Jual Kacang Panjang Kanton Tavi F1 Termurah di Pertanian Indonesia. WA/SMS 0812 5227 1859 Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia merupakan toko pertanian online yang menyediakan dan jual berbagai kebutuhan pertanian dengan harga murah dengan stok terlengkap.

Kacang Panjang adalah tanaman perdu semusim. Sayuran ini termasuk dalam famili Leguminosa banyak tumbuh di dataran rendah. Tanaman ini pada awalnya berasal dari dari India dan Afrika, tetapi kini sudah menyebar ke seluruh dunia.

Kacang panjang makin diminati oleh masyarakat. Kandungan gizi yang banyak serta rasanya yang nikmat dengan harganya yang terjangkau merupakan faktor pendukung kacang panjang makin diminati.

Kini, sudah banyak sekali benih kacang panjang unggul yang bisa dijumpai di pasaran. Benih kacang panjang yang bisa dijumpai di pasaran seperti Parade Tavi F1, Jali Ireng, Blirik, Katrina, Pertiwi, dan Kanton Tavi F1 (Panah Merah).

Kali ini, kita akan membahas benih kacang Panjang Kanton Tavi F1 dari Panah Merah.

Kanton Tavi F1


Kanton Tavi F1 adalah benih kacang panjang varietas unggul Cap Panah Merah. Kanton Tavi F1 merupakan hasil produksi dari PT East West Seed Indonesia, Tbk (Ewindo).

Kanton Tavi F1 memiliki berbagai keunggulan dan karakteristik dibandingkan benih kacang panjang lain. Karakteristik dan keunggulan dari benih kacang panjang Kanton Tavi F1 diantaranya yaitu :

1.   Cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran menengah pada musim kemarau

2.   Memiliki vigor yang kokoh dengan cabang yang produktif

3.   Memiliki ketahanan terhadap penyakit layu fusarium dan bakteri, hama thrips, mite, Aphids, serta kutu kebul

4.  Pembentukan polong kacang panjang Kanton Tavi F1 tetap mudah meskipun dalam kondisi cuaca kurang baik

5.  Buah kacang panjang Kanton Tavi F1 memiliki panjang ± 70 cm dan polongnya tidak memiliki ujung mecut

6. Kacang panjang Kanton Tavi memiliki polong yang berbentuk silindris berwarna hijau dan buntut berwarna ungu

7.   Jual Kacang Panjang Kanton Tavi F1 Termurah bisa dibeli di toko online Pertanian Indonesia

8. Tekstur polong kacang panjang Tavi lentur, sehingga buah yang rusak akibat proses pengepakan dan pengangkutan  jarak jauh bisa berkurang

9.  Kebutuhan benih kacang panjang Kanton Tavi F1 per ha adalah sekitar ± 20 kg dengan diberikan jarak tanam 50 x 50 cm

10.Bisa dipanen setelah berumur 45 hari setelah pindah tanam

11.Potensi hasil panennya berkisar sekitar ± 1 kg per tanaman

12.Menanam kacang panjang Kanton Tavi F1 bisa menjadi peluang usaha agrobisnis dalam meraup untung bagi petani

13.Hasil panen kacang panjang Kanton Tavi sangat diterima oleh pedagang dan juragan kacang panjang di pasar, sehingga proses pemasarannya pun menjadi lebih mudah

14.Kacang panjang Kanton Tavi F1 tersedia dalam kemasan sachet berisi 200 butir dan kaleng berukuran 500 gram

Baca Juga : Labu Madu Butternut East West Usaha Yang Menjanjikan Petani

Manfaat Mengkonsumsi Kacang Panjang Kanton Tavi F1

Mengkonsumsi kacang panjang Kanton Tavi bisa menjadi salah satu cara membuat tubuh menjadi sehat. Kandungan nutrisi yang banyak terkandung di dalamnya menjadi faktor pendukung untuk mengkonsumsi kacang panjang.

Beberapa manfaat yang ditawarkan dari mengkonsumsi kacang panjang Kanton Tavi yaitu :

1.   Membuat tidur menjadi lebih nyenyak

Kandungan magnesium dalam kacang panjang mampu mengurangi rasa gelisah sewaktu tidur. Dengan begitu, tidur pun menjadi lebih nyenyak serta kualitas tidur menjadi lebih baik

2.   Kesehatan kulit tetap terjaga

Kacang panjang yang kaya akan kandungan vitamin C mampu untuk tetap menjaga kesehatan kulit

3.   Menguatkan sistem imunitas tubuh

Antioksidan seperti riboflavin, vitamin C, dan beta karoten dalam kacang panjang bermanfaat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga serangan radikal bebas bisa ditangkal

4.   Menjaga kesehatan mata

Kandungan tiamin dalam kacang panjang mampu menghindarkan masalah kesehatan mata, sehingga mata menjadi lebih sehat

5.   Mencegah penyakit kanker

Kandungan folat dalam kacang panjang mampu mencegah perkembangan sel kanker. Selain itu, juga mengurangi resiko terserang kanker usus sampai 30 %

6.   Memperbesar payudara perempuan

Kandungan senyawa fitoestrogen dalam kacang panjang mampu memicu perkembangan sel epitel. Sel epitel ini berperan dalam membesarnya ukuran payudara pada perempuan

7.   Mengurangi nyeri akibat haid

Zat mangan dalam kacang panjang mampu mengurangi rasa nyeri akibat haid / menstruasi, sehingga nyeri saat haid bisa diatasi

Peluang Usaha Agrobisnis Kacang Panjang Kanton Tavi F1

Budidaya kacang panjang Kanton Tavi F1 bisa menjadi peluang usaha agrobisnis kacang panjang Kanton Tavi F1. Namun, perlu diperhatikan juga agar budidaya kacang panjang Kanton Tavi F1 harus dilakukan secara baik dan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Budidaya kacang panjang Kanton Tavi F1 secara baik dan benar yaitu :

·         Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam harus diolah secara baik dan benar agar tanah menjadi gembur. Bajak tanah dengan menggunakan cara tradisional (membajak sawah menggunakan tenaga hewan sapi / kerbau) atau menggunakan cara modern (menggunakan traktor).

Setelah itu, buat bedengan pada lahan tanam. Buat bedengan dengan tinggi 20 – 30 cm, lebar 70 – 80 cm, dan diberikan jarak antar bedengan ± 50 – 60 cm.

Jika pH tanah dibawah 5,5 , jangan lupa berikan dolomite / kapur pertanian dengan dosis sebanyak 50 – 75 kg per 400 m².

Berikan juga pemupukan dasar pada saat pengolahan lahan tanam ini dilakukan. Pupuk yang diberikan diantaranya yaitu pupuk ZAKCL, dan TSP (menggunakan perbandingan 1 : 1 : 2) dengan dosis sebanyak 1 – 20 kg per 400 m². Pemberian pupuk dasar ini dilakukan dengan cara ditaburkan pada 10 – 15 hari sebelum proses penanaman dilakukan.

·         Penanaman

Buat lubang tanam dengan kedalaman 3 – 5 cm. Berikan jarak tanam sekitar ± 25 cm antar lubang tanam dan ± 70 cm antar barisan. Untuk 1 lubang tanam, tanam sebanyak 2 benih, lalu tutup lubang tanam dengan tanah.

Setelah bibit berumur 1 minggu, lakukan proses penyulaman. Penyulaman ini bertujuan agar bibit tumbuh dengan seragam serta memiliki kualitas yang baik.

·         Pemeliharaan

Dalam proses pemeliharaan, penting sekali untuk melihat bagaimana perkembangan serta pertumbuhan tanaman. Pemeliharaan tanaman secara baik dan benar nantinya akan membuat kacang panjang tumbuh dengan sempurna.

Dalam proses pemeliharaan, terdiri dari beberapa proses seperti pemasangan ajir, penyiraman / pengairan, pemangkasan daun dan pemupukan susulan.

Ajir yang digunakan yaitu bambu dengan panjang ± 2 meter. Pemasangan ajir dilakukan pada saat 10 hari setelah benih ditanam. Tempatkan ajir pada 2 lubang tanam, dan setiap 5 ajir diberikan silang lanjaran. Ikat menggunakan tali agar lebih kuat.

Untuk penyiraman / pengairan lahan tanam, lakukan dengan secukupnya. Jika dirasa kurang maka bisa dilakukan pengairan dengan intensitas lebih banyak (terutama pada musim kemarau).

