Tumbuhan Semangka Buah Manis Budidaya Mudah. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia adalah toko tani online terpercaya yang menyediakan dan jual berbagai macam sarana dan prasarana pertanian lengkap termurah.

Tumbuhan semangka menghasilkan buah yang manis dan termasuk mudah untuk ditanam dalam kegiatan budidaya tanaman. Budidaya tumbuhan semangka asalkan dilakukan secara baik dan benar akan terasa mudah dan mampu menghasilkan buah dengan rasa manis serta berkualitas tinggi.

Tumbuhan Semangka

Tumbuhan semangka merupakan tumbuhan merambat dari suku Cucurbitaceae yang berasal dari daerah Afrika. Setelah itu, tanaman semangka berkembang secara pesat ke banyak Negara seperti CinaJepangAfrika Selatan, dan Indonesia.

Buah dari tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita karena mengandung banyak nutrisi didalamnya. Nutrisi – nutrisi yang terkandung dalam buah semangka diantaranya seperti

Manfaat – manfaat bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah semangka contohnya yaitu :

·         Menyembuhkan nyeri otot

·         Menghindarkan tubuh dari dehidrasi

·         Menjaga kesehatan prostat

·         Menyuburkan kandungan

·         Mencegah kanker

·         Menurunkan resiko terserang penyakit jantung

·         Mengatasi penyakit asma

·         Menyehatkan mata

Baca Juga : Jual Mahameru F1 Benih Cabe Rawit Harga Murah

Benih Semangka Unggul

Benih semangka unggul jadi sebuah keharusan untuk menghasilkan buah semangka berkualitas unggul. Di Indonesia sendiri banyak sekali produk benih semangka unggul dari berbagai varietas dan produsen.

Nah jika Anda sedang mencari benih semangka varietas unggul Pertanian Indonesia memiliki beberapa rekomendasi untuk Anda. Produk – produk rekomendasi kami diantaranya yaitu :

·         Black Jack F1

Black Jack F1 merupakan benih semangka unggul berbiji berkulit hitam berkualitas produk dari Known You Seed. Tumbuhan tembikai Black Jack memiliki buah yang besar serta tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri dan layu jamur.

Buah Black Jack bisa dipanen setelah berumur sekitar ± 60 – 65 hari dengan kadar gula 13 % (Brix). Potensi hasil panennya mencapai ± 48 ton per ha.

·         TT Dragon F1

TT Dragon F1 adalah benih semangka berbiji unggulan produk dari Known You Seed. Tumbuhan TT Dragon F1 tahan terhadap serangan penyakit layu bakteri dan layu jamur.

Buah TT Dragon bisa dipanen setelah berumur sekitar ± 60 – 65 hari setelah pindah tanam dengan kadar gula 13 % (Brix).

·         Esteem F1

Esteem F1 adalah benih semangka inul kualitas terbaik produk dari PT Bisi International, Tbk (Cap Kapal Terbang).  Tumbuhan tembikai Esteem F1 tahan terhadap serangan penyakit layu jamur dan layu bakteri.

Buah Esteem bisa dipanen setelah berumur ± 60 hari setelah pindah tanam dengan kadar gula 14% (Brix). Potensi hasil panennya mencapai ± 36 ton per ha.

·         Inden F1

Inden F1 merupakan benih semangka inul berkualitas terbaik produk dari Bintang Citra Asia (BCA). Tembikai Inden F1 tahan terhadap infeksi penyakit layu bakteri dan layu jamur.

Buah Inden memiliki berat sekitar ± 3 – 4 kg dengan kadar gula ± 14 % (Brix). Potensi hasil panennya mampu mencapai sekitar ± 30 ton per ha.

·         Amara F1

Amara F1 adalah benih semangka unggul tanpa biji hibrida produk dari PT East West Seed Indonesia, Tbk (Panah Merah).

Buah semangka Amara memiliki berat sekitar ± 10 – 14 kg dengan rasa manis. Proses pemanenan Amara bisa dilakukan setelah berumur ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen mencapai ± 38 ton per ha.

·         Liberty F1

Liberty F1 benih semangka tanpa biji hibrida unggul produk dari PT Bisi International, Tbk dengan merk dagang Cap Kapal Terbang.

Buah semangka Liberty memiliki berat sekitar ± 8 – 9 kg dengan tekstur krispi dan tahan simpan dengan kadar gula 14% (Brix). Potensi hasil panennya mencapai sekitar ± 35 ton per ha.

·         Prime F1

Prime F1 merupakan benih semangka tanpa biji hibrida unggulan dari Known You Seed. Cocok ditanam pada daerah dataran rendah.

Buahnya memiliki berat ± 12 – 14 kg dengan rasa manis. Proses panen Prime bisa dilakukan setelah tanaman berumur sekitar ± 65 hari setelah pindah tanam dengan potensi hasil panen mencapai ± 45 ton per ha.

Baca Juga : Hai Lux F1 Cabe Terbaru Beli Murah Dan Promo Dimana ?

Budidaya Semangka Dengan Baik Dan Benar

Seperti tanaman pada umumnya, untuk melakukan budidaya tumbuhan semangka harus dilakukan secara baik dan benar. Melakukan budidaya semangka secara baik dan benar akan menghasilkan hasil panen tumbuhan semangka dengan kualitas tinggi.

Tahapan budidaya tumbuhan semangka secara baik dan benar yaitu :

·         Pengolahan Lahan Tanam

Lakukan pengolahan lahan tanam terlebih dahulu. Bersihkan lahan tanam terlebih dahulu dari gulma dan kerikil. Setelah bersih dari gulma dan kerikil, olah lahan tanam dengan cara dicangkul atau dibajak sampai tanah menjadi gembur.

Langkah selanjutnya, buat bedengan pada lahan tanam sebagai media tanam. Buat bedengan berukuran tinggi 40 cm, lebar 2 meter, dan panjang menyesuaikan dengan kondisi lahan tanam.

Berikan jarak sekitar ± 100 – 150 cm, lalu buat lubang tanam pada bedengan dengan ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm. Jangan lupa cek tingkat keasaman tanah.

Jika tingkat keasamannya masih dibawah tingkat keasaman yang sesuai, berikan dolomite untuk menetralkan pH tanah.

Terakhir, berikan pupuk dasar pada bedengan. Gunakan pupuk dasar berupa pupuk kandang, ZA, SP – 36, dan KCL.

Aplikasikan pupuk kandang dengan cara  ditempatkan pada lubang tanam. Berikan dengan dosis ± 1 kg per lubang tanam dan campur / aduk secara merata pada tanah.

Berikan pupuk ZA, SP – 36, dan KCL dengan cara ditaburkan pada lubang tanam dan dicampurkan secara merata pada tanah.

Untuk dosisnya, pupuk ZA diberikan dengan dosis 15 gram per lubang tanam, SP – 36 dengan dosis 30 gram per lubang tanam, dan KCL dengan dosis 15 gram per lubang tanam.

·         Penyemaian Bibit

Siapkan benih tumbuhan semangka terlebih dahulu. Gunakan benih dengan kualitas baik untuk menghasilkan bibit berkualitas. Penyemaian bibit bertujuan agar pertumbuhan bibit menjadi lebih optimal.

Pertama, rendam benih semangka menggunakan air hangat selama ± 20 menit dengan suhu 40 - 50° C. Gunakan air matang untuk merendam benih.

Jika terdapat benih yang mengapung, segera buang benih tersebut karena benih yang mengapung tersebut memiliki kualitas kurang bagus dan tidak cocok untuk ditanam.

Setelah semua benih yang mengapung tersebut dibuang, ambil benih yang tenggelam menggunakan saringan. Cuci benih menggunakan air matang / bersih, lalu tiriskan di udara terbuka agar lebih cepat kering.

Kemudian siapkan tray semai sebagai wadah semai. Buat lubang dengan jumlah secukupnya pada tray semai sebagai tempat sirkulasi air. 1 hari sebelum menyemai benih, isi media semai sebanyak ¾ bagiannya.

Buat media semai dari campuran pupuk kompos, tanah, dan pasir / sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Masukkan benih ke dalam media semai sedalam 0,7 – 2,3 cm. Semprotkan benih menggunakan spray.

Jaga media semai agar kondisinya tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Jika media semai terlalu kering, semprotkan dengan air halus sebanyak 1 - 2 kali sehari. Setelah bibit memiliki 3 – 6 helai daun, bibit siap dipindahkan ke lahan tanam.

Baca Juga : Cara Bisnis Online Produk Pertanian Sebagai Usaha Rumahan

·         Penanaman

Jika bibit tumbuhan semangka telah memiliki 3 – 6 helai daun, maka pemindahan bibit sudah bisa dilakukan.  Dalam melakukan proses pindah tanam harus dilakukan secara hati – hati untuk menghindari kerusakan pada bibit.

Ambil bibit dari media semai secara hati – hati, lalu pindahkan ke dalam lubang tanam pada bedengan. Masukkan secara hati – hati untuk menghindari kerusakan pada akar dan bagian tumbuhan lainnya seperti batang.

Masukkan sedalam 8 – 10 cm sampai akarnya tertanam dengan kuat, setelah itu tutupi lubang tanam menggunakan tanah di sekitarnya.

Lapisi bedengan dengan menggunakan mulsa plastik untuk menjaga suhu hangat pada bedengan. Dengan melapisi bedengan menggunakan mulsa, maka tingkat kelembaban akan tetap terjaga.

·         Perawatan

Lakukan proses perawatan secara rutin untuk menjaga pertumbuhan tanaman. Beberapa cara pemeliharaan / perawatan tanaman semangka yaitu :

1.   Penyulaman bibit

Jika terdapat bibit yang tumbuh secara tidak sempurna, segera lakukan penyulaman bibit. Bibit semangka bisa disulam saat sudah berumur sekitar ± 7 hari setelah tanam.

2.   Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma dan tanaman liar. Selain mampu mengurangi tingkat persaingan dalam mendapatkan nutrisi, penyiangan juga mampu menurunkan resiko serangan hama dan penyakit karena hama dan penyakit bisa ditularkan melalui gulma maupun tumbuhan liar lainnya.

3.   Penyiraman / pengairan

Sirami tumbuhan secara rutin untuk mencukupi kebutuhan air tumbuhan. Lakukan secara rutin untuk menjaga kondisi lahan tanam Anda tidak terlalu kering.

4.   Pemupukan susulan

Berikan pupuk susulan berupa Nitrogen dengan dosis 20 kgdan Potassium dengan dosis 25 kg pada tumbuhan setelah berumur ± 3 minggu setelah tanam. Cara aplikasinya yaitu dengan cara ditaburkan di sekitar tanah dekat dengan tunas.

·         Pengendalian hama dan penyakit

Hama dan penyakit menyebabkan kerusakan pada tumbuhan. Karena itu, melakukan pengendalian hama dan penyakit menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Hama dan penyakit yang jadi ancaman utama dalam kegiatan budidaya semangka contohnya seperti :

1.   Antraknosa

Penyebab penyakit antraknosa yaitu infeksi cendawan Colletotrichum. Cendawan ini berkembang dengan pesat pada suhu dibawah 32° C dengan tingkat kelembaban diatas 90 persen.

Penyakit antraknosa mampu menyerang berbagai bagian tumbuhan, mulai dari ranting, cabang, daun, sampai buah. Pada musim hujan penyakit ini akan lebih mudah menyebar ke berbagai tanaman.

Cendawan Colletotrichum mampu bertahan hidup pada sisa – sisa tumbuhan, dalam tanah, ataupun buah yang telah terinfeksi.

Sementara untuk media penularannya yaitu melalui manusia, hembusan angin, percikan air hujan, alat – alat pertanian, dan penyemprotan pestisida.

Gejala serangan penyakit antraknosa yaitu terdapat bercak melingkar cekung pada daun, lalu bercak tersebut meluas dan menyebabkan kerusakan seperti buah membusuk, kering, dan jauh.

Untuk mengendalikan penyakit antraknosa, caranya yaitu dengan membuang dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tumbuhan, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

2.   Lalat buah

Lalat buah merupakan lalat yang menyerang tumbuhan buah - buahan. Serangan lalat buah sudah terjadi sejak berabad – abad lalu. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai jenis lalat buah yang telah diketahui.

Siklus hidupnya umumnya berlangsung selama ± 18 – 20 hari. Dalam sekali bertelur, lalat betina mampu mnghasilkan telur sebanyak 50 – 100 butir telur. Setelah 2 – 5 hari, telur akan menetas menjadi larva dan menyebabkan kerusakan.

Setelah masuk ke dalam buah, larva / belatung akan memakan buah. 4 – 7 hari setelahnya, larva akan mulai melubangi buah dan segera menjatuhkan diri serta menjadi pupa didalam tanah. Dalam waktu 3 – 5 hari, pupa akan berubah menjadi lalat buah dewasa.

Gejala serangan hama lalat buah yaitu terdapat bekas tusukan pada permukaan kulit buah, didalam buah jika dibelah terdapat larva / belatung, dan akhirnya buah akhirnya menjadi gugur sebelum matang.

Cara mengendalikan serangan hama lalat buah yaitu menjaga kebersihan lahan tanam, memanfaatkan predator alami lalat buah, menggunakan tumbuhan perangkap, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

·         Pemanenan

Proses pemanenan semangka berbeda – beda waktu panennya, tergantung dengan varietas dan jenis semangka yang Anda tanam. Pastikan terlebih dahulu buah benar – benar matang saat proses pemanenan dilakukan.

Cara panen buah semangka yaitu dengan memetik buah bersama dengan tangkainya. Dengan begitu, maka masa simpan buah semangka menjadi lebih lama. Lakukan proses pemanenan pada saat cuaca cerah berawan. Setelah dipanen, buah semangka pun siap untuk dipasarkan.

Baca Juga : Trend Produk Cara Dan Formula Bisnis Pertanian Indonesia

Demikian artikel berjudul Tumbuhan Semangka Buah Manis Budidaya Mudah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Hubungi segera Pertanian Indonesia melalui no. telepon 081252271859 (Khusus Layanan WA/SMS).

Semoga artikel ini memberikan manfaat dan berdampak positif untuk Anda. Sampai bertemu kembali pada artikel lainnya. Terima kasih dan salam sukses.

Mungkin anda juga suka