Batara F1 Mentimun Unggul Produk Panah Merah. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia merupakan toko pertanian online yang jual berbagai kebutuhan pertanian harga murah berkualitas.

Produk – produk pertanian yang Pertanian Indonesia jual contohnya seperti alat pertanian dan spare part, benih tanaman, zpt, pestisida, pupuk, dll. Semua produk yang kami jual pasti memiliki kualitas terbaik dan original.

Tanaman Mentimun

Mentimun (Cucumis sativus L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura dan termasuk ke dalam golongan suku buah labu – labuan (Cucurbitaceae). Tanaman yang disebut juga dengan ketimun atau timun ini diperkirakan berasal dari Cina bagian tengah dan barat.

Buahnya mengandung kandungan air cukup tinggi, sehingga jika kita konsumsi  akan menyegarkan tubuh. Potongan buahnya juga dimanfaatkan sebagai bahan – bahan kecantikan, dan juga banyak dimanfaatkan untuk produk - produk lainnya.

Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan adalah bagian buahnya. Bagian tersebut biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan dalam keadaan segar atau disajikan sebagai lalapan.

Manfaat mentimun untuk kesehatan bisa kita dapatkan setelah kita mengkonsumsinya. Manfaat ketimun untuk kesehatan tubuh kita diantaranya seperti :

·         Menghambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan cucurbitacun dan lignan dalam ketimun mampu melindungi tubuh dari kanker, sehingga tubuh terhindar dari resiko terserang penyakit kanker

·         Membantu proses detoksifikasi

Mengkonsumsi timun bisa membantu proses detoksifikasi racun tubuh. Sifat diuretik yang dimiliki mentimun mampu akan memicu produksi air seni yang mengandung zat – zat hasil metabolisme, racun – racun, dan bakteri. Dengan begitu, maka tubuh menjadi lebih segar dan lebih sehat

·         Melindungi tulang

Kandungan vitamin K dalam ketimun mampu menjaga kesehatan tulang, serta meningkatkan penyerapan kalsium yang bermanfaat dalam proses pembentukan tulang

·         Mengatasi bengkak di daerah sekitar area mata

Ketimun mampu membuat pembengkakan di sekitar mata bisa teratasi. Dengan menggunakan irisan timun dan diletakkan pada mata selama ± 15 menit, maka efeknya sudah bisa Anda rasakan

·         Membantu proses penurunan berat badan

Jika anda sedang dalam program diet, maka mengkonsumsi buah satu ini sangat cocok untuk Anda. Air atau jus timun yang memiliki kadar kalori rendah sangat cocok sekali untuk dikonsumsi setelah Anda berolahraga karena mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih kenyang, sehingga ikut membantu program diet Anda

Baca Juga : Toko Pertanian Terdekat Online Petani Mudah Di Akses Google

Timun Batara F1

Batara F1 adalah benih timun hibrida unggul Cap Panah Merah produk dari PT East West Seed Indonesia. Batara F1 cocok dimanfaatkan oleh petani karena memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan benih – benih lain pesaingnya.

Karakteristik dan keunggulan yang dimiliki oleh Timun Batara F1 yaitu :

·        Cocok ditanam dan dibudidayakan di daerah dataran rendah sampai dataran menengah pada musim kemarau

·        Tahan terhadap penyakit kresek, serta ahan terhadap Gemini virus

·   Khasiat mentimun Batara F1 bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara rutin untuk menyehatkan tubuh

·        Batara F1 East West Seed Indonesia di Pertanian Indonesia kualitas terbaik dan unggul

·      Berkebun mentimun Batara F1 cocok untuk dibudidayakan sebagai peluang bisnis petani buah dan sayur

·     Cara menanam timun Batara F1 secara baik dan benar mampu menghasilkan buah dengan kondisi besar dan segar

·        Tanam sayuran timun Batara F1 bisa dibudayakan dengan teknik atau sistem hidroponik

·       Buah ketimun Batara F1 Panah Merah memiliki berat sekitar ± 250 gram dengan daging buah rasa manis berwarna hijau keputihan dan kulit buah berwarna hijau tua

·       Batara F1 Cap Panah Merah cocok jadi peluang usaha budidaya karena termasuk dalam salah satu benih timun terbaik antivirus di Indonesia

·   Beli Batara F1 Ewindo bisa Anda beli dan dapatkan di Pertanian Indonesia stok lengkap kualitas original

·     Mentimun hibrida Batara Eastwestseed bisa dipanen setelah berumur ± 38 hari setelah pindah tanam

·       Tersedia dalam kemasan sachet berisi 800 butir

·       Kebutuhan benih mentimun Batara F1 per ha yaitu sekitar ± 800 gram

·       Potensi hasil panen yang bisa didapatkan dari budidaya timun Batara F1 yaitu sebanyak ± 62 ton per ha

·   Beli benih timun Batara F1 harga murah bisa didapatkan dengan harga murah Pertanian Indonesia

·      Manfaat timun Batara F1 yang mampu menyehatkan tubuh membuat produk unggulan East West ini banyak dicari oleh masyarakat

·         Jual benih timun Batara F1 di Pertanian Indonesia tersedia dalam harga promo dan diskon

Tanam Mentimun Batara F1


Tanam mentimun Batara F1 cocok untuk usaha agrobisnis petani sayur. Petani sayur tanam benih Mentimun Batara F1 dijamin pasti untung dan tahan virus.

Tata cara menanam timun Batara F1 secara baik dan benar yaitu :

·         Persemaian Benih

Rendam benih terlebih dahulu sebelum menyemai benih. Rendam benih ke dalam larutan fungisida Propamokarb Hidroklorida (0,5 ml / l) selama 30 menit.

Setelah itu, semai benih pada tray semai yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran pupuk kandang dan tanah (perbandingan 1 : 1) yang telah disterilkan terlebih dahulu dengan cara dikukus selama ± 4 jam.

Jika benih telah tumbuh sebanyak 2 helai daun, maka pindahkan ke dalam kantung plastik yang telah diisi media tanam. Terakhir, semprotkan dengan larutan fungisida lagi dan dosis yang sama dengan interval 1 minggu.

·         Pengolahan Lahan Tanam

Lakukan proses pengolahan lahan tanam agar lahan tanam menjadi lebih sesuai untuk budidaya.

Lakukan proses pengolahan lahan tanam dengan cara dibajak menggunakan traktor atau dengan cara manual menggunakan cangkul. Cangkul tanah sedalam 30 cm, lalu buat bedengan pada lahan tanam.

Bedengan dibuat dengan ukuran tinggi bedengan 20 – 30 cm, lebar 1 meter, dan panjangnya disesuaikan dengan lahan tanam. Berikan juga jarak antar bedengan ± 30 – 50 cm.

Jika tingkat keasaman tanah < 5,5 , maka berikan dolomite atau kapur pertanian pada bedengan. Berikan dengan cara ditaburkan dengan dosis sebanyak ± 1 – 1,5 ton per ha. Setelah itu, buat lubang tanam di atas bedengan sebanyak 2 baris dan berikan jarak antar barisan sekitar ± 70 cm dan jarak lubang tanam dalam 1 baris sekitar ± 30 – 40 cm.

Lalu lakukan proses pemupukan dasar pada bedengan untuk menambah kandungan unsur hara dan nutrisi. Gunakan pupuk dasar berupa pupuk kandang dengan dosis sebanyak ± 10 – 15 sak per 400 m². Tambahkan juga dengan pupuk KCl, ZA, dan TSP dengan perbandingan 1 : 1 : 2.

Aduk secara merata dan tutupi dengan menggunakan mulsa. Diamkan bedengan selama 7 hari. Setelah 1 minggu, buat lubang tanam pada bedengan. Terakhir, buat lubang tanam sedalam 5 - 7 cm menggunakan alat pelubang mulsa.

Baca Juga : Grosir Pertanian Online Sarana Lengkap Harga Murah
·         Penanaman

Bibit yang telah memiliki 3 – 4 helai daun atau sudah berumur . Lakukan proses pemindahan bibit pada pagi atau sore hari untuk menghindari sinar berlebihan di siang hari.

