Insektisida Sistemik Untuk Lalat Buah Berkualitas Terbaik Untuk Petani

Insektisida Sistemik Untuk Lalat Buah Berkualitas Terbaik Untuk Petani. 081252271859 WA/SMS Pertanian Indonesia. Pertanian Indonesia toko pertanian online yang jual dan menyediakan berbagai macam sarana prasarana pendukung kegiatan bertani terlengkap dengan harga murah.

Insektisida sistemik untuk lalat buah berkualitas terbaik sangat dibutuhkan oleh petani. Pertanian Indonesia memiliki berbagai produk insektisida sistemik untuk lalat buah. Beli segera produk insektisida sistemik untuk lalat buah berkualitas terbaik hanya di Pertanian Indonesia.

Budidaya Tanaman Buah Dan Kendala Dalam Melakukan Budidaya Tanaman Buah

Budidaya tanaman buah di Indonesia banyak dilakukan oleh petani di Indonesia. Berbagai macam tanaman buah terdiri dari berbagai jenis, contohnya yaitu tomat, pisang, melon, anggur, semangka, dll.

Agar mendapatkan hasil budidaya tanaman buah tersebut secara sempurna, maka petani harus melakukan tahapan – tahapan budidaya tanaman buah secara baik dan benar. Dengan begitu, maka hasil panennya tentu juga akan maksimal.

Nah, dalam melakukan budidaya tanaman buah ini tentu akan selalu ada kendala. Adanya kendala tersebut tentu menjadi hambatan untuk petani. Salah satu contoh kendala yang banyak dialami oleh petani adalah serangan hama. Serangan hama menyebabkan kerusakan baik langsung maupun tidak langsung.

Kerusakan langsung yang diakibatkan misalnya seperti bagian – bagian tanaman mengalami gejala kerusakan, sementara kerusakan tidak langsung misalnya seperti munculnya penyakit akibat serangan hama.

Salah satu contoh hama yang sering menyerang tanaman buah adalah lalat buah. Apa itu lalat buah ?? Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya ?? Simak penjelasannya pada uraian dibawah ini.

Baca Juga : Bibit Bayam Kualitas Terbaik Untuk Petani Serta Cara Menanamnya

Lalat Buah Serta Cara Mengatasi Serangan Lalat Buah

Lalat buah (Bactrocera carambolae) merupakan salah satu hewan serangga pengganggu yang menjadi musuh utama untuk berbagai tanaman. Tanaman yang sering terserang oleh hewan serangga ini contohnya seperti tomat, cabai – cabaian, terong, belimbing, mangga, jeruk, jambu biji, dll.

Dengan banyaknya tanaman yang bisa terserang oleh lalat buah, tentu perkembangan serta pertumbuhan hama ini harus segera dikendalikan. Jika dibiarkan saja, maka serangan hama lalat akan menimbulkan dampak negatif akibat kerusakan yang dihasilkan semakin besar.

Hewan ini biasanya menyukai tempat dengan suhu 10° – 30° C untuk hidup dan berkembang biak. Dalam sekali bertelur, hama lalat bisa bertelur sebanyak 100 – 120 butir. Sementara itu untuk perkembangan telurnya membutuhkan suhu sekitar 25° – 30° C. Dalam waktu cukup singkat (± 30 – 36 jam) telur – telur tersebut nantinya akan menetas.

Larva yang telah menetas mulai bergerak serta menyebabkan kerusakan pada buah, sehingga kondisinya menjadi busuk lalu akhirnya rontok. Belatung akan membuat terowongan dan juga memakan daging buah. Keadaan tersebut berlangsung selama beberapa waktu.

Setelah larva dewasa, mereka akan menjatuhkan diri ke tanah. Selanjutnya, belatung akan membuat terowongan di dalam tanah dengan kedalaman ± 2 – 5 cm. Setelah 7 – 8 hari, belatung akan berubah menjadi lalat dewasa.

Siklus hidup lalat buah berlangsung selama ± 23 – 34 hari. Dalam waktu setahun, hama ini bisa berkembang biak dan menghasilkan sebanyak 8 – 10 generasi. Tak heran jika perkembangan hama lalat menjadi salah satu momok utama untuk petani.

Adanya gejala tanaman terserang hama lalat bisa dilihat melalui struktur buah yang telah diserang. Umumnya, hewan ini menyerang buah berkulit tipis dengan daging buah yang beertekstur lunak.

