Jual Tomat Mutiara F1 Known You Seed Murah Berkualitas0812 5227 1859 WA/SMS Pertanian IndonesiaPertanian Indonesia merupakan toko pertanian online yang menyediakan dan jual berbagai kebutuhan tani harga murah dan stok terlengkap.

Tanaman tomat makin hari kini semakin banyak peminatnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak petani yang melakukan budidaya tanaman satu ini. Kandungan nutrisi yang banyak serta cara menanam yang mudah menjadikan tomat sebagai salah satu buah yang disukai masyarakat Indonesia.

Tomat merupakan tanaman buah dimana termasuk ke dalam golongan Family Solanaceae. Tanaman asli dari Benua Amerika (Amerika Selatan dan Tengah) ini dibudidayakan pertama kali oleh suku Aztec dan Inca sekitar tahun 700 SM. Di abad ke 15 Masehi bangsa Eropa mulai mengenal tomat sejak Christopher Columbus membawa tanaman ini ke Pantai San Salvador pada 12 Oktober 1492.

Meskipun pada awalnya sempat ditentang oleh banyak masyarakat, di abad ke 18 tanaman ini sudah banyak diterima dan mulai menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Pada awalnya, buah yang dihasilkan ukurannya masih relatif kecil serta tingkat produktivitas rendah. Berbeda sekali dengan sekarang dimana bisa berukuran cukup besar dengan tingkat produktivitas tinggi.

Manfaat Tomat Untuk Tubuh Kita

Tomat mengandung berbagai manfaat untuk tubuh kita. Tubuh kita dijamin akan menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi buah ini.

Beberapa manfaat didapatkan tubuh kita dari mengkonsumsi buah tomat diantaranya yaitu :

·         Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C mampu memberikan manfaat sebagai perangsang kolagen dan antioksidan dimana mampu mencegah kerusakan kulit akibat polusi, sinar matahari, dan asap.

Selain itu, antioksidan likopen mampu meningkatkan kemampuan kulit dari paparan sinar Ultra Violet, sehingga menghindarkan kulit dari berbagai penyakit kulit.

·         Menjaga berat badan

Kandungan gula dalam jumlah rendah dalam buah ini cocok untuk dikonsumsi untuk Anda yang ingin diet, sehingga melancarkan program diet

Baca Juga : Pestisida Serta Cara Aplikasi Yang Tepat Pertanian Indonesia

Mutiara F1 Produk Unggulan Known You Seed

Mutiara F1 merupakan benih tomat sayur hibrida unggulan yang diproduksi Known You SeedKnown You Seed merupakan salah satu pelopor produsen benih tomat berkualitas.

Tomat Mutiara F1 adalah jenis benih tomat hibrida unggul dan berkualitas di kelasnya. Karakteristik dan keunggulan dari benih tomat hibrida Mutiara diantaranya yaitu :

·       Cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran menengah dengan suhu tanam rata – rata ± 15 - 30° C

·     Tomat Mutiara F1 merupakan benih tipe determinate dengan hasil tinggi, sehingga disukai juragan tomat dan pedagang buah

·         Pembentukan buah tetap mudah meskipun dalam kondisi cuaca kurang baik

·        Tekstur buah padat dan keras  serta tahan terhadap serangan penyakit busuk buah, batang, late blight, dan virus

·         Jual Tomat Mutiara F1 Murah Known You Seed bisa Anda beli di toko pertanian Indonesia

·         Cocok ditanam dengan menggunakan sistem hidroponik

·         Bentuk buah bulat dengan berat rata – rata ± 80 – 100 gram

·        Cara menanam tomat Mutiara F1 harus dilakukan secara baik dan benar agar menghasilkan buah berkualitas

·         Jual Tomat Mutiara F1 murah cocok dimanfaatkan sebagai peluang usaha budidaya

·         Buah tomat Mutiara F1 (F - 4736) siap panen setelah berwarna merah saat masak

·         Memiliki tingkat produksi tinggi sehingga mampu menghasilkan buah dalam jumlah banyak

·    Tahan terhadap proses pengangkutan dan tahan simpan, sehingga memperpanjang usia simpan buah

·         Bisa dipanen setelah tanaman berumur ± 70 hari setelah tanam

·         Jual Tomat Mutiara F1 murah bisa dibeli dan dapatkan secara online dan praktis di Pertanian Indonesia

·         Potensi hasil panen yang bisa didapatkan yaitu ± 70 ton per ha

·     Kebutuhan benih tomat hibrida Mutiara per ha yaitu sebanyak ± 70 gram per ha dengan diberikan jarak tanam 60 x 60 cm

·         Tersedia dalam kemasan sachet berukuran 5 gram

Cara Menanam Tomat Mutiara F1 Dengan Baik Dan Benar

Cara menanam tomat harus dilakukan secara baik dan benar agar menghasilkan buah tomat Mutiara F1 (F – 4736) yang berkualitas. Cara menanam tomat hibrida Mutiara secara baik dan benar yaitu :

·         Penyemaian

Semai benih terlebih dahulu sebelum melakukan proses penanaman. Proses penyemaian ini dilakukan bertujuan agar benih bisa tumbuh maksimal.

Pertama, siapkan tempat dan media semai terlebih dahulu. Pilih tempat media semai yang terlindung dari sinar matahari dan curah hujan secara langsung.

Lalu buat bedengan. Untuk persemaian dengan menggunakan bedengan, buat larikan di atas media semai dengan kedalaman sekitar ± 1 cm dan diberikan jarak antar larikan ± 5 cm.

Taburkan benih pada larikan, dan berikan jarak antar benih ± 2 – 3 cm. Setelah selesai ditabur, tutupi dengan tanah dan sirami secukupnya dengan air.

Jika sudah siap untuk dipindah ke lahan tanam, maka lakukan secara hati – hati. Cara pemindahannya bisa dilakukan dengan 2 cara.

Cara pertama, yaitu dengan mengambil bibit bersama dengan tanah di sekitarnya. Sementara untuk cara kedua, bisa dilakukan dengan mencabut bibit lalu memindahkannya ke lahan tanam. Namun, sirami terlebih dahulu untuk melunakkan media tanam sehingga mempermudah proses pemindahan dan mencegah terputusnya akar saat bibit ditarik.

·         Pengolahan Lahan Tanam

Pengolahan lahan tanam harus dilakukan terlebih dahulu sebelum menanam bibit. Pengolahan lahan tanam ini dilakukan agar kondisi lahan tanam menjadi lebih subur serta membunuh gulma pada areal lahan tanam.

Lakukan proses pengolahan lahan tanam dengan cara dibajak atau dicangkul. Pengolahan bisa dengan menggunakan cangkul atau traktor. Setelah selesai, buat bedengan pada lahan tanam. Bedengan dibuat dengan ukuran tinggi ± 30 cm, panjang menyesuaikan dengan kontur lahan tanam, dan lebar ± 1 meter. Berikan jarak antar bedengan sekitar ± 30 – 40 cm dan diamkan selama 1 minggu.

Setelah 1 minggu, berikan pupuk dasar. Pupuk dasar yang digunakan yaitu berupa pupuk kompos atau pupuk kandang dengan dosis sebanyak ± 20 ton per hektar.

Aduk secara merata diatas bedengan. Tambahkan juga pupuk TSP dengan dosis sebanyak ± 5 gram per tanaman agar memperkaya kandungan fosfor pada bedengan.

Setelah itu, tutupi bedengan dengan menggunakan mulsa plastik. Diamkan lagi selama 1 minggu sebelum proses penanaman mulai dilakukan.

Baca Juga : Cabe Red Lava F1 Jual Dan Cara Menanam Cabe Favorit Petani

·         Penanaman

Buat lubang tanam pada mulsa dengan diameter sekitar ± 5 – 7 cm. Buat 2 lajur lubang tanam per bedengan dengan kedalaman lubang ± 5 – 7 cm dan berikan jarak antar lubang tanam dalam satu lajur ± 40 – 50 cm, jarak antar lajur ± 70 – 80 cm.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam secara hati – hati. Pastikan agar posisi akar tegak lurus dan tidak terlipat. Tutupi lagi dengan tanah di sekitar. Ratakan dan sirami dengan air secukupnya.

·         Pemeliharaan

Merawat dan memelihara tanaman tomat Mutiara F1 harus dilakukan secara baik dan benar. Dengan begitu, tanaman akan tumbuh secara sempurna dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Tahap – tahap proses perawatan tanaman yaitu :

1.   Penyulaman Bibit

Lakukan proses penyulaman bibit jika terdapat bibit yang tumbuh secara tidak sempurna. Dengan begitu, pertumbuhan tanaman akan seragam dan hasil panen tetap bersamaan.

2.   Penyiangan Gulma

Siangi gulma secara rutin. Gulma akan terus tumbuh untuk mengganggu tanaman. Karena itu penyiangan gulma akan berperan besar dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

3.   Pemasangan Ajir

Lakukan proses pemasangan ajir. Pemasangan ajir sebaiknya dilakukan saat bibit masih muda agar tidak melukai perakaran tanaman.

Ajir berfungsi sebagai penopang tanaman, serta memperbaiki fungsi tumbuh tanaman menjadi lebih maksimal.

4.   Pemupukan Susulan

Lakukan pemupukan susulan pada tanaman. Berikan pupuk kompos dengan dosis sebanyak ± 1 genggam per bibit setelah bibit berumur 1 minggu.

Jika dirasa masih kurang subur maka perbanyak dosis pupuk yang diberikan per bulannya. Tambahkan dengan pupuk organik cair jika tanaman akan mulai berbuah.

5.   Penyiraman / Pengairan

Jaga agar kondisi media tanam tidak terlalu kering. Sirami secara teratur sebanyak 2 kali sehari, namun pastikan agar media tanam tidak terlalu basah agar terhindar dari penyakit busuk akar.

·         Pengendalian Hama Dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit merupakan proses yang harus dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi sempurna. Karena hal itu, selalu lakukan proses ini agar hama dan penyakit tidak menyerang tanaman.

Beberapa hama dan penyakit yang bisa menjadi ancaman dalam budidaya tomat yaitu :

1.   Penyakit bercak kering

Penyakit bercak kering disebabkan oleh infeksi cendawan Alternaria solani. Curah hujan dan tingkat kelembaban tinggi akan mendukung perkembangan penyakit ini.

Spora cendawan Alternaria bisa menyebar melalui media seperti percikan air hujan, angin, atau irigasi pancur.

Gejala penyakit ini bisa dijumpai pada banyak bagian tanaman, seperti batang, daun, dan buah. Biasanya akan muncul bercak berwarna abu – abu / coklat pada daun, dan pada perkembangannya seluruh daun akan mengalami klorosis dan gugur.

Untuk mengatasi serangan penyakit bercak kering diantaranya yaitu melakukan penyiangan gulma, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

2.   Kutu Kebul

Kutu kebul (Aleyrodidae) termasuk hama pengganggu yang banyak menyerang berbagai tanaman. Kutu dewasa dan larvanya akan menghisap getah tanaman dan menghasilkan embun madu pada bagian buah, batang, dan daun.

Bercak klorotik dan jamur hitam terbentuk pada jaringan – jaringan tanaman yang terserang. Pada serangan yang parah bercak – bercak tersebut bisa menyatu dan menyebar ke seluruh daun.

Daun tersebut akan berubah bentuk menjadi seperti mangkok atau mengeriting. Selain itu, kutu kebul juga mampu menularkan virus pada tanaman. Untuk itu, perlu dilakukan upaya pengendalian hama kutu kebul.

Untuk mengendalikan hama kutu kebul, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memanfaatkan predator alami kutu kebul, menjaga kebersihan lahan tanam, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi insektisida secara hati – hati dan sesuai dengan dosis.

3.   Jamur Kelabu

Jamur kelabu (Botrytis cinerea) bisa dijumpai pada berbagai bagian tanaman, seperti buah, polong, dan daun. Jamur ini mampu menginfeksi seluruh bagian tanaman.

Curah hujan tinggi, suhu dingin dan cuaca yang lembab akan semakin mendukung perkembangan  cendawan ini. Suhu yang optimal untuk perkembangan cendawan ini berkisar antara 15 - 20° C.

Gejala tanaman yang terserang jamur kelabu diantaranya seperti tumbuhnya cendawan pada daun, pucuk, polong, atau buah, lalu muncul luka pada jaringan tanaman berwarna coklat dan berair.

Untuk mengatasi infeksi cendawan ini diantaranya yaitu dengan mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

4.   Keriting Daun Tomat

Keriting daun tomat disebabkan akibat stress lingkungan. Kadar nitrogen dan tingkat kelembaban yang tinggi merupakan penyebab utama dari deformasi daun selain kerusakan akar, pemangkasan berat, kondisi daun, dan panas.

Gejala yang terlihat dari serangan penyakit ini diantaranya seperti daun terlihat menggulung ke dalam dan ke atas, dan daun terlihat kerdil, pucat dengan tepian berwarna kuning atau urat keunguan di sisi bawah.

Untuk mengatasi penyakit ini, cara yang bisa dialkukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, menjaga tingkat kelembaban tanah, menghindari penggunakan pupuk secara berlebihan, serta mempertahankan suhu di bawah 35° C

·         Pemanenan

Buah tomat Mutiara F1 bisa dipanen setelah berumur ± 70 hari setelah tanam dengan potensi hasil panen ± 70 ton per ha.

Lakukan proses pemanenan selama – kali. Disarankan agar proses pemetikannya dilakukan pada pagi atau sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu terik.

Baca Juga : Distributor Produk Pertanian Indonesia Fungsi Dan Tugas

Jual tomat Mutiara F1 harga murah bisa dibeli dan didapatkan di toko Pertanian Indonesia. Beli produk benih tomat Mutiara F1 Known You Seed menjadi praktis dan mudah dilakukan.

Dapatkan segera benih tomat Mutiara F1 dengan harga murah dan diskon hanya di toko online Pertanian Indonesia.

Toko online Pertanian Indonesia juga jual berbagai produk pertanian lengkap seperti pestisida, benih tanaman, alat pertanian dan spare part, pupuk, zpt, dll. Dapatkan semua produk pertanian terlengkap di Pertanian Indonesia.

Jika Anda tertarik membeli benih tomat Mutiara F1 atau produk pertanian lain yang kami jual bisa langsung menghubungi Pertanian Indonesia melalui no. telepon 0812 5227 1859 (WA/SMS).

Jual Tomat Idaman Tavi F1 Murah Kualitas Terbaik Di Pertanian Indonesia
Benih tomat Idaman Tavi F1 produk Diamond Seed terbaru sudah launching di petani. Pertanian Indonesia SMS / WA : 0812 5227 1859, jual benih tomat Idam...
Terong Ungu Menguntungkan Petani dan Banyak Manfaat
Jual benih terong ungu dan terong hijau kualitas terbaik harga murah hanya di Pertanian Indonesia, hubungi di : 0812 5227 1859 (SMS/WA)...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka