Budidaya blewah di Indonesia oleh petani hanya setahun sekali. Terutama masa panen bulan puasa. Nama lain buah blewah adalah garbis. Bulan Ramadan kebutuhan buah blewah tinggi. Rev. 04/03/21.

Toko online Pertanian Indonesia jual benih blewah Bisma benih Bisi International harga murah. Siap kirim benih Blewah Bisma ke wilayah Indonesia dengan jaminan barang pasti datang. 

Budidaya blewah dilakukan pada 2 sampai 2,5 bulan sebelum bulan Ramadan. Jarang kita temukan ada budidaya blewah pada bulan - bulan di luar bulan Ramadan.

Benih blewah yang sudah terpercaya dengan  kualitas dan terbukti unggul hanya anda dapatkan di Toko online Pertanian Indonesia ( Agen, Distributor, Dealer, Resmi ) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau. 

Masyarakat lebih menyukai mengkonsumsi kesegaran blewah saat memasuki bulan puasa. Saat ini salah satu varietas tanaman blewah yang unggul yaitu bisma.

Benih jenis Blewah Bisma unggul merupakan salah satu benih blewah yang cocok untuk budidaya pada dataran rendah dengan kebutuhan sinar matahari yang cukup. Pentingnya untuk memilih benih tanaman yang unggul untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan dan menguntungkan.

Benih jenis blewah Bisma yang di gunakan untuk budidaya harus jelas asal serta sejarahnya, sehingga kualitas hasil bisa pasti. Benih blewah Bisma produk Bisi International Kapal Terbang bisa di beli secara online di toko Pertanian Indonesia.

Baca Juga : Belanja Online Pertanian Di Situs Belanja Pertanian Indonesia

Peluang Usaha Budidaya Blewah Bisma

Tanaman blewah Bisma menghasilkan buah blewah berbentuk oblong, kulit buah berwarna kuning muda, terdapat bercak hijau tua pada permukaan kulitnya. Daging buah blewah Bisma memiliki warna oranye, beraroma kuat dan rasanya manis.

Tanaman blewah Bisma mampu menghasilkan buah hingga sebanyak 2 hingga 4 buah per tanaman dengan bobot sekitar 1 hingga 2 kg per buah. Masa panen sekitar 50 hari setelah tanaman dipindahkan dengan potensi hasil mencapai 12,5 hingga 13 ton per hektar.

Peluang Usaha Budidaya Blewah

Memasuki bulan Ramadan, buah yang paling dicari adalah buah blewah dan juga timun suri. Tetapi masyarakat lebih menyukai kesegaran dari buah blewah karena aroma dan rasanya yang khas.

Menikmati buah blewah tidak membosankan meskipun selama 1 bulan selama bulan Ramadan berbuka dengan buah blewah.

Kesegaran buah blewah sebagai minuman segar sangat khas rasanya. Tanaman blewah adalah jenis tanaman  se musim, tapi budidaya blewah hanya dilakukan oleh petani hanya setahun sekali. Jarang sekali ditemui budidaya blewah di luar dari bulan Ramadan.

Memasuki bulan Ramadan, permintaan buah blewah cenderung tinggi, dijual dengan harga berapapun tetap dicari oleh masyarakat. Bahkan buah blewah yang masih hijau pun masih bisa diterima masyarakat. Kondisi inilah yang dapat dijadikan peluang usaha budidaya blewah untuk meraih keuntungan. 

Di luar bulan Ramadan, justru harga buah blewah bisa turun. Banyak petani yang memanfaatkan moment khusus ini untuk mencoba peruntungan budidaya blewah sehingga khusus di bulan puasa mereka melakukan budidaya blewah.

Baca Juga : Jual Benih Melon Anti Virus Terbaik harga Murah

Sekilas Tentang Tanaman Blewah Dan Manfaat Buah Blewah

Tanaman blewah adalah tanaman menjalar, bukan merambat, termasuk dalam genus cucurbitacea. Nama latin tanaman blewah yaitu Cucumis melo sp. dan termasuk dalam kelompok Cantalupensis. Tanaman blewah masih satu famili dengan tanaman semangka, labu, melon, timun dan pare.

Tanaman blewah bukan asli tanaman Indonesia, melainkan berasal dari Afrika Selatan. Selanjutnya menetap dan menyebar di wilayah China sehingga seolah-olah berasal dari China.

Hal ini karena banyak ditemui jenis-jenis liar yang merupakan keanekaragaman genetik yang berasal dari China. Hingga tanaman blewah tersebar sampai ke Asia Tenggara kemungkinan dibawa oleh warga Eropa karena ternyata Blewah juga disukai di daratan Eropa.



Gambar Blewah / Es Blewah Menu Favorit Saat Berbuka Puasa

Manfaat Buah Blewah

Menurut Ahli Gizi dari Yogyakarta, bahwa buah blewah memiliki kandungan gula yang sangat sederhana yang cepat dipecah dan diubah menjadi energi oleh tubuh. Blewah juga kaya akan vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Di dalam buah blewah mengandung 3,1 mg beta-karoten, 68 mg vitamin C, 1,3 mg serat, 13 mg karbohidrat, 494 mg potassium dan 14 mg sodium. Selain itu juga mengandung kalsium, fosfor, besi, niasin, protein dan lemak tak jenuh ganda.

Buah blewah dipercaya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, aman bagi penderita diabetes, sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Juga sebagai sumber folat untuk memperbaiki sel-sel baru bagi ibu hamil, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan mata, untuk kesehatan gusi, memelihara kesehatan kulit, menurunkan kadar kolesterol tubuh dan mencegah kanker rahim.

Syarat Tumbuh Budidaya Blewah

  • Blewah unggul Bisma cocok di tanam di dataran rendah dan yang memiliki sinar matahari yang panjang. Budidaya blewah tidak banyak menemui kesulitan dalam perawatan.
  • Tanaman blewah cocok ditanam di segala jenis tanah, tidak dapat tumbuh optimal pada  lahan yang terlindungi. Jika dibandingkan dengan tanaman labu-labuan yang lain, tanaman blewah termasuk tanaman bandel. Tanaman blewah memiliki adaptasi yang baik terhadap lingkungan dan cuaca.
  • Yang perlu diperhatikan dalam budidaya blewah yaitu ketersediaan unsur hara di dalam tanah agar tanaman blewah dapat tumbuh optimal dan berbuah banyak maka perlu ketersediaan unsur hara yang cukup. pH tanah yang dibutuhkan dalam kondisi netral yaitu antara 6 - 7.

Langkah - Langkah Budidaya Blewah Bisma


Langkah 1 : Persiapan Lahan Budidaya Blewah

  • Walaupun tanaman blewah dapat tumbuh berbagai lokasi tetapi akan lebih baik bila kita tanam pada tanah yang gembur, tidak padat atau keras. Tanaman blewah juga tidak menyukai tanah yang terlalu becek/lembab atau terlalu kering.
  • Tanah yang akan digunakan untuk menanam blewah sebaiknya dibajak dulu atau  cangkul agar menjadi gembur.
  • Tanah dibersihkan dari rumput-rumputan, atau sisa tanaman sebelumnya, terutama untuk sisa tanaman yang sejenis. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai hama dan penyakit.
  • Gulma dan rumput-rumputan bisa di manfaatkan sebagai kompos sedangkan untuk sisa-sisa tanaman dimusnahkan dengan cara dibakar.

Langkah 2 : Pembuatan Bedengan Budidaya Blewah

Setelah tanah dibajak, maka dibuatlah bedengan. Bedengan tanaman blewah sama persis dengan bentuk bedengan tanaman semangka. Bedengan dibuat bentuk ganda dengan parit kecil diantara dua bedengan.

Lebar bedengan sebesar 60 hingga 80 cm, lebar parit 40 cm. Jarak antar bedengan antara 2 hingga 3 meter, tempat ini digunakan untuk tempat menjalarnya batang tanaman blewah.

Tinggi bedengan 40 cm. Bentuk bedengan seperti itu akan memudahkan dalam perawatan budidaya blewah Bisma.

Baca Juga : Jual Bibit East West Seed Murah Dan Terlengkap

Langkah 3 : Pemberian Pupuk Dasar Budidaya Blewah

  • Setelah selesai membuat bedengan, maka selanjutnya pemberian pupuk dasar. Pupuk dasar yang digunakan antara lain kapur pertanian Dolomit, pupuk kandang atau kompos, NPK atau campuran dari pupuk  TSP/SP-36, KCl dan ZA.
  • Sebelum penaburan Dolomit, ph tanah diukur terlebih dahulu. Bila pH tanah di bawah 5,5 maka taburkan dolomit sesuai kebutuhan.
  • Dibiarkan selama 1 minggu dan biarkan tersiram air hujan. Selanjutnya ditaburkan 1 kg pupuk kandang dan 250 gram NPK per lubang tanam.
  • Dapat juga menggunakan jerami sisa panen padi untuk ditaburkan atas bedengan.
  • Setelah itu bedengan dapat ditutup mulsa plastik untuk menjaga kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma,
  • Setelah bedengan tertutup mulsa maka membuat lubang tanam dengan jarak 60 hingga 70 cm.
  • Kemudian biarkan bedengan 10  hingga 15 hari setelah itu dapat dipergunakan untuk budidaya blewah.

Langkah 4 : Persemaian Benih Tanaman Blewah

Budidaya blewah bisa saja langsung menanam langsung dari benihnya atau tidak semai dahulu. Bila langsung maka untuk satu lubang, masukkan  1 - 2  benih dan ditutup dengan tanah. Tapi lebih baik bila Kita membuat persemaian dahulu untuk mengetahui dan memilih benih yang baik pertumbuhannya.

Persemaian dapat dilakukan dengan menggunakan polybag atau tray semai. Cara menyemai benih blewah sama dengan tanaman semangka, melon atau benih pare. Penyiraman bibit dilakukan setiap hari setiap pagi atau sore hari sesuai dengan kondisi lahan.

Benih yang baik, unggul dan berkualitas dapat Anda peroleh di Toko Online PERTANIAN INDONESIA.  Kebutuhan benih 500 gr per hektar. Bibit siap ditanam di lahan tetap setelah 10 - 14 hari setelah tanam.

Langkah 5 : Penanaman Bibit Tanaman Blewah

Sebelum menanam, lubang tanam disiram air lalu  ditugal dengan menggunakan kayu runcing, dan lubang tanam diberi air sampai basah.

Lubang tanam kita tugal dengan kedalaman yang sama dengan ukuran polybag semai. Media dilepaskan dari polybag dengan hati - hati jangan sampai merusak perakaran bibit dan bibit menjadi stress.

Masukkan ke lubang tanam dengan hati-hati lalu ditekan dengan sedikit tanah di sekitar tanaman agar tanaman dapat berdiri kokoh. Penanaman bibit sebaiknya dilakukan pada sore hari setelah itu tanaman disiram air secukupnya.

Langkah 6 : Pemeliharaan Budidaya Blewah

Proses pemeliharaan budidaya blewah sama seperti dengan proses budidaya tanaman semangka, yaitu meliputi proses penyulaman, penyiraman serta penyiangan. Sulam harus segera dilakukan sampai tanaman berumur 21 hari mulai dari penanaman benih.

Proses sulam dilakukan terhadap tanaman yang rusak, mati atau tampak sakit karena serangan hama dan penyakit tanaman.

Penyiraman dilakukan sedini mungkin mulai umur 0 - 10 hari dilakukan setiap hari, selanjutnya dilakukan sesuai kebutuhan tanaman dan kondisi lahan. Penyiangan dengan mencabut rumput - rumput yang ada disekitar tanaman dan di lahan.

Langkah 7 : Pemberian Pupuk Susulan Budidaya Blewah

Pupuk susulan diberikan dengan maksud untuk memenuhi kebutuhan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman agar dapat tumbuh optimal dan berbuah banyak. Aplikasi pemberian bisa dengan ditabur atau kocor. Pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK, KCl, TSP/SP-36 dan ZA.

Pemupukan pertama diberikan saat berumur 15 hari setelah tanam. Aplikasi melalui dikocor menggunakan dosis rendah. Karena termasuk dalam Cucurbitaceae maka pemberian pupuk sama dengan tanaman semangka.

Langkah 8 : Pengendalian Hama dan Penyakit Budidaya Blewah

Hama dan penyakit pada tanaman jenis blewah yang sering menyerang tanaman famili Cucurbitaceae ini relatif sama sehingga cara pengendaliannya juga relatif tidak jauh berbeda.

Beberapa hama yang sering menyerang tanaman jenis blewah adalah jangkrik, oteng-oteng, ulat grayak, ulat buah dan lalat buah.

Pengendalian hama menggunakan insektisida yang sesuai jenis hama yang menyerang dan dosis pemberian sesuai petunjuk pada kemasan.

Sedangkan penyakit yang menyerang antara lain penyakit layu, bercak daun blewah, busuk daun blewah dan lain beberapa yang lain yang mungkin menyerang pada budidaya blewah Bisma. Pengendalian penyakit menggunakan fungisida.

Panen Budidaya Blewah Bisma 

Umur panen Blewah Bisma dapat dipanen pada umur 50 hari setelah tanam. Inilah kelebihan dari menggunakan benih jenis blewah Bisma, umur panen yang pendek.

Pemanenan atau pemotongan buah menggunakan pisau atau gunting pada tangkai buah blewah. Penggunaan pisau akan memperkecil tingkat kerusakan buah saat panen kecil.

Setelah buah blewah dipanen, masih tampak terlihat segar dan bahkan daya tahan buah sampai 7 hingga 8 hari. Buah blewah juga tak jarang dipanen masih muda sampai setengah matang karena jarak tempuh yang panjang dan penyebaran pemasaran.

Bahkan di pasar tak sedikit yang dijual dalam keadaan masih hijau dan tetap banyak diminati karena airnya sudah manis dan aroma sudah cukup kuat. Demikian ulasan Kami tentang Budidaya Blewah Unggul Bisma dari toko Pertanian Indonesia, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Mungkin anda juga suka