Gejala awal serangan hama lalat buah pada tanaman yaitu mulai terlihat noda – noda berukuran kecil berwarna hitam bekas tusukan pada kulit buah, lalu noda – noda tersebut mulai berkembang dan meluas.

Sementara itu, di dalam daging buahnya larva akan menyebabkan kerusakan dari dalam, buah menjadi busuk serta terjadi perubahan warna. Pembusukan yang terjadi merupakan akibat dari kontaminasi dari bakteri yang berada bersama telur.

Selanjutnya buah akan rontok sebelum masak pada waktunya. Jika buah yang telah gugur / rontok tersebut tidak segera dibersihkan dan dimusnahkan, maka hal itu bisa dimanfaatkan sebagai sumber infeksi melalui lalat buah generasi selanjutnya.

Untuk mengatasi serangan hama lalat, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Banyak metode telah dikembangkan supaya bisa mengatasi serangan lalat. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi serangan hama lalat yaitu :

·         Melakukan pengendalian secara manual

Pengendalian secara manual bertujuan agar memotong siklus hidup lalat. Dengan menggunakan metode ini, maka secara otomatis telur maupun belatung yang terdapat di dalam buah akan ikut terbasmi.

Untuk melakukan cara ini, cukup ambil / petik buah yang telah terserang. Selanjutnya, segera kumpulkan semua buah yang telah terserang dan segera musnahkan.

·         Menggunakan musuh alami / predator lalat buah

Penggunaan musuh alami cukup aman untuk petani. Untuk menggunakan cara ini, cukup letakkan predator alami di sekitar lahan tanam. Predator alami nantinya akan memburu hama. Contoh predator alami yang bisa digunakan contohnya yaitu laba – laba, cocopet, semut, kumbang stafilinid, dll.

·         Memasang perangkap lalat

Pemasangan perangkap juga cukup efektif untuk membasmi lalat. Karena itu cara ini ini cukup banyak dipilih oleh petani. Untuk menggunakan metode ini, cukup letakkan perangkap lalat buah pada tanaman budidaya.

·         Menggunakan metode lem perangkap lalat buah

Pengendalian menggunakan lem perangkap lalat buah juga banyak digunakan oleh petani. Di dalam lem perangkap, biasanya terdapat zat kimia yang berfungsi untuk memerangkap lalat. Setelah lalat tertarik oleh zat kimia tersebut, maka lalat akan tertarik serta terperangkap dalam perangkap tersebut.

Untuk mendapatkan produk ini, caranya cukup mudah. Cukup saja klik melalui link berikut ini.

·         Menggunakan insektisida sistemik

Cara ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh petani. Cara ini tergolong praktis serta cukup mudah untuk dilakukan, sehingga membuat petani memilih menggunakan metode penggunaan insektisida sistemik ini.

Baca Juga : Toko Bibit Sayuran Terdekat Harga Murah Pertanian Indonesia

Insektisida Sistemik Untuk Lalat Buah Rekomendasi Pertanian Indonesia

Seperti uraian diatas sebelumnya, penggunaan insektisida sistemik merupakan salah satu cara / metode yang paling banyak digunakan oleh petani. Di pasaran Indonesia sendiri, sudah banyak produk insektisida sistemik yang bisa digunakan oleh petani.

Untuk itu, petani perlu panduan untuk bisa memilih produk insektisida sistemik berkualitas terbaik yang ampuh. Toko Pertanian Indonesia akan membantu petani dalam memilih produk – produk yang berkualitas.

Pertanian Indonesia memiliki banyak produk insektisida sistemik berkualitas terbaik untuk petani. Kami akan membantu petani dalam mendapatkan produk insektisida sistemik. Beberapa contoh produk insektisida sistemik berkualitas terbaik di Pertanian Indonesia yaitu :

·         Cyrrotex 75 SP

Cyrrotex 75 SP adalah produk insektisida sistemik unggulan dari PT Multi Sarana Indotani dengan merek dagang Cap Kapal Terbang. Pestisida sistemik Cyrrotex 75 SP berbahan aktif Siromazin 75% dan memiliki bentuk formulasi berupa butiran tepung berwarna putih yang bisa diemulsikan dengan air.

Cyrrotex Cap Kapal Terbang termasuk dalam kategori insektisida sistemik dan bekerja sebagai racun kontak dan lambung. Cyrrotex Cap Kapal Terbang telah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian dan mendapatkan ijin edar dengan nomor pendaftaran RI. 01010120031750.

Insektisida sistemik Cyrrotex 75 SP cocok diaplikasikan untuk mengatasi serangan lalat agar tidak mengalami tingkat kerusakan lebih besar. Cyrrotex 75 SP tersedia dalam kemasan sachet isi bersih 25 gram, dan bisa dibeli di Pertanian Indonesia melalui link berikut ini.

·         Metha 400 EC

Metha 400 EC adalah produk insektisida sistemik unggulan dari PT Sari Kimia Unggul. Pestisida sistemik Metha 400 EC berbahan aktif Dimetoat 400 g/l dan memiliki bentuk formulasi berupa pekatan berwarna kuning benih yang bisa diemulsikan dengan air.

Metha Sari Kimia Unggul termasuk dalam kategori insektisida sistemik dan bekerja sebagai racun kontak dan lambung. Sari Kimia Unggul Metha 400 EC telah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian dan mendapatkan ijin edar dengan nomor pendaftaran RI. 01010120062530.

Metha 400 EC cocok diaplikasikan untuk mengatasi serangan lalat agar tidak mengalami tingkat kerusakan lebih besar. Insektisida sistemik Metha 400 EC tersedia dalam kemasan botol isi bersih 500 ml, serta bisa dibeli di Pertanian Indonesia melalui link berikut ini.

·         Curacron 500 EC

Curacron 500 EC adalah produk insektisida sistemik unggulan dari PT Syngenta Indonesia. Insektisida sistemik Curacron 500 EC berbahan aktif profenofos 500 g/l dan memiliki bentuk formulasi berupa pekatan berwarna kuning kecoklatan yang mampu larut bersama air.

Curacron Syngenta termasuk dalam kategori insektisida sistemik dan bekerja sebagai racun kontak dan perut. Syngenta Curacron 500 EC sudah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian serta mendapatkan ijin edar melalui nomor pendaftaran RI. 0101011979381.

Curacron 500 EC cocok diaplikasikan untuk mengatasi serangan lalat agar tidak mengalami tingkat kerusakan lebih besar. Insektisida sistemik Curacron 500 EC tersedia di Pertanian Indonesia dalam kemasan botol isi bersih 100 ml, 250 ml, dan 500 ml, serta bisa dibeli secara mudah melalui link berikut ini.

Baca Juga : Obat Untuk Padi Biar Berisi Serta Bobot Bantu Usaha Petani

·         Decis 25 EC

Decis EC adalah produk insektisida sistemik unggulan dari PT Bayer Indonesia. Insektisida sistemik Decis 25 EC berbahan aktif Deltametrin 25 g/l dan memiliki bentuk formulasi berupa pekatan berwarna kuning jernih.

Decis Bayer termasuk dalam kategori insektisida sistemik dan bekerja secara kontak dan pencernaan. Bayer Decis 25 EC telah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian dan mendapatkan ijin edar melalui nomor pendaftaran RI. 0101011979387.

Decis 25 EC cocok diaplikasikan untuk mengatasi serangan lalat agar tidak mengalami tingkat kerusakan lebih besar. Insektisida sistemik Decis 25 EC tersedia di Pertanian Indonesia dalam kemasan botol isi bersih 100 ml, 250 ml, dan 500 ml, serta bisa dibeli melalui link berikut ini.

·         Buldok 25 EC

Buldok 25 EC adalah produk insektisida sistemik unggulan produk dari PT Bayer Indonesia. Insektisida sistemik Buldok 25 EC berbahan aktif Beta Siflutrin 25 g/l dan memiliki bentuk formulasi berupa pekatan berwarna kuning bening yang bisa diemulsikan.

Buldok Bayer termasuk dalam kategori insektisida sistemik dan bekerja secara kontak. Bayer Buldok telah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian dan mendapatkan ijin edar dengan nomor pendaftaran RI. 0101011990933.

Buldok 25 EC cocok diaplikasikan untuk mengatasi serangan lalat agar tidak mengalami tingkat kerusakan lebih besar. Insektisida sistemik Buldok 25 EC tersedia dalam kemasan botol isi bersih 100 ml, 250 ml, dan 500 ml, serta bisa dibeli di Pertanian Indonesia melalui link berikut ini.

·         Pegasus 500 SC

Pegasus 500 SC adalah produk insektisida sistemik unggulan produk dari PT Syngenta Indonesia. Insektisida sistemik Pegasