Jual Tomat Idaman Tavi F1 Murah Kualitas Terbaik Di Pertanian Indonesia. WA/SMS 0812 5227 1859 Pertanian IndonesiaPertanian Indonesia adalah toko pertanian online yang jual dan menyediakan dan jual berbagai kebutuhan pertanian stok terlengkap dan harga murah.

Tomat merupakan tanaman yang berasal dari keluarga terong – terongan (Solanaceae). Tanaman ini diperkirakan berasal dari Amerika Selatan dan Tengah (Peru sampai Meksiko).

Nama latin tomat yaitu Solanum lycopersicum. Bagi masyarakat sendiri, ada yang menganggap tanaman ini masuk ke dalam golongan buah dan ada juga yang menganggap masuk ke dalam golongan sayur.

Namun, entah tomat buah atau sayur tanaman ini sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Buah tomat pun sering dimanfaatkan dalam kehidupan kita sehari – hari.

Entah dikonsumsi secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi produk olahan, seperti jus tomat, sop, salad, kue, saus, dan tomat goreng.

Manfaat Tomat

Seperti yang telah disebutkan diatas, tanaman ini mengandung berbagai manfaat untuk tubuh kita jika dikonsumsiManfaat buah tomat tersebut tentu nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya yaitu :

·         Menurunkan berat badan

Khasiat buah tomat untuk tubuh kita salah satunya yaitu mampu menurunkan berat badan. Jumlah lemak, karbohidrat, dan kalori dalam jumlah rendah cocok sekali dikonsumsi oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan.

·         Menjaga kesehatan kulit

Khasiat tomat selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dan zat likopen mampu mencegah kerusakan kulit, menjaga kesehatan kulit serta melindungi diri dari paparan sinar Ultra Violet (UV).

·         Menjaga kesehatan mata

Tomat mengandung vitamin A dan antioksidan dimana mampu menjaga kesehatan mata dari berbagai penyakit mata.

·         Menurunkan tekanan darah tinggi

Tomat kaya akan kandungan kalium. Kandungan kalium tersebut bermanfaat bagi tubuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tomat Idaman Tavi F1

Idaman Tavi F1 adalah benih tomat sayur varietas unggul Diamond Seed. Tomat Idaman Tavi F1 Cap Kujang merupakan hasil produksi dari Diamond Seed Indonesia.

Idaman Tavi F1 memiliki berbagai karakteristik dan keunggulan daripada benih tomat hibrida lain di kelasnya. Karakteristik dan keunggulan yang dimiliki benih Idaman Tavi F1 yaitu :

·       Cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran menengah

·      Jual Tomat Idaman Tavi F1 murah bisa didapatkan secara online dan praktis melalui Pertanian Indonesia

·     Idaman Tavi F1 merupakan tipe determinate dan memiliki vigor tanaman kokoh, percabangan banyak, produktif serta memiliki aplikasi antivirus di dalamnya sehingga disukai petani

·       Pembentukan buah tomat Idaman Tavi tetap mudah dilakukan meskipun dalam cuaca kurang baik

·       Buah tomat Idaman Tavi memiliki daging buah dengan tekstur padat dan keras

·       Jual Tomat Idaman Tavi F1 murah bisa dibeli dan didapatkan di toko Pertanian Indonesia

·    Aplikasi anti virus pada benih Idaman Tavi F1 membuat benih ini tahan terhadap serangan penyakit layu fusarium dan layu bakteri serta tahan Gemini virus

·  Cara menanam tomat Idaman Tavi F1 harus dilakukan secara baik dan benar agar menghasilkan buah berkualitas

·       Buah tomat Idaman Tavi F1 mengandung berbagai nutrisi yang bagus untuk tubuh, sehingga permintaan buah tomat hibrida Idaman Tavi antivirus terbaik di pasar semakin meningkat

·     Bisa dipanen setelah tanaman tomat Idaman Tavi berumur sekitar ± 65 hari setelah pindah tanam

·     Potensi hasil panen yang didapatkan dari budidaya tomat Idaman Tavi F1 yaitu sebanyak ± 65 ton per ha

·    Buahnya memiliki bentuk bulat dengan berat buah ± 90 gram dengan warna pundak hijau keputihan

·       Jual Tomat Idaman Tavi F1 murah bisa dijadikan sebagai peluang usaha budidaya tomat

·     Kebutuhan benih Idaman Tavi per ha adalah sebanyak 90 gram dengan diberikan jarak tanam ± 60 cm x 60 cm

·       Tersedia dalam kemasan sachet 5 gram

Baca Juga : Inspirasi Usaha Kecil Menengah Lagi Trend Untuk Petani Di Desa

Budidaya Tomat Idaman Tavi F1

Budidaya tomat Idaman Tavi F1 anti virus terbaik bisa menjadi peluang bisnis menguntungkan, asalkan dilakukan serta benar dan efektif. Beberapa proses / tahapan dari budidaya tomat Idaman Tavi F1 yaitu :

·         Persemaian Benih

Untuk melakukan penyemaian benih, hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu rendam benih terlebih dahulu dalam larutan fungisida. Hal tersebut bertujuan agar mematikan mikroorganisme yang mampu menimbulkan penyakit.

Setelah itu, siapkan media semai. Buat bedengan pada lahan tanam. Buat dengan ukuran 1 meter x 2 meter. Berikan pupuk kandang pada bedengan dengan dosis sebanyak ± 4 kg.

Buat juga naungan di atas bedengan semai berupa para - para. Atap para – para bisa menggunakan jerami atau daun lainnya. Lalu diamkan selama ± 1 minggu.

Taburkan benih di atas bedengan secara merata. Tutupi benih dengan tanah tipis, lalu sirami agar menjaga tingkat kelembabannya.

·         Pengolahan Lahan Tanam

Tingkat keasaman tanah yang cocok untuk budidaya tomat yaitu berkisar antara ± 5,5 – 7 pH. Jika pH tanah terlalu asam (dibawah pH 5,5), berikan kapur pertanian atau dolomit. Pemberian dolomite atau kapur pertanian tersebut bertujuan agar pH tanah sesuai untuk budidaya tomat dan struktur tanah menjadi lebih baik.

Aplikasi pemberian dolomite atau kapur pertanian tersebut harus dilakukan sesuai dengan dosis agar tidak menimbulkan efek negatif pada lahan tanam.

Setelah itu, lakukan pengolahan lahan tanam. Pengolahan lahan tanam tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan traktor atau menggunakan cangkul.

Kemudian bentuk bedengan pada lahan tanam. Bentuk bedengan dengan ukuran panjang disesuaikan dengan kontur lahan tanam, lebar ± 1 meter, dan tinggi bedengan ± 30 cm. Berikan jarak tanam antar bedengan sekitar ± 30 – 40 cm, lalu biarkan selama ± 1 minggu.

Setelah 1 minggu, berikan pupuk dasar pada bedengan. Berikan pupuk dasar pada bedengan. Pupuk dasar yang diberikan diantaranya yaitu 4 kg KCl + 7,5 kg TSP + 4 kg ZA/Urea per 1000 m² di atas bedengan. Aduk dan ratakan campuran pupuk tersebut dengan tanah.

Tutupi bedengan dengan menggunakan mulsa plastik. Penutupan bedengan dengan menggunakan mulsa plastik ini bertujuan agar tingkat kelembaban tanah terjaga, mengendalikan populasi gulma, serta menjaga kondisi buah dalam kondisi bersih. Setelah itu, diamkan kembali selama ± 1 minggu.

·         Penanaman Bibit

Buat lubang tanam terlebih dahulu. Lubang tanam dibuat dengan diameter ± 5 - 7 cm dan kedalaman ± 5 - 7 cm. Tiap bedengan dibuat lubang tanam dengan 2 lajur, dan diberikan jarak antar lajur sekitar ± 70 – 80 cm dan jarak antar lubang tanam ± 40- 50 cm.

Setelah lubang tanam pada bedengan selesai dibuat, masukkan bibit ke dalam lubang tanam. Masukkan bibit secara hati – hati ke dalam lubang tanam, lalu tutupi dengan tanah dan ratakan. Sirami dengan air agar tingkat kelembabannya tetap terjaga.

Baca Juga : Dropship Peluang Usaha Produk Pertanian

·         Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan dan perawatan tanaman tomat Idaman Tavi harus dilakukan secara intensif namun tetap cara yang baik dan benar.

Beberapa proses pemeliharaannya diantaranya yaitu :

1.   Penyulaman bibit

Jika terdapat bibit yang tidak tumbuh dengan baik, maka lakukan penyulaman bibit. Penyulaman bisa dilakukan saat bibit sudah berumur 1 minggu. Cabut bibit yang berkualitas kurang baik dengan bibit berkualitas baik.

2.   Penyiangan gulma

Proses penyiangan gulma bisa biasanya dilakukan sebanyak 3 – 4 kali dalam sekali masa tanam. Proses penyiangan gulma bertujuan agar gulma tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

3.   Perempelan

Lakukan proses perempelan dengan menggunakan gunting atau pisau. Proses perempelan ini bermanfaat agar mencegah serangan hama dan penyakit serta mengatur kelembaban.

4.   Pemupukan susulan

Jangan lupa berikan pemupukan susulan untuk tanaman agar menghasilkan buah dalam jumlah banyak dan tumbuh dengan subur. Pupuk yang digunakan dalam proses pemupukan ini yaitu pupuk NPK dengan cara ditugal pada tanaman dan diberikan sebanyak 2 – 3 kali selama pertumbuhannya.

5.   Penyiraman / Pengairan

Lakukan proses penyiraman / pengairan secara teratur pada tanaman. Tanaman tomat membutuhkan air dengan jumlah cukup agar pertumbuhan dan perkembangannya tetap terjaga.

Pada musim kemarau, lakukan penyiraman lebih sering agar tidak terjadi kekeringan. Sementara pada musim hujan, tidak perlu dilakukan proses penyiraman karena sudah mendapatkan air dari hujan yang turun.

6.   Pemasangan ajir

Buat ajir dari bambu dengan panjang berukuran ± 1,5 – 2 meter. Tancapkan ajir dan berikan jarak dari tanaman sekitar ± 1,5 – 2 meter. Ikatkan 1 ajir dengan ajir lainnya agar memperkokoh posisi ajir.

Proses pemasangan ajir sebaiknya dilakukan pada saat tanaman masih muda. Hal tersebut bertujuan agar bagian akarnya tidak mengalami luka akibat penancapan ajir.

Saat tanaman sudah setinggi ± 10 – 15 cm, pemasangan ajir sudah bisa dilakukan. Ikatkan pada tanaman dengan menggunakan tali plastik.

Jangan mengikat terlalu kuat agar tidak menghambat proses pembesaran batangnya. Setiap tinggi tanaman bertambah 20 cm, ikatkan batang tomat lagi pada ajir.


Pengendalian Hama Dan Penyakit

Pengendalian hama dan penyakit harus selalu dilakukan agar tanaman terhindar dari ancaman hama dan penyakit. Hama dan penyakit yang bisa menjadi ancaman dalam budidaya tomat yaitu :

1.   Ulat Kastor

Ulat kastor (Ophiusa melicerta) dewasa berukuran sekitar ± 60 mm dengan warna tubuh bervariasi dan kepala berwarna hitam.

Masa hidup larvanya rata – rata berlangsung selama ± 15 – 19 hari dengan total perkembangannya sekitar ± 33 – 41 hari.

Gejala serangan ulat kastor diantaranya seperti tanaman menjadi gundul, dan terjadi kerusakan di bagian sekitar kerangka daun.

Untuk mengatasi serangan ulat kastor, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memanfaatkan predator alami ulat kastor, menjaga kebersihan lahan tanam, mengambil dan memusnahkan hama ulat kastor, dan melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

2.   Kutu Putih

Kutu putih (Pseudococcidae) merupakan serangga berbentuk oval tanpa sayap dan banyak ditemukan di daerah beriklim hangat atau sedang.

Serangga ini tubuhnya dilindungi oleh semacam lapisan lilin tepung tipis. Lapisan lilin tepung tipis tersebut membuat tubuh mereka terlihat seperti kapas.

Gejala serangan hama kutu putih diantaranya yaitu terdapat kawanan serangga pada bagian bawah daun, batang, bunga, dan buah. Serangga kutu putih ini akan aktif menyerang dan menyebabkan daun muda menjadi menguning dan mengeriting.

Untuk mengatasi serangan hama kutu putih, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu melakukan penyiangan gulma, melakukan rotasi tanaman, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

3.   Kumbang Daun

Kumbang daun (Chrysomelidae) merupakan salah satu hama serangga . Kutu dewasa rata – rata berukuran sekitar ± 4 mm dengan warna tubuh gelap dan terkadang memiliki sisi mengkilap.

Tubuhnya lonjong dan memiliki kaki berukuran besar untuk melompat. Larvanya hidup di tanah dan memakan akar atau umbi sedangkan pada kumbang daun dewasa memakan tanaman muda.

Hama ini biasanya beristirahat di bawah tanah, sisa- sisa tanaman, atau gulma pada lahan. Hama kumbang daun lebih menyukai daerah dengan kondisi hangat dan kering.

Gejala  serangan kumbang daun yaitu terdapat lubang kecil seperti bekas tembakan berukuran 1 – 2 mm, dan pada jaringan daun yang rusak menjadi berwarna kuning.

Untuk mengatasi serangan hama kumbang daun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan penyiraman secara teratur, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

4.   Penyakit busuk batang tomat

Penyakit busuk batang tomat disebabkan oleh infeksi jamur Didymella lycopersici. Cendawan ini bisa bertahan hidup di sisa – sisa tanaman dan tanah yang terinfeksi.

Spora cendawan ini bisa menular melalui media seperti angin dan percikan air hujan. Spora tersebut pun akan ditularkan melalui benih yang telah terinfeksi.

Tingkat kelembaban tinggi ditambah curah hujan yang juga tinggi akan lebih mempercepat perkembangan penyakit ini.

Gejala serangan penyakit ini diantaranya yaitu terdapat bercak – bercak cekung berwarna gelap pada batang, lalu tanaman menjadi layu dan kering.

Untuk mengatasinya, caranya bisa dengan menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

·         Pemanenan

Proses pemanenan tomat Idaman Tavi F1 bisa dilakukan saat sudah berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen ± 65 ton per ha.

Lakukan proses pemanenan pada pagi dan sore hari saat cuaca cerah. Jika buah dipanen pada siang hari maka buah yang dipanen tidak akah tahan simpan.

Cara panennya yaitu dengan dipetik secara manual atau bisa menggunakan cutter atau gunting. Lakukan secara hati – hati hingga terputus dari tangkai buah.

Masukkan buah yang sudah dipetik ke dalam keranjang. Setelah itu simpan buah ke tempat teduh agar lebih tahan lama dan tahan simpan.

Baca Juga : Toko Pertanian Terdekat Online Petani Mudah Di Akses Google

Jual Tomat Idaman Tavi F1 murah bisa dibeli dan didapatkan di Pertanian Indonesia. Beli benih tomat Idaman Tavi F1 jadi lebih praktis dan mudah serta bisa didapatkan dengan harga murah.

Dapatkan segera benih tomat Idaman Tavi F1 dengan harga murah, promo dan diskon di toko online Pertanian Indonesia.

Toko online Pertanian Indonesia juga jual berbagai produk pertanian lain dengan stok lengkap seperti zpt, benih tanaman, pestisida, pupuk, alat pertanian dan spare part, dll. Dapatkan semua kebutuhan pertanian Anda sekarang juga di Pertanian Indonesia.

Jika Anda tertarik membeli benih tomat Idaman Tavi F1 atau produk pertanian lain dengan harga murah yang kami jual bisa langsung menghubungi Pertanian Indonesia melalui no. telepon 0812 5227 1859 (WA/SMS).

Demikian artikel tentang berjudul Jual Tomat Idaman Tavi F1 Murah di Pertanian Indonesia ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bisa menambah informasi dan pengetahuan Anda semua. Terima kasih.

Buah Tomat, Buah Merah Banyak Manfaat Sumber Keuntungan Petani
Jual benih tomat terbaru berkualitas stok lengkap harga murah untuk petani hanya di Pertanian Indonesia, hubungi di : 0812 - 5227 - 1859 Sms / Wa...
Jual Tomat Mutiara F1 Known You Seed Murah Berkualitas
Jual Tomat Mutiara F1 Known You Seed Murah Berkualitas. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia jual benih tomat hibrida Mutiara ...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka