar 1100 gram dengan diberikan jarak tanam sekitar ± 250 x 80 cm

12.Tersedia dalam kemasan sachet dengan ukuran 10 gram

Menanam Gambas Esenza Plus F1 untuk Usaha Agribisnis

Jika Anda ingin memulai usaha agribisnis, maka menanam gambas Esenza Plus F1 bisa menjadi salah satu solusinya. Namun, untuk menanam gambas Esenza Plus F1 perlu melakukan tahapan – tahapan secara runut dan benar agar menghasilkan hasil panen berkualitas.

Tahapan menanam gambas Esenza Plus F1 secara baik dan benar diantaranya yaitu :

·         Pengolahan Lahan Tanam

Lahan tanam perlu diolah terlebih dahulu agar tanah menjadi gembur. Untuk mengolah lahan tanam, lakukan dengan cara dicangkul. Atau bisa juga menggunakan tenaga traktor.

Setelah itu, buat bedengan pada lahan tanam. Bedengan dibuat dengan ukuran panjang yang disesuaikan dengan lahan tanam, lebar 110 – 120 cm, dan tinggi 30 – 40 cm. Berikan jarak antar bedengan ± 50 – 60 cm dan lebar parit sekitar ± 50 cm.

Kemudian, berikan dolomite atau kapur pertanian. Pemberian dolomite atau kapur pertanian ini bertujuan menyesuaikan pH tanah agar bisa ditanami.

Pemberian dolomite atau kapur pertanian dilakukan dengan cara ditaburkan dan diberikan pada 2 minggu sebelum tanam dengan dosis disesuaikan dengan tingkat keasaman tanah.

Setelah itu, sekitar 7 – 10 hari sebelum proses penanaman dilakukan berikan pupuk organik dengan dosis sebanyak 1 – 2 kg per m². Tambahkan juga pupuk KCL sebanyak 15 gram per m², serta pupuk SP 36 dengan dosis sebanyak 20 gram per m².

Terakhir, tutup bedengan dengan menggunakan mulsa hitam perak. Bagian berwarna hitam menghadap ke bawah dan bagian berwarna perak menghadap ke atas. Untuk pemasangan mulsanya sendiri sebaiknya dilakukan pada waktu siang hari agar mulsa hitam perak lebih mudah ditarik dan mengembang.

·         Persemaian Benih

Siapkan benih terlebih dahulu. Sebelum benih disemai, potong bagian benih di bagian lancip dengan menggunakan cutter atau bisa juga dengan gunting kuku. Pemotongan bagian lancip tersebut dilakukan agar menghilangkan kulitnya yang tebal dan keras.

Semai benih pada tray semai berukuran 14 x 7 cm. Media tanam yang digunakan untuk penyemaian ini terbuat dari campuran arang sekam, pupuk kandang / kompos, tanah, dan sabut kelapa dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1 : 1.

Tutup dengan menggunakan mulsa plastik berwarna gelap agar proses perkecambahan benih menjadi lebih cepat. Lakukan penyiraman setiap hari secara rutin. Namun, jika persemaian benih dilakukan pada musim kemarau maka penyiraman bisa diberikan sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Kecambah biasanya akan mulai tumbuh setelah berumur sekitar 5 – 7 hari setelah semai. Setelah kecaambah berumur 10 – 12 hari, maka bibit oyong sudah bisa dipindah tanam ke bedengan.

·         Penanaman

Sebelum bibit dipindahkan ke bedengan, buat lubang tanam pada bedengan secara hati – hati. Tanam bibit gambas pada lubang tanam, untuk setiap 1 lubang tanam digunakan untuk 1 bibit.

Lakukan proses pindah tanam tersebut pada sore hari dan berikan penyiraman setelah proses pindah tanam dilakukan agar tanaman tidak layu.

Baca Juga : Labu Madu Butternut East West Usaha Yang Menjanjikan Petani

·         Pemeliharaan

Di fase awal pertumbuhan, penyiraman dilakukan dengan cukup intens sampai berumur 7 hari setelah pindah tanam. Penyiraman dilakukan sehari sekali. Setelah berumur 7 hari, penyiraman bisa dilakukan setiap 2 – 3 hari sekali disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Pasangkan juga ajir sebagai tempat merambatnya tanaman. Ajir tersebut dibuat menjadi para – para dan dihubungkan satu dengan lainnya. Dengan dibuat menjadi para – para maka akan memudahkan petani dalam memanen buah oyong.

Jangan lupa berikan pemupukan susulan pada tanaman oyong. Pemupukan susulan ini dilakukan hingga tanaman berumur 35 hst.

Pemupukan susulan pertama diberikan saat tanaman berumur 7 hst. Pupuk yang diberikan adalah pupuk Urea dengan dosis sebanyak 1 tablet per tanaman. Pemberian pupuknya dengan cara ditugal sekitar ± 5 – 7 cm dari tanaman.

Pemupukan susulan pertama diberikan saat tanaman berumur 14 hst. Pupuk yang diberikan adalah pupuk Urea dengan dosis sebanyak 2 tablet per tanaman. Pemberian pupuknya dengan cara ditugal sekitar ± 5 – 7 cm dari tanaman.

Pemupukan susulan pertama diberikan saat tanaman berumur 21 hst. Pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK 16 : 16 : 16 dengan dosis sebanyak 5 gram per tanaman. Berikan dengan dikocor. Caranya dengan melarutkan larutan pupuk ke dalam air sebanyak 250 ml per tanaman.

Pemupukan susulan pertama diberikan saat tanaman berumur 28 hst. Pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK 16 : 16 : 16 dan Hydrokarate dengan dosis masing - masing sebanyak 5 gram per tanaman. Berikan dengan dikocor. Caranya dengan melarutkan larutan pupuk ke dalam air sebanyak 250 ml per tanaman.

Pemupukan susulan pertama diberikan saat tanaman berumur 35 hst. Pupuk yang diberikan adalah pupuk NPK 16 : 16 : 16 dengan dosis sebanyak 15 gram per tanaman. Berikan dengan dikocor. Caranya dengan melarutkan larutan pupuk ke dalam air sebanyak 250 ml per tanaman.

Lakukan juga proses perambatan pada oyong. Caranya dengan mengikatkan oyong pada ajir. Ikatkan pada ajir menggunakan tali rafia. Lakukan secara hati – hati.

Proses pengikatan oyong pada ajir dilakukan saat tanaman berumur 10 – 15 hst dengan cara mengikatkan batang yang terletak di bagian bawah cabang utama.

·         Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit bisa menjadi penyebab gagal panen dan kerusakan buah oyong. Hama dan penyakit yang bisa menyerang diantaranya yaitu :

1.   Ulat Tanah

Ulat tanah (Agrotis ipsilon) merupakan ulat yang hidup di tanah. Ulat tanah bersembunyi di dalam tanah, dan juga bisa dijumpai dibalik mulsa. Ulat ini pada umumnya menyebabkan kerusakan pada bagian akar dan pangkal batang.

Akibat serangan ulat tanah, tanaman menjadi rebah dan terkaang hanya menyisakan bagian bawah saja. Pada siang hari, ulat tanah akan berlindung di dalam tanah. Dan pada malam hari, ulat tanah akan mulai aktif menyerang tanaman.

Ulat tanah memiliki tubuh berbintik / bergaris dan memiliki warna hitam. Badannya bertektur lunak dengan panjang ± 3 – 5 cm.

Gejala serangan ulat tanah pada tanaman contohnya yaitu pangkal batang tanaman menjadi terpotong akibat dimakan ulat tanah. Sisa batang yang telah terpotong biasanya masih terdapat di bawah.

Untuk mengatasi serangan hama ulat tanah, caranya bisa dengan melakukan rotasi tanaman, membuang dan memusnahkan tanaman yang terserang, membuang dan memusnahkan hama ulat tanah secara langsung, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

2.   Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera Exigua) merupakan salah satu hama yang harus segera dibasmi. Hal itu disebabkan karena perkembangbiakan hama ini sangat cepat (dalam sekali bertelur mampu menghasilkan telur sebanyak 1000 – 2000 butir) dan akan sulit dikendalikan jika sudah berjumlah banyak.

Telur akan menetas dalam waktu 3 hari dengan ukuran tubuh sepanjang 2,5 cm dengan warna hijau muda. Jika sudah tua warna tubuhnya akan berubah menjadi hijau kecoklatan gelap dengan garis kekuningan.

Gejala serangan hama ulat grayak pada gambas diantaranya yaitu daun rusak terkoyak, terdapat kotoran berbentuk seperti serbuk gergaji, daun berlubang tak beraturan, dan pada serangan parah daun akan menjadi gundul.

Untuk mengatasi serangan hama ulat grayak, cara yang bisa digunakan untuk mengatasinya yaitu mengumpulkan telurnya dan membunuhnya, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

3.   Busuk Daun

Penyakit busuk daun disebabkan oleh serangan cendawan Phytopthora infestans. Cendawan tersebut mampu menyerang seluruh bagian tanaman, seperti batang, umbi, pangkal batang, dan daun.

Gejala awal penyakit busuk daun diantaranya yaitu terdapat bercak kecil berwarna hijau kelabu dan agak basah, lalu bercak tersebut mulai berkembang menjadi berwarna coklat sampai hitam.

Untuk mengendalikan penyakit busuk daun, caranya bisa dengan menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, membuang dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

·         Pemanenan

Sebelum memanen oyong, pastikan oyong sudah memiliki ciri – ciri siap panen. Ciri – ciri oyong siap panen diantaranya yaitu buahnya memiliki kulit buah yang halus dan berwarna hijau tua dengan tektur buah padat.

Cara panen oyong secara baik dan benar yaitu :

1.   Potong oyong dengan menggunakan pisau atau gunting secara hati – hati

2.   Jika tidak terdapat pisau atau gunting maka petik secara langsung tetapi dengan hati – hati

3.  Tempatkan buah yang telah dipetik pada karung atau wadah lain dimana memiliki sirkulasi udara yang baik

4.   Oyong Esenza Plus F1 pun siap untuk dipasarkan

Baca Juga : Dropship Peluang Usaha Pertanian


Beli Oyong Esenza Plus F1 Produk Bisi Cap Kapal Terbang Harga Murah bisa didapatkan di toko Pertanian Indonesia. Kualitas gambas Esenza Plus yang kami jual selalu memiliki kualitas terbaik.

Selain jual gambas Esenza Plus F1, Pertanian Indonesia juga menyediakan berbagai kebutuhan pertanian lengkap seperti pestisida, zpt, pupuk, alat pertanian dan spare part, dll. Dapatkan segera semua produk tersebut di Pertanian Indonesia.

Jika Anda tertarik beli oyong Esenza Plus F1 Produk Cap Kapal Terbang harga murah atau produk lain yang kami jual bisa menghubungi Pertanian Indonesia melalui no. telepon 0812 5227 1859 (WA/SMS).

Sekian artikel berjudul Beli Oyong Esenza Plus F1 Produk Bisi Cap Kapal Terbang Harga Murah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan informasi untuk pembaca semua.

Beli Semangka Angela F1 Murah Produk Panah Merah
Beli Semangka Angela F1 Murah Produk Panah Merah di Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia jual benih semangka hibrida Angela produk East West Seed ...
Beli Melon Madesta F1 Panah Merah Murah
Beli Melon Madesta F1 Panah Merah Murah. WA /SMS 0812 5227 1859 Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia jual benih melon Madesta F1 cap Panah Merah. ...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka

TOKO ONLINE PERTANIAN INDONESIA BANYAK PROMO MURAH

Toko online pertanian Indonesia tempat belanja online kebutuhan pertanian lengkap dengan harga murah. Toko online Pertanian Indonesia banyak program promo harga murah, diskon serta layanan pasti datang. Segera kunjungi toko online pertanianindonesia.com ...
Support HPWD
komentar (1) dilihat: 707 baca selengkapnya ⟶