Pemangkasan daun dilakukan saat tanaman sudah berumur 1,5 – 2 bulan. Pangkas daun berumur tua dengan cara memotong tangkai daunnya.

Pemupukan susulan mulai bisa diberikan pada saat tanaman berumur 15 hst. Pupuk yang digunakan untuk pemberian pupuk susulan ini diantaranya yaitu pupuk urea dan pupuk NPK.

Pemupukan susulan pertama diberikan pada saat tanaman berumur 15 hst. Berikan pupuk urea dengan dosis sebanyak ± 5 gram (1 sendok) untuk 1 lubang tanam.

Pemupukan susulan kedua diberikan pada saat tanaman berumur 40 hst. Berikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak ± 10 gram (2 sendok) untuk 1 lubang tanam.

Pemupukan susulan ketiga diberikan pada saat panen ke 5. Berikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak ± 10 gram (2 sendok) untuk 1 lubang tanam.

Baca Juga : Jual Bibit Eastwestseed Murah Terlengkap

·         Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit menjadi fase yang penting untuk dilakukan. Hama dan penyakit merupakan ancaman bagi pertumbuhan serta perkembangan tanaman kacanag panjang.

Oleh karena itu, kita harus selalu waspada terhadap serangan hama dan penyakit. Beberapa hama dan penyakit yang bisa menyerang pada saat budidaya budidaya kacang panjang diantaranya yaitu :

1.   Bercak daun

Bercak daun pada kacang panjang disebabkan oleh serangan cendawan Cercospora sp.

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini diantaranya seperti terdapat bercak kuning berbentuk bulat. Bercak tersebut lama – lama warnanya akan berubah menjadi coklat.

Untuk mengatasi penyakit bercak daun, beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya seperti menjaga kebersihan lahan tanam, membuang tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

2.   Antraknosa

Antraknosa merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang tanaman, tak terkecuali dengan kacang panjang.

Penyakit ini akan banyak bermunculan terutama pada musim hujan. Tingkat kelembaban yang tinggi dan genangan air hujan menjadi faktor pendukung berkembangnya penyakit antraknosa.

Penyakit antraknosa disebabkan oleh cendawan Colletotrichum capsici. Cendawan ini hidup pada sisa – sisa tanaman yang telah terinfeksi, ataupun di dalam tanah.

Untuk penularannya, penyakit ini bisa ditularkan melalui manusia, alat pertanian, air hujan, hembusan angin, dll. Penyakit ini mampu menyerang semua bagian tanaman.

Gejala serangan penyakit antraknosa diantaranya yaitu terdapat bercak berwarna coklat dan melingkar cekung pada pusatnya dan berwarna coklat muda pada bagian sekelilingnya.

Untuk mengatasi serangan penyakit antraknosa, caranya bisa dengan memberikan pupuk dengan kalsium tinggi, menggunakan mulsa hitam perak, memberikan jarak tanam yang agak lebar, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

3.   Aphids

Kutu daun atau aphids termasuk ke dalam Ordo Homiptera dengan Famili AphididaeAphididae berasal dari bahasa Yunani yang berarti menghisap cairan.

Aphids menyerang dengan cara menghisap cairan dari tanaman agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Aphids dewasa ada terdiri dari 2 macam, bersayap dan tidak bersayap. Imago tidak bersayap memiliki panjang 1,5 mm, sementara imago bersayap memiliki panjang 2 – 2,5 mm.

Gejala serangan hama aphids diantaranya seperti terjadi malformasi pada daun yang masih muda dan kuncup bunga yang masih berkembang, terjadi proses pembentukan bunga, serta terdapat embun jelaga yang mampu membuat batang dan daun menjadi kehitaman.

Untuk mengatasi serangan hama aphids, caranya bisa dengan melakukan rotasi tanaman, membuang dan memusnahkan tanaman yang terserang, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

4.   Thrips

Hama thrips merupakan sejenis kutu. Thrips hidup secara berkoloni. Pada umumnya menyerang bagian tanaman yang masih berumur muda, seperti tunas, bunga, dan pucuk.

Hama thrips memiliki tubuh dengan warna hitam. Panjang tubuhnya 1 – 1,2 mm. Di fase nimfa hama thrips memiliki tubuh berwarna putih / putih kekuningan, tanpa sayap, dan kadang memiliki bercak berwarna merah.

Hama thrips menyerang tanaman dengan cara menghisap bagian tersebut, lalu bagian yang dihisap menjadi kering, kerdil, kriting, dan akhirnya akan mati.

Gejala tanaman yang terserang hama thrips diantaranya yaitu terdapat bercak berwarna putih, keperakan atau kekuninganpada permukaan daun. Pada serangan yang parah daun menjadi berwarna coklat, menggulung, mengeriting, serta menjadi kering.

Cara untuk mengendalikan hama thrips diantaranya yaitu dengan melakukan penyiraman secara teratur, membersihkan lahan tanam dari gulma, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

5.   Karat Daun (Bean Rust)

Penyakit karat daun diakibatkan oleh serangan cendawan.

Gejala penyakit karat daun pada tanaman diantaranya yaitu terdapat bintik – bintik berwarna coklat yang tampak menonjol dengan warna kuning di sekeliling bercak coklat tersebut.

Bintik berwarna coklat tersebut merupakan cendawan yang sudah matang dan mampu menyebarkan spora dan menginfeksi tanaman lain melalui manusia, angin, air ataupun peralatan pertanian.

Untuk mengatasi serangan penyakit karat daun, caranya bisa dengan melakukan penyiraman dengan secukupnya, membuang daun yang telah terinfeksi, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida berbahan aktif BenomilKarbendazimKlorotanil, ataupun Difekonazol sesuai dengan dosis

6.   Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium Oxysporum. Perkembangan penyakit layu fusarium akan semakin cepat jika terjadi pada musim hujan. Tingkat kelembaban tinggi, genangan air makin banyak, serta tingkat pH yang rendah akibat air hujan merupakan faktor pendukungnya.

Serangan penyakit layu fusarium bisa dijumpai pada tanaman tua ataupun yang masih berumur muda.

Gejala serangan penyakit layu fusarium diantaranya yaitu tanaman tampak layu pada siang hari dan nampak segar kembali pada pagi dan sore hari. Gejala ini akan terus berlangsung selama 7 – 10 hari. Tanaman pun akhirnya akan mati.

Untuk mengatasi serangan penyakit layu fusarium, caranya bisa dengan mencabut serta memusnahkan tanaman tanaman yang terserang, menggunakan pupuk yang tepat, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis

7.   Ulat Grayak

Ulat grayak (Spodoptera Exigua L) termasuk ke dalam hama yang berbahaya bagi perkembangan tanaman. Hama ini memiliki ukuran fisik besar serta tidak berbulu. Warna tubuhnya hijau cerah tetapi ada juga yang berwarna coklat.

Ulat grayak akan bersembunyi pada siang hari, dan pada malam hari akan lebih aktif dan mulai menyerang tanaman. Ulat grayak memakan daun ataupun kulit buah, sehingga buah menjadi busuk.

Untuk mengatasi serangan hama ulat grayak, caranya bisa dengan mengambil dan memusnahkan telur beserta larva hama ulat grayak, menggunakan predator alami ulat grayak, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis

·         Pemanenan

Proses pemanenan kacang panjang Kanton Tavi F1 bisa dilakukan saat sudah berumur 45 hari setelah pindah tanam. Pemanenan dilakukan secara manual dengan cara dipetik secara langsung.

Kacang panjang Kanton Tavi F1 yang siap panen memiliki ciri – ciri seperti buahnya berpolong padat dan berwarna hijau segar.

Kanton Tavi mampu berproduksi sampai berumur ± 3 bulan dengan interval panen tiap 2 hari sekali.

Beli Produk Pertanian Online Terbaru Di Rumah Saja Jadi Cara Aman
Beli produk pertanian online terbaru kualitas terbaik bisa dilakukan dengan cara di rumah saja dan aman. 0812 5227 1859 tempat belanja online Pertania...
Beli Terong Charming F1 Harga Murah Produk Known You Seed
Beli Terong Charming F1 Harga Murah Produk Known You Seed. 0812 - 5227 - 1859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia jual benih terong Charmi...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka