Jual Melon Leoni MH F1 Murah Kualitas Terbaik Pertanian Indonesia. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia adalah toko pertanian online yang menyediakan dan jual produk tani terlengkap, berkualitas, dan terpercaya di Indonesia.

Pertanian Indonesia jual produk pertanian lengkap seperti pupuk, pestisida, benih, alat pertanian dan spare part, zpt, dll. Semua produk yang kami jual dijamin memiliki kualitas terbaik dan original.

Melon Dan Sejarahnya

Melon merupakan tanaman buah yang termasuk ke dalam suku Cucurbitaceae. Buahnya memiliki rasa manis dan sangat cocok dan pas untuk dikonsumsi dalam kondisi segar saat cuaca panas dan terik.

Buahnya bisa ditemui dengan mudah di pasar, toko / kios buah, bahkan pinggir jalan sekalipun. Hal tersebut karena buah ini sangat disukai dan terjangkau untuk semua kalangan.

Tanaman melon merupakan salah satu dari banyak tanaman yang dibudidayakan di Indonesia. Tanaman ini adalah tanaman buah semusim dan berasal dari lembah Persia, Mediterania.

Di abad ke 14 Christopher Columbus membawa tanaman ini ke Benua Amerika, dan mulai banyak berkembang di daerah Texas, Colorado, dan California. Bangsa lain yang turut membuat penyebaran tanaman melon adalah bangsa Moor. Tanaman ini lalu mulai menyebar ke seluruh dunia.

Di tahun 1970 - an buah melon mulai memasuki Indonesia dan dibudidayakan. Di waktu itu, harga buah satu ini cukup mahal dan hanya bisa dijangkau oleh kalangan atas saja. Namun kini untungnya sudah bisa dijangkau semua kalangan karena harga melon sangat ramah untuk semua kalangan.

Daerah – daerah dataran tinggi seperti Kalianda (Lampung) dan Cisarua (Bogor) merupakan daerah pertama yang melakukan budidaya melon. Daerah – daerah lain seperti Boyolali, Madiun, Klaten, dan Ngawi mulai mengikuti dan kini dikenal sebagai sentra penghasil melon berkualitas di Indonesia.

Puncak perkembangan tanaman melon terjadi pada tahun 1990 – an. Banyak sekali petani dan pekebun waktu itu menanam tanaman satu ini di berbagai jenis lahan tanam. Meskipun sempat mengalami kendala, dengan bantuan ahli dari Taiwan kendala dalam budidaya tersebut bisa diatasi dan mulai mendominasi sentra tanaman di Indonesia hingga sekarang.

Manfaat Melon Untuk Kesehatan

Manfaat buah melon sangat banyak sekali untuk tubuh kita. Mengkonsumsi buah ini dalam jumlah cukup dijamin pasti akan menyehatkan tubuh kita. Beberapa manfaat yang bisa kita rasakan diantaranya seperti :

·         Menjaga kesehatan tulang

Buah melon kaya dengan kandungan magnesium, vitamin K, dan folat. Kombinasi nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan tulang dan menghindarkan resiko pengeroposan tulang

·         Menjaga kadar gula darah

Khasiat buah melon selanjutnya yaitu mampu menjaga kadar gula dalam darah. Kandungan seratnya mampu menormalkan kadar gula darah dalam jangka panjang, sehingga sangat baik untuk tubuh kita

·         Melancarkan sistem pencernaan

Serat dalam buah ini mampu membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar, serta merangsang pertumbuhan bakteri baik.

·         Menjaga kesehatan kulit

Buah melon kaya dengan kandungan vitamin C. Vitamin C ini mampu merangsang produksi kolagen dan menyehatkan kulit kita

·         Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah melon mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit

Baca Juga : Terong Ungu Menguntungkan Petani Dan Banyak Manfaat

Melon Leoni MH F1

Melon Leoni MH F1 adalah benih melon hibrida antivirus produk dari PT Benih Citra Asia (BCA). Produk ini memiliki berbagai keunggulan, maka tak mengherankan jika produk berkualitas dari Benih Citra Asia ini banyak dicari oleh petani.

