Jual Mahameru F1 Benih Cabe Rawit Harga Murah. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia merupakan toko pertanian online yang jual berbagai kebutuhan tani terlengkap dengan harga murah dan berkualitas.

Pertanian Indonesia jual produk – produk pertanian seperti alat pertanian dan spare part, benih tanaman, zpt, pupuk, pestisida, dll. Semua produk yang kami jual dan sediakan akan kami kirim sampai ke alamat tujuan.

Cabe Rawit

Cabe rawit, cabai rawit, lombok rawit, atau cengek merupakan salah satu jenis cabai yang banyak beredar di pasaran. Cabe rawit (Capsicum frutescens L.) pertama kali ditemukan oleh bangsa Indian sebelum abad ke 16. Setelahnya, bangsa Spanyol dan Portugis mulai memperjualbelikan komoditas ini ke seluruh dunia.

Harga cabe rawit yang cenderung tinggi membuat tanaman ini sangat disukai dan banyak dibudidayakan petani Indonesia. Saat masih muda buahnya berwarna hijau dan mulai berubah menjadi merah saat sudah mulai memasuki masa panen.

Manfaat cabe dan cabai rawit yang bisa kita rasakan setelah mengkonsumsinya diantaranya seperti :

·         Meningkatkan produksi air liur

Produksi air liur bisa ditingkatkan dengan mengkonsumsi cabai ini. Dengan begitu, maka kesehatan di dalam mulut tetap terjaga

·         Meredakan pilek

Kandungan capsaicin dalam cabe rawit terbukti mampu membuat lendir di dalam hidung menjadi lebih encer, sehingga lendir bisa dengan mudah keluar dan membuat pernafasan menjadi lebih lancar

·         Sebagai zat anti kanker

Kandungan zat capsaicin selain menghasilkan rasa yang pedas pada cabai mampu memperlambat perkembangan tumor prostat dan memiliki efek anti – poliferasi dimana mampu menekan pertumbuhan sel kanker

·         Menurunkan berat badan

Kandungan zat capsaicin mampu mengurangi asupan kalori, sehingga mampu menurunkan berat badan tubuh

Baca Juga : Beli Produk Pertanian Online Terbaru Di Rumah Saja Jadi Cara Aman

Cabe Rawit Mahameru F1

Mahameru F1 merupakan benih cabai rawit unggul produk dari Matahari SeedCabe rawit Mahameru F1 Cap Matahari produk PT Aditya Sentana Agro ini sudah banyak ditanam oleh petani karena memiliki berbagai karakteristik dan keunggulan dari banyak pesaingnya.

Karakteristik dan keunggulan dari cabe rawit Mahameru F1 yaitu :

·   Cocok ditanam di daerah daerah dataran rendah sampai dataran tinggi baik pada musim kemarau atau musim hujan karena memiliki daya adaptasi yang baik

·    Jual Cabe Rawit Mahameru F1 harga murah sudah banyak dibudidayakan petani, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk membudidayakannya

·       Memiliki vigor tanaman kokoh, tegak, ruas pendek, dan juga memiliki banyak percabangan

·       Tahan terhadap serangan hama AphidThrips, dan penyakit antraknosa

·     Memiliki buah dengan diameter ± 0,5 cm dan panjang ± 4 cm dengan kulit buah berwarna mercah cerah saat siap panen dengan cita rasa pedas

·        Jual Cabe Rawit Mahameru F1 harga murah cocok dijadikan sebagai peluang usaha agribisnis untuk petani

·     Buah caberawit Mahameru F1 tahap terhadap proses pengemasan dan pengangkutan jarak jauh, sehingga lebih tahan lama dan tahan simpan

·    Pembentukan buah cabai rawit Mahameru F1 tetap mudah meskipun dalam kondisi cuaca kurang baik

·        Potensi hasil panen yang bisa didapatkan per ha yaitu berkisar sekitar ± 13 ton

·        Tersedia dalam kemasan sachet ukuran 10 gram

·      Jual cabe rawit Mahameru F1 harga murah dan kualitas terbaik bisa dibeli di toko Pertanian Indonesia

·   Harga cabai Mahameru F1 cukup tinggi di pasaran, sehingga sangai disukai petani dan pedagang di pasar

·     Kebutuhan benih cabai rawit Mahameru F1 Matahari Seed per ha yaitu sekitar ± 70 – 80 gram dengan diberikan jarak tanam 80 x 60 cm

Peluang Usaha Menanam Cabe Rawit Mahameru F1


Cara menanam cabe rawit Mahameru F1 kini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis dalam meraup untung. Dengan tanam cabe Mahameru F1 dijamin petani pasti akan mendapatkan keuntungan memuaskan.

Budidaya cabe Mahameru F1 secara baik dan benar diantaranya yaitu :

·         Persemaian Benih

Lakukan penyemaian benih terlebih dahulu agar memperoleh tanaman dengan kualitas baik. Buat tempat naungan pada tempat persemaian agar bibit terhindar dari curah hujan deras, laju angin, ataupun terik sinar matahari.

Persiapkan polybag terlebih dahulu dengan ukuran 5 x 10 cm, lalu isi media persemaian sebanyak ¾ bagiannya. Media semainya terdiri dari campuran bahan – bahan seperti pupuk kompos, arang sekam, dan tanah dengan menggunakan perbandingan 1 : 1 : 1.

Ayak semua bahan – bahan tersebut dan aduk secara merata. Setelah itu, sirami benih tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari.

·         Pengolahan Lahan Tanam

Pengolahan lahan tanam harus dilakukan terlebih dahulu agar struktur lahan tanam menjadi lebih baik. Jika bibit sudah siap tanam, maka lahan tanam sudah siap untuk digunakan.

Lakukan pengolahan lahan tanam dengan cara dibajak menggunakan traktor atau dicangkul dengan kedalaman 40 cm. Jika pH tanah masih di bawah atau di atas pH yang sesuai maka berikan kapur pertanian atau dolomite dengan dosis sebanyak ± 1 – 4 ton per ha tergantung tingkat keasaman tanah.

·         Penanaman

Setelah itu, buat bedengan pada lahan tanam. Buat dengan ukuran panjang mengikuti kondisi lahan tanam, tinggi 30 – 40 cm, dan lebar 100 – 110 cm. Berikan juga jarak antar bedengan sekitar ± 60 cm.

Berikan pupuk dasar dari dengan dosis sebanyak 15 – 20 ton per ha. Tambahkan juga pupuk KCl, SP 36, dan urea dengan dosis secukupnya jika kondisi tanah tidak terlalu subur.

Pasang mulsa plastik hitam perak pada bedengan. Lalu buat lubang tanam secara zig zag atau tidak sejajar sebanyak 2 baris pada 1 bedengan dengan diberikan jarak antar baris sekitar ± 60 cm. Hal tersebut bertujuan agar melancarkan sirkulasi udara dan membantu peningkatan penetrasi sinar matahari.

Pasang ajir untuk menopang berdirinya bibit tanaman. Pemasangan ajir ini sebaiknya dilakukan pada saat penanaman belum dilakukan. Ajir atau lanjaran yang digunakan bisa berupa bambu atau kayu.

Tancapkan ajir sedalam 5 cm. Jika tanaman sudah tumbuh cukup besar pasang ajir dengan sudut kemiringan 30° - 45° agar akar tanaman tidak rusak.

Setelah bibit sudah siap dipindah ke lahan tanam, maka pindahkan ke lubang tanam dengan cara menyobek polybag semainya dan dimasukkan ke lubang tanam secara hati – hati.

Tutupi dengan tanah, lalu sirami dengan air secukupnya agar kelembabannya terjaga. Lakukan proses pemindahan pada pagi atau sore hari saat sinar matahari tidak terlalu terik.

Baca Juga : Iggo F1 Cabe Merah Berkualitas Terbaik Dijual Harga Murah

·         Pemeliharaan Tanaman

Proses pemeliharaan tanaman harus dilakukan agar tanaman bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna. Cara merawat tanaman cabai hibrida Mahameru diantaranya yaitu penyulaman bibit, penyiraman, dan pemberian pupuk susulan.

Pertama lakukan penyulaman bibit. Segera lakukan proses penyulaman bibit jika bibit cabe tidak tumbuh secara sempurna atau memiliki kualitas kurang baik. Lakukan proses penyulaman pada saat bibit sudah berumur 2 minggu.

Setelah itu lakukan penyiangan gulma. Lakukan proses penyiangan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman agar tidak mengganggu tanaman. Dengan melakukan penyiangan gulma tanaman akan terhindar dari serangan hama atau penyakit.

Jangan lupa lakukan proses penyiraman. Lakukan proses penyiraman, namun frekuensi penyiraman harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi.

Pada musim kemarau lakukan proses penyiraman sesering mungkin agar tanaman terhindar dari kekeringan. Penyiraman atau pengairan bisa dilakukan dengan cara dikocor atau bisa dengan menggunakan sistem leb.

Kemudian, lakukan proses pemupukan susulanPemberian pupuk susulan pertama kali bisa diberikan saat tanaman berumur 2 minggu setelah tanam. Berikan pupuk NPK dengan dosis sebanyak 3 kg untuk 1000 tanaman. Larutkan dengan 200 liter air, lalu siramkan ke tanaman dengan dosis 200 ml per tanaman.

Pemupukan susulan kedua bisa dilakukan setelah 1 minggu setelahnya dengan ditambahkan dosis secara berkala. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk KCL, ZA, KNO3, TSP, dll.

·         Pengendalian Hama Dan Penyakit

Hama dan penyakit selalu menjadi hambatan dalam mencapai jumlah produksi cabe menjadi lebih maksimal. Hama dan penyakit yang bisa menghambat dan menjadi ancaman diantaranya yaitu :

1.   Kutu daun

Kutu daun (Myzus persicae) merupakan serangga kecil yang memakan getah tanaman. Serangga ini memiliki tubuh kecil berukuran 1 – 2 mm, berwarna coklat, hijau, atau hitam, serta hidup secara berkelompok.

Gejala serangan kutu daun pada tanaman diantaranya seperti daun menjadi keriting, layu, dan rontok, tanaman menjadi kerdil, serta tunas dan percabangan menjadi tidak berkembang.

Untuk mengatasi serangan hama kutu daun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memotong dan memusnahkan bagian tanaman yang diserang, menjaga kebersihan lahan tanam, mengambil dan memusnahkan kutu daun secara langsung, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

2.   Lalat buah

Lalat buah merupakan salah satu hama yang menjadi ancaman serius dalam budidaya tanaman hortikultura, tak terkecuali dengan cabe rawit.

Siklus hidup lalat ini berlangsung selama ± 18 – 20 hari tergantung dengan suhu lingkungannya. Lalat buah betina mampu menghasilkan telur sebanyak 50 – 100 butir dan menyuntikkannya ke dalam buah yang masih muda. Dalam waktu 2 – 5 hari telur tersebut akan menetas menjadi larva (belatung).

 Di hari ke 4 – 7 larva akan keluar dari buah dan mulai menjatuhkan diri serta menjadi pupa di dalam tanah. Pupa tersebut dalam waktu 3 – 5 hari berubah menjadi lalat dewasa.

Gejala serangan lalat buah pada tanaman yaitu terdapat bintik kecil pada kulit buah, buah terlihat keriput, pucat dan berwarna kuning, serta buah menjadi rontok.

Untuk mengatasi serangan hama lalat buah, cara yang bisa dilakukan contohnya seperti memasang perangkap lalat, membuang dan memusnahkan buah yang terserang, melakukan rotasi tanaman, dan melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

3.   Layu Verticillium

Penyakit layu vertillicium disebabkan oleh infeksi cendawan Verticillium spp. Cendawan ini mampu bertahan lama pada sisa – sisa tanaman di dalam tanah jika tidak terdapat tanaman inang.

Cendawan verticillium akan memasuki jaringan melalui luka pada kulit atau bisa juga melalui akar kecil. Setelah berhasil masuk, jamur ini akan tumbuh dengan cepat dan menghalangi transportasi air dan nutrisi untuk tanaman, sehingga bagian atas tanaman menjadi layu dan busuk.

Di tahap selanjutnya, jamur ini menyerang jaringan mati dan membentuk susunan gelap dan bisa dilihat dengan menggunakan lensa pembesar. Jamur verticillium ini mampu bertahan selama beberapa tahun di 1 lokasi.

Gejala serangan penyakit ini yaitu tanaman menjadi layu, daun menjadi menguning dan mati, tanaman menjadi kerdil, dan terdapat garis – garis berwarna hitam pada batang dan meluas ke atas.

Untuk mengatasi serangan penyakit layu verticillium, caranya bisa dengan memotong dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

4.   Ngengat Mata Coklat

Larva dari ngengat mata coklat (Lacanobia oleracea) mampu menyebabkan kerusakan yang parah. Ulat ini bisa ditemui di berbagai habitat dengan kondisi lembab dan kaya nutrisi.

Ngengat dewasa memiliki tubuh berwarna coklat muda dengan rentang sayap 35 – 45 mm. Ngengat betina mampu menghasilkan telur sebanyak 150 butir dan ditempatkan di bagian bawah daun.

Setelah beberapa hari, larva / ulat akan keluar dari telur tersebut. Ulat tersebut memiliki tubuh berwarna coklat gelap hingga hijau dengan bintik – bintik hitam dan putih dengan garis kuning di setiap sisinya.

Gejala serangan hama ini diantaranya seperti terdapat lubang – lubang kecil, sedang atau goresan dangkal di bagian batang, buah, dan daun, serta jaringan tanaman yang terserang mengalami pembusukan.

Untuk mengatasinya, cara yang bisa dilakukan contohnya yaitu dengan membuang dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi, menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, dan melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

·         Pemanenan Cabai

Proses pemanenan cabai rawit Mahameru F1 bisa dilakukan setelah tanaman berumur ± 85 hari setelah pindah tanam dan bisa menghasilkan hasil panen sebanyak ± 13 ton.

Saat memanen, lakukan dengan benar karena jika salah melakukannya maka sudah pasti hasil panen cabe di periode berikutnya akan ikut terdampak.

Memanen cabe rawit Mahameru F1 sebaiknya dilakukan pada sore hari. Petik dengan cara dipelintir searah jarum jam. Prioritaskan cabai yang sudah tua untuk dipetik. Tempatkan ke wadah yang telah disiapkan, lalu sortir. Buah cabai Mahameru F1 pun siap untuk dipasarkan.

Baca Juga : Petani Indonesia Membutuhkan Toko Pertanian Murah Dan Lengkap

Beli Cabe rawit Mahameru F1 produk Matahari Seed bisa didapatkan dan dibeli di toko Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia jual cabe rawit Mahameru F1 harga murah dan siap kirim sampai ke alamat tujuan.

Jika tertarik beli benih cabe rawit Mahameru F1 produk Matahari Seed Anda bisa langsung meluncur dan order melalui halaman produk benih cabai rawit Mahameru F1. Klik produknya, checkout, masukkan alamat tujuan dengan rinci, bayar, dan tinggal tunggu produk pesanan Anda sampai ke alamat tujuan.

Demikian artikel berjudul Jual Matahari F1 Benih Cabe Rawit Murah ini saya tulis dan sampaikan untuk Anda. Semoga bisa bermanfaat dan memberikan dampak positif untuk Anda semua. Jika terdapat hal – hal yang kurang jelas langsung saja tanyakan ke Pertanian Indonesia melalui fitur chat di halaman web kami. Terima kasih.

Jual Melon Leoni MH F1 Murah Kualitas Terbaik Pertanian Indonesia
Jual Melon Leoni MH F1 Murah Kualitas Terbaik Pertanian Indonesia. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia.Pertanian Indonesia jual benih melon Leoni ...
Jual Kembang Kol Snow Waltz F1 Takii Seed Harga Murah
Jual Kembang Kol Snow Waltz F1 Takii Seed Harga Murah. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia jual benih kembang kol hibrida ung...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka

Generasi Milenial Peluang Usaha Sukses Pertanian Indonesia Global

Generasi milenial peluang usaha pertanian Indonesia sukses. Sistem pertanian digital mampu meningkatkan ekonomi petani. Pertanian Indonesia SMS / WA: 0812 5227 1859. Generasi milenial bisa menciptakan teknologi tepat guna bermanfaat kemajuan global petani...
Support HPWD
dilihat: 225 baca selengkapnya ⟶