Masukkan bibit ke dalam lubang tanam dengan hati – hati, lalu tutupi lubang tanam dengan menggunakan tanah di sekitar. Ratakan tetapi jangan ditutupi terlalu padat.

Selama 7 hari sesudah ditanam, lihat progress pertumbuhannya. Jika terdapat bibit yang tidak tumbuh dengan baik, segera lakukan penyulaman bibit. Pasang juga ajir / lenjeran sebagai tempat tumbuh / menjalar bibit. Ajir yang digunakan terbuat dari bambu sepanjang ± 2,25 meter – 2,5 meter, dan tancapkan dengan cara menyilang dan ikatkan.

·         Pemeliharaan

Proses pemeliharaan harus selalu dilakukan. Dengan melakukan proses pemeliharaan maka tanaman bisa tumbuh secara sempurna dan terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Pertama, sirami secara teratur agar kebutuhan air tanaman tetap tercukupi. Setelah itu, pasang ajir atau lenjeran pada tanaman. Pemasangan ajir atau lenjeran ini bisa mulai dilakukan setelah bibit berumur ± 4 – 5 hari setelah tanam dengan cara mengikatkan bibit ke ajir / lenjeran.

Lakukan juga proses perempelan saat bibit sudah berumur 1,5 – 2 bulan dengan membuang tunas air dan bunga pada ruas pertama sampai dengan ruas ketiga. Bunga pada ruas keempat dan seterusnya tetap dipelihara dengan catatan untuk 1 ruas hanya dipelihara sebanyak 1 bunga.

Jangan lupa juga lakukan proses penyiangan gulma secara rutin setiap 2 – 3 minggu sekali untuk mencegah munculnya gulma serta mengurangi resiko terserang hama dan penyakit.  

·         Pengendalian Hama Dan Penyakit

Proses pengendalian hama dan penyakit harus selalu dilakukan untuk meminimalisir serangan hama dan penyakit. Hal tersebut perlu dilakukan karena serangan hama dan penyakit selalu jadi ancaman utama dalam dalam budidaya tanaman timun.

Hama dan penyakit yang menjadi ancaman dalam budidaya timun contohnya yaitu :

1.   Keropeng Mentimun

Keropeng mentimun disebabkan oleh infeksi cendawan Cladosporium cucumerinum. Cendawan ini bisa menyebar melalui media seperti pakaian, serangga, atau diterbangkan oleh udara.

Tingkat kelembaban udara yang tinggi dengan suhu 12° – 25° C ditambah dengan cuaca yang lembab akan semakin memperparah infeksi cendawan ini.

Gejala tanaman terserang penyakit keropeng mentimun diantaranya yaitu pada bagian daun terdapat bercak – bercak hijau pucat, berair, dan berukuran kecil, serta bagian buahnya terdapat bercak berwarna abu – abu sedikit cekung.

Untuk mengatasi penyakit keropeng mentimun, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu melakukan rotasi tanaman, membuang dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi, menjaga kebersihan lahan tanam, serta melakukan aplikasi fungisida sesuai dengan dosis.

2.   Kumbang Mentimun

Kumbang mentimun (Diabrotica spp) adalah hama serangga yang menjadi pengganggu dalam budidaya mentimun. Kumbang ini pada umumnya memiliki warna hijau sampai kuning.

Kumbang betina dewasa meletakkan telurnya secara berkelompok di celah – celah tanah dekat dengan tanaman inang. Setelah telur menetas dan menjadi larva, dengan segera larva akan memakan akan memakan akar dan bagian dalam tanaman terlebih dahulu, lalu mulai merembet ke bagian lainnya.

Gejala tanaman terserang kumbang mentimun diantaranya yaitu terjadi kerusakan pada bagian ujung akar sampai ke pangkal tanaman, dan tanaman menjadi kering akibat tidak mendapatkan unsur hara.

Untuk mengatasi serangan hama ini, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memanfaatkan predator / musuh alami, membuang dan memusnahkan tanaman yang terserang, melakukan rotasi tanaman, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

3.   Kumbang Daun

Kumbang daun (Chrysomelidae) termasuk ke dalam salah satu hama yang berbahaya bagi budidaya tanaman. Hama ini biasanya memiliki tubuh berbentuk oval berbentuk sekitar ± 12 mm dan kaki cukup pendek.

Gejala serangan hama kumbang daun diantaranya yaitu terdapat lubang – lubang kecil (1 – 2 mm) pada daun, dan juga terdapat rongga – rongga kecil bekas gigitan yang tidak menembus bilah daun.

Di sekitar jaringan yang mengalami kerusakan biasanya berwarna kuning. Selain itu biasanya juga terdapat benjolan kecil yang muncul di jaringan tanaman yang mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi serangan hama kumbang daun, caranya yaitu dengan menjaga kebersihan lahan tanam, melakukan rotasi tanaman, memanfaatkan predator alami kumbang daun, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

4.   Lalat pengerek daun

Lalat pengerek daun (Agromyzidae) merupakan lalat yang banyak ditemui di berbagai tempat di seluruh dunia.

Saat berkembang biak, lalat betina akan menusuk ke bagian jaringan daun dan mulai meletakkan telurnya di sepanjang tepian daun. Setelah beberapa hari, telur tersebut akan menjadi larva dan mulai membuat terowongan berwarna putih besar berkelok - kelok.

Setelah larva menjadi dewasa, maka larva akan membuka lubang pada bagian bawah daun dan jatuh ke tanah, lalu berubah menjadi kepompong. Setelah beberapa hari, kepompong berubah menjadi lalat pengerek daun dewasa.

Untuk mengendalikan serangan hama ini, cara yang bisa dilakukan diantaranya yaitu memanfaatkan predator alami lalat pengerek daun, mengambil dan memusnahkan tanaman yang terserang, memasang perangkap lalat, serta melakukan aplikasi insektisida sesuai dengan dosis.

·         Pemanenan

Proses pemanenan timun Batara F1 bisa mulai dilakukan setelah tanaman berumur ± 38 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen yang bisa didapatkan yaitu ± 62 ton per ha.

Lakukan proses pemanenan pada pukul. Petik secara hati – hati, lalu letakkan di tempat sejuk agar ukuran mentimun tidak berkurang akibat menyusutnya kandungan air di dalamnya.

Baca Juga : Jual Mahameru F1 Benih Cabe Rawit Harga Murah

Belanja Online Dan Jual Benih Timun Batara F1 Cap Panah Merah harga murah bisa Anda beli dan dapatkan di toko online Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia jual benih mentimun Batara F1 Cap Panah Merah dengan harga bersaing dan berkualitas.

Pertanian Indonesia menjalin kerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman logistik terpercaya dan sudah terkenal dengan reputasinya. Pertanian Indonesia menggandeng Pos Indonesia dan JNE untuk mengirim pesanan produk, sehingga Anda tidak perlu khawatir pesan produk pertanian dari kami.

Demikian artikel berjudul Batara F1 Mentimun Unggul Produk Panah Merah ini saya tulis dan sampaikan kepada Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Hubungi Pertanian Indonesia melalui layanan chat di laman web kami atau melalui no. telepon 0812 5227 1859. Sekian dan terima kasih.

Jenis Pupuk Organik Untuk Usaha Rumahan Kebun Sayuran Aman Terbaik
Pupuk organik dan kimia saat ini digunakan petani Indonesia untuk menjalankan usaha rumahan berkebun sayuran. Berkebun akan mendapatkan hasil panen ti...
15 Cara Menanam Sayuran Organik Terbaik Di Polybag Halaman Rumah
Cara menanam sayuran organik terbaik jadi meteri yang harus dikuasai berbagai kalangan. Selama Pandemi Covid 19 aktivitas kerja di rumah banyak dilaku...
Tinggalkan komentar
Note: HTML tidak diterjemahkan!
Mungkin anda juga suka