Karakteristik dan keunggulan dari Leoni MH F1 yaitu :

·         Cocok ditanam di daerah dataran rendah pada musim kemarau atau musim hujan sekalipun

·         Tersedia dalam harga murah dan siap kirim ke seluruh Indonesia

·         Tahan terhadap Virus Gemini dan penyakit kresek (Downy mildew)

·         Jual Melon Leoni MH F1 Murah bisa dibeli di toko Pertanian Indonesia

·         Potensi hasil panennya bisa mencapai ± 45 ton per ha

·         Buah melon Leoni MH F1 bisa dipanen setelah berumur 60 – 64 hari setelah pindah tanam

·     Buahnya memiliki bentuk bulat, net tebal, rapat dan mudah terbentuk serta memiliki kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan daging buah berwarna hijau keputihan

·        Memiliki berat buah sekitar 2,5 – 3 kg, serta rasa yang manis dengan kadar gula mencapai 13 % (Brix)

·      Jual Melon Hibrida Leoni MH F1 Murah cocok untuk dibudidayakan oleh petani hortikultura sebagai peluang usaha menguntungkan

·         Tersedia dalam kemasan sachet dengan ukuran 15 gram

·         Kebutuhan benih melon Leoni MH F1 per ha yaitu sebanyak ± 500 – 550 gram

·         Benih Leoni MH F1 cocok ditanam untuk petani pemula karena sangat mudah untuk ditanam dan dibudidayakan

Cara Menanam Melon Leoni MH F1

Cara menanam melon Leoni MH F1 harus dilakukan secara baik dan benar. Tanam melon hibrida Leoni secara baik dan benar nantinya bisa menghasilkan buah dengan kualitas terbaik.

Cara menanam melon Leoni MH F1 secara baik dan benar yaitu :

·         Persemaian Benih

Siapkan media semai terlebih dahuluMedia semai yang digunakan bisa berupa tray semai. Siapkan juga pupuk kandang kering dan tanah yang kaya dengan kandungan humus.

Campurkan pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 3. Campurkan sampai merata, lalu masukkan ke dalam tray semai tetapi jangan sampai terlalu penuh.

Lalu taburkan benih, lalu tutupi dengan tanah tipis. Sirami dengan air agar mempercepat proses perkecambahan. Dalam waktu 2 minggu, kecambah akan muncul semenjak benih disemai.

·         Pengolahan Tanah

Lakukan pengolahan lahan tanam terlebih dahulu agar tanah menjadi lebih gembur dan memperbaiki struktur tanah. Bersihkan lahan tanam dari gulma dan rumput liar.

Setelah bersih, cangkul atau bajak tanah menggunakan traktor. Tambahkan pupuk dasar berupa pupuk kandang / pupuk kompos dengan perbandingan 3 : 1.

Jika pH tanah terlalu rendah atau terlalu tinggi, lakukan proses pengapuran terlebih dahulu untuk menormalkan pH tanah. Berikan dolomite atau kapur pertanian, lalu diamkan selama 1 – 2 minggu.

Selanjutnya, buat bedengan dengan ukuran panjang disesuaikan dengan kondisi lahan tanam, tinggi ± 50 cm, dan lebar ± 130 cm. Buat juga saluran drainase pada bedengan dengan jarak ± 40 cm, kemudian buat lubang tanam pada bedengan dan berikan jarak antar lubang ± 30 – 40 cm.

Lalu tutupi bedengan dengan menggunakan mulsa plastik dan biarkan lagi selama jangka waktu 1 – 2 minggu.

·         Penanaman Bibit

Proses penanaman bibit bisa dilakukan setelah bibit berumur 10 – 14 hari setelah benih disemai. Tanam bibit ke lahan tanam. Untuk 1 lubang tanam dimasukkan 1 bibit melon.

Masukkan secara hari – hati, lalu tutupi kembali dengan tanah di sekitarnya. Setelah itu sirami agar tidak mengalami layu.

Proses penanaman ini dianjurkan dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

Baca Juga : Trend Produk Cara Dan Formula Bisnis Pertanian Indonesia

·         Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman merupakan salah satu bentuk / wujud dari cara budidaya secara baik dan benar. Dengan melakukan pemeliharaan tanaman, maka tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Proses – proses pemeliharaan tanaman diantaranya yaitu :

1.   Pemasangan Ajir

Pemasangan ajir diperlukan sebagai penopang tanaman dan tempat merambat dalam pertumbuhan tanaman agar merambat ke atas dan mendapatkan sinar matahari secara penuh.

Pemasangan ajir bisa dilakukan setelah bibit berumur 3 hari setelah tanam. Pemasangan ajir saat bibit masih berumur muda bertujuan agar tidak melukai bagian akar.

Ajir yang digunakan terbuat dari bambu / kayu dengan ukuran panjang ± 1,5 meter dan dipasang mengarah ke dalam bedengan.

Pasang juga di samping lubang tanam dengan cara yang sama hingga saling menyilang, lalu berikan bilah bambu panjang di bagian atasnya dan ikatkan dengan menggunakan tali raffia.

2.   Pemupukan Susulan

Proses pemupukan susulan bisa dilakukan setelah pohon melon sudah berumur 1 minggu. Pupuk yang digunakan dianjurkan menggunakan pupuk cair. Jika menggunakan pupuk kimia lain, proses pemupukan bisa dilakukan hingga sebanyak 6 kali.

3.   Penyiraman

Sirami bibit tanaman yang sudah berumur 1 minggu setiap pagi dan sore hari. Setelah berumur lebih dari 1 minggu, penyiraman bisa dilakukan tiap 2 hari sekali.

·         Pengendalian Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit selalu menjadi ancaman utama dalam budidaya tanaman. Hama dan penyakit harus segera ditangani agar tidak menyebabkan kerusakan dan kerugian untuk tanaman.

Beberapa hama dan penyakit yang bisa menjadi ancaman diantaranya seperti :

1.   Penyakit bulai pada labu - labuan

Penyakit bulai disebabkan oleh infeksi Pseudoperonospora cubensis. Cendawan ini sangat merusak tanaman yang diserangnya. Tempat teduh yang basah, lembab, dingin dengan suhu sekitar ± 15 - 23° C merupakan kesukaan jamur satu ini untuk berkembang dalam jumlah banyak.

Penularan atau penyebaran sporanya bisa melalui media seperti percikan air hujan, angin, ataupun aliran udara. Begitu sudah menghinggapi tanaman, spora akan berkecambah dan menghasilkan struktur yang memasuki pori – pori alami pada bagian bawah daun.

Jamur pun lama – lama akan mulai menyebar dan tumbuh besar hingga mampu melebihi jaringan internal dan membentuk bulai pada bagian luar. Cendawan Pseudoperonospora cubensis pun akan menyebar lebih jauh ke berbagai bagian tanaman.

Gejala penyakit bulai diantaranya yaitu terdapat bercak berwarna kuning, lalu pada bagian bawah daun terdapat luka berair tepat di bawah bercak berwarna kuning tersebut, dan tanaman menjadi kerdil.

Untuk mengatasi penyakit bulai, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu melakukan rotasi tanaman, mengambil dan memusnahkan tanaman yang terserang, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

2.   Lalat melon (Zeugodacus cucurbitae)

Lalat melon (Zeugodacus cucurbitae) merupakan jenis lalat yang banyak menyerang tanaman melon. Lalat betina Z cucurbitae ketika bertelur bisa menembus kulit buah. Lalat betina membuat terowongan untuk larva di dalam buah. Setelah bertelur, lalat betina menempatkan telurnya secara berkelompok di bagian bawah kulit buah muda.

Setelah beberapa hari, larva / belatung akan menetas. Belatung memiliki panjang ± 10 – 12 mm ketika tumbuh dewasa, lalu mulai menyebabkan kerusakan dengan memakan daging buah.

Setelah itu, larva / belatung akan mulai memasuki tahap kepompong. Fase kepompong berlangsung selama ± 10 hari. Setelah itu, mereka berubah menjadi lalat dewasa.

Gejala serangan tanaman yang terserang lalat melon yaitu terdapat bercak kecil berwarna hitam pada kulit buah, dan buah terlihat membusuk.

Untuk mengendalikan hama ini, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memanfaatkan predator alami, memasang perangkap lalat, menjaga kebersihan lahan tanam, dan melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

3.   Kutu Putih (Pseudococcidae)

Kutu Putih (Pseudococcidae) merupakan serangga kecil berbentuk oval dan tanpa sayap. Serangga satu ini banyak dijumpai di daerah dengan iklim hangat atau sedang.

Bagian tubuhnya dilindungi oleh lapisan lilin tepung tipis berwarna putih, sehingga membuat penampilannya terlihat seperti kapas.

Kutu putih bertelur di tanah, lalu telurnya akan menetas dan akan merayap ke tanaman di dekatnya. Cuaca kering dan suhu yang hangat akan semakin mendukung perkembangan kutu putih, sehingga tidak mengherankan jika pada musim kemarau serangannya akan menjadi lebih parah jika tidak diatasi.

Gejala serangan hama kutu putih pada tanaman yaitu daun muda menguning dan mengeriting, tanaman menjadi kerdil, dan buah menjadi rontok.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kutu putih diantaranya seperti memanfaatkan predator alami, membasmi dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan penyiangan gulma, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

·         Proses pemanenan

Proses panen bisa dilakukan setelah melon Leoni MH F1 berumur sekitar ± 60 – 64 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen mencapai ± 45 ton per ha.

Cara panennya yaitu dengan memotong bagian tangkainya menggunakan gunting atau pisau tajam, sisakan tangkai sepanjang 2 cm agar masa simpan buah menjadi lebih lama. Lakukan secara bertahap dengan mendahulukan buah yang siap panen untuk dipetik

Baca Juga : Startup Pertanian Indonesia Penting Bagi Petani


Tanaman melon hibrida Leoni MH F1 sekarang bisa dibeli dan didapatkan dengan harga murah di toko Pertanian Indonesia. Toko Pertanian Indonesia jual melon Leoni MH F1 murah dan bisa Anda beli untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda tertarik beli benih melon Leoni MH F1 produk Bintang Citra Asia Anda bisa langsung order di halaman web Pertanian Indonesia. Klik produknya, masukkan ke keranjang, pilih ekspedisi, masukkan alamat tujuan, bayar produknya, dan Anda tinggal tunggu di rumah saja. Sangat praktis sekali, bukan ??

Demikian artikel berjudul Jual Melon Leoni MH F1 Murah Kualitas Terbaik Pertanian Indonesia ini saya tulis dan sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda semua. Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas langsung hubungi Pertanian Indonesia melalui fitur chat yang tersedia. Terima kasih.

Jual Sawi Pak Choy White Murah Dan Terlengkap Di Pertanian Indonesia
Jual Sawi Pak Choy White Murah Dan Terlengkap Di Pertanian Indonesia. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia.Pertanian Indonesia jual benih sawi Pak ...
Jual Mahameru F1 Benih Cabe Rawit Harga Murah
Jual Mahameru F1 Benih Cabe Rawit Harga Murah. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia.Pertanian Indonesia jual benih cabe rawit Mahameru F1 harga mur...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka