Menanam Semangka Jadi Usaha Menguntungkan Di Masa Pandemi. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia adalah toko pertanian online yang menyediakan kebutuhan pertanian dengan harga murah dan berkualitas.

Menanam semangka di masa pandemi cocok dilakukan oleh masyarakat untuk menambah penghasilan. Dengan banyaknya masalah yang dihadapi banyak orang di masa pandemi, menanam semangka bisa jadi solusi menguntungkan dalam menambah pundi - pundi penghasilan.

Semangka

Semangka. Siapa yang tidak kenal dengan buah dengan rasa manis ini ?? Buah ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup alias pencuci mulut. Tidak heran jika buah satu ini sangat populer dan digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang tua.

Harganya yang murah membuat buah semangka sangat terjangkau untuk semua kalangan. Mengkonsumsi buah ini pun dalam jumlah cukup akan sangat membantu kondisi tubuh menjadi tetap sehat.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Tidak mengherankan jika kita sangat dianjurkan mengkonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat buah semangka lainnya diantaranya yaitu :

1.   Meningkatkan produksi sperma pria

Kandungan asam folat dan vitamin B12 sangat bermanfaat bagi tumbuh dalam memperbaiki dan meningkatkan jumlah sperma, sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh para pria untuk meningkatkan vitalitasnya.

2.   Mengatasi nyeri otot

Berdasarkan riset yang dilakukan di tahun 2013 oleh Journal of Agriculture and Food Chemistry, mengkonsumsi buah semangka mampu mengurangi nyeri otot.

Karena itu, jika Anda sedang merasakan nyeri otot, konsumsi saja buah ini untuk meredakan rasa nyeri yang Anda rasakan.

3.   Menjaga kesehatan prostat

Kandungan likopen dalam buah semangka mampu mengurangi kerusakan jaringan pada prostat, sehingga kesehatan prostat tetap terjaga.

4.   Menjaga kesehatan jantung

Manfaat semangka selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat likopen dalam buah ini mampu untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan melindungi sel dari kerusakan.

5.   Menurunkan resiko terserang kanker

Kandungan likopen dalam buah semangka mampu mengurangi proliferasi dari sel kanker, sehingga menurunkan resiko terserang penyakit kanker. Ditambah dengan kandungan antioksidan yang juga mampu mengurangi resiko terserang penyakit kanker.

Baca Juga : Tanaman Kacang Panjang Serta Cara Menanamnya Dengan Baik Dan Benar

Benih Semangka Unggul Anti Virus


Produk – produk benih semangka unggul menjadi sebuah keharusan agar pohon semangka yang ditanam memiliki kualitas terbaik. Pertanian Indonesia memiliki beberapa rekomendasi benih semangka unggul untuk Anda. Beberapa diantaranya seperti :

·         Pluto F1

Pluto F1 merupakan benih semangka unggul produk dari Bisi (Cap Kapal Terbang). Benih ini direkomendasikan di daerah dataran rendah pada musim kemarau.

Buahnya memiliki berat ± 12 kg dan memiliki rasa manis. Proses pemanenannya bisa dilakukan setelah tanaman berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen sekitar ± 35 ton per ha.

·         Amara F1

Amara F1 merupakan benih semangka unggul produk dari East West Seed Indonesia (Panah Merah). Benih ini direkomendasikan di daerah dataran rendah.

Buahnya memiliki berat ± 10 – 14 kg dan memiliki rasa manis. Proses pemanenannya bisa dilakukan setelah tanaman berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen sekitar ± 38 ton per ha.

·         Prime F1

Prime F1 merupakan benih semangka unggul produk dari Known You Seed Benih ini direkomendasikan di daerah dataran rendah.

Buahnya memiliki berat ± 12 – 14 kg dan memiliki rasa manis. Proses pemanenannya bisa dilakukan setelah tanaman berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen sekitar ± 45 ton per ha.

·         Aroma F1

Aroma F1 merupakan benih semangka unggul produk dari Aura Seed (Benih Aura). Benih ini direkomendasikan di daerah dataran rendah.

Buahnya memiliki berat ± 8 – 9 kg dan memiliki rasa manis. Proses pemanenannya bisa dilakukan setelah tanaman berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen sekitar ± 45 ton per ha.

·         Valentino F1

Valentino F1 merupakan benih semangka unggul dari Benih Mulia. Benih ini direkomendasikan di daerah dataran rendah.

Buahnya memiliki berat ± 8 – 10 kg dan memiliki rasa manis. Proses pemanenannya bisa dilakukan dengan tanaman berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen ± 35 ton per ha.

·         Danish F1

Danish F1 merupakan benih semangka unggul dari Bintang Asia. Benih ini direkomendasikan di daerah dataran rendah sampai dataran menengah.

Buahnya memiliki berat ± 8 – 10 kg, memiliki rasa manis, dan bisa dibuahkan lebih dari satu per tanaman. Proses pemanenannya bisa dilakukan dengan tanaman berumur ± 62 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen mencapai ± 45 ton per ha.

Baca Juga : Peluang Usaha Baja MC F1 Dan Cara Menanam Cabe Di Musim Hujan

Menanam Semangka Di Masa Pandemi

Menanam semangka di masa seperti sekarang jadi salah satu solusi jitu dan menguntungkan dalam menghadapi masa pandemi. Petani ataupun Anda yang masih pemula tidak perlu khawatir untuk menanam semangka.

Pertanian Indonesia siap memberikan tips dan trik menanam semangka untuk Anda supaya berhasil mengembangkan budidaya tanaman satu ini.

Cara menanam semangka / budidaya semangka secara baik dan benar yaitu :

·         Persemaian benih

Proses persemaian benih dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhan benih. Cara menyemai benih yaitu pertama rendam benih selama 1 jam ke dalam air hangat. Kemudian angkat dan keringkan benih.

Bungkus benih dengan kertas merang. Biarkan benih sampai mulai berkecambah, lalu semai pada polybag dengan media tanam berupa campuran pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 1 : 5.

·         Pengolahan lahan tanam

Lakukan proses pengolahan lahan tanam agar tanah menjadi gembur. Pertama, cangkul / bajak tanah. Setelah itu, buat bedengan pada lahan tanam.

Kemudian taburkan pupuk dasar berupa pupuk kandang dengan dosis ± 10 – 20 ton per ha. Jika pH tanah masih dibawah pH tanah yang sesuai, berikan kapur pertanian / dolomit. Diamkan selama ± 7 – 10 hari.

·         Penanaman

Proses penanaman bisa dilakukan setelah bibit sudah siap untuk dipindahkan ke lahan tanam. Basahi bedengan terlebih dahulu dengan air. Kemudian masukkan bibit ke dalam lubang tanam secara hati – hati. Untuk setiap 1 lubang tanam dimasukkan 1 bibit.

Tutupi lubang tanam dengan menggunakan tanah, lalu ratakan. Berikan jarak antar baris sekitar ± 1,5 – 2 meter. Terakhir, siram kembali dengan air secukupnya agar bibit tetap lembab.

·         Pemeliharaan

Proses pemeliharaan terdiri dari beberapa tahap. Tahap – tahap proses pemeliharaan dalam menanam semangka diantaranya yaitu :

1.   Penyulaman bibit

Proses penyulaman bibit harus segara dilakukan jika terdapat bibit yang tidak tumbuh secara sempurna. Proses penyulaman bibit ini bisa dilakukan setelah bibit berumur sekitar 7 hari setelah pindah tanam.

2.   Pengairan / penyiraman

Lakukan proses penyiraman / pengairan secara rutin. Lakukan tiap 3 hari sekali atau sesuaikan dengan kondisi lahan tanam Anda.

3.   Penyiangan gulma

Lakukan penyiangan gulma secara rutin. Dengan melakukan penyiangan gulma, maka nutrisi yang diberikan akan diserap secara sempurna dan tidak terjadi persaingan dengan gulma.

Baca Juga : Alat Pertanian Sarana Penting Dalam Kegiatan Bercocok Tanam

4.   Pemupukan susulan

Lakukan pemupukan susulan untuk menjaga kebutuhan nutrisi tanaman. Pemupukan susulan pertama diberikan saat bibit berumur 7 hari setelah tanam.

Pemupukan susulan kedua dilakukan 14 hari setelah pemupukan susulan pertama. Pemupukan susulan ketiga dilakukan 14 hari setelah proses pemupukan susulan kedua.

Di fase ini gunakan pupuk NPK dengan dosis sebanyak 2 gram per liter air, pupuk KNO3 merah dengan dosis sebanyak 2 – 5 gram per liter air, pupuk KNO3 putih dengan dosis 2 – 5 gram per liter air, serta pupuk kalsium dengan dosis 2 gram per liter air.

Cara aplikasinya yaitu dengan dikocorkan di sekitar pangkal tanaman dengan jarak sekitar ± 10 – 15 cm dari pangkal tanaman.

·         Pengendalian hama dan penyakit

Penyakit dan hama merupakan ancaman serius dalam menanam semangkaDengan begitu, melakukan pengendalian hama dan penyakit jadi sebuah keharusan.

Beberapa hama dan penyakit yang bisa mengancam diantaranya yaitu :

1.   Kutu kebul

Kutu kebul (Bemisia Tabaci) adalah salah satu hama yang berbahaya bagi berbagai tanaman. Serangan kutu kebul mampu menyebabkan kerusakan yang sangat parah jika tidak segera ditangani.

Selain menyebabkan kerusakan secara langsung, kutu kebul juga bisa menyebabkan kerusakan secara tidak langsung dan menjadi penyebar virus.

Kotoran yang dihasilkan kutu kebul yang akan membantu pertumbuhan embun jelaga dimana mampu menyebabkan proses fotosintesis menjadi terganggu.

Gejala serangan hama kutu kebul diantaranya seperti daun mengalami klorosis, daun menjadi mengecil, dan tanaman menjadi kerdil.

Untuk mengatasi serangan kutu kebul diantaranya yaitu melakukan rotasi tanaman, memanfaatkan predator / musuh alami kutu kebul, menjaga kebersihan lahan tanam, dan melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

2.   Gangsir

Gangsir merupakan sejenis jangkrik dengan ukuran besar. Gangsir hidup di dalam lubang di tanah. Gangsir rata - rata memiliki panjang badan ± 37 – 44 mm.

Ukuran kepalanya besar dan cenderung berbentuk persegi dengan sungut peraba yang cukup panjang. Hewan gangsir ini sangat aktif di malam hari.

Gejala serangan hama gangsir contohnya seperti daun menjadi terkoyak, dan batang tanaman menjadi terpotong.

Untuk mengatasi serangan hama gangsir, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu dengan memanfaatkan predator / musuh alami gangsir, melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

3.   Rebah batang

Penyakit rebah batang disebabkan oleh infeksi Pythium ultimum Trow. Penyakit ini mampu menyebabkan penurunan kualitas benih dan daya kecambah.

Gejala serangan penyakit rebah batang contohnya seperti batang tanaman menjadi berwarna coklat, lalu lama – kelamaan akan rebah dan akhirnya mati.

Untuk mengatasi serangan penyakit rebah batang, cara yang bisa dilakukan diantaranya seperti melakukan rotasi tanaman, membuang tanaman yang telah terserang, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

4.   Layu bakteri

Penyakit layu bakteri disebabkan oleh infeksi bakteri Erwinia tracheiphila. Bakteri ini biasanya menginfeksi tanaman sejak dilakukan pindah tanam. Dan juga bisa menginfeksi tanaman jika terdapat luka yang bisa disebabkan oleh hama, nematoda, siput, ataupun yang lainnya.

Gejala serangan penyakit layu bakteri contohnya seperti tanaman nampak layu pada pagi hari, dan nampak normal kembali pada malam hari, serta pada serangan yang parah seluruh bagian tanaman akan layu dan mengering dengan cepat walaupun warna tanaman tetap hijau.

Untuk mengatasi serangan penyakit layu bakteri, caranya yaitu dengan mencabut dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi, melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi bakterisida sesuai dengan dosis.

·         Pemanenan

Proses pemanenannya buah semangka bisa dilakukan. Hasil panennya pun juga bervariasi tergantung dengan jeni benih semangka yang Anda tanam.

Cara pemanenannya yaitu dengan memotong buah bersamaan dengan tangkainya. Hal tersebut dilakukan agar masa simpan buah menjadi lebih tahan lama.

Baca Juga : Cara Menanam Semangka Pluto F1 Bisi Cap Kapal Terbang Sebagai Peluang Bisnis

Demikian artikel berjudul Menanam Semangka Jadi Usaha Menguntungkan Di Masa Pandemi ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberi dampak positif untuk Anda.

Jika masih terdapat hal – hal yang kurang jelas Anda bisa langsung menghubungi Pertanian Indonesia melalui no. telepon 081252271859 (Layanan WA/SMS). Sekian dan terima kasih.

Mungkin anda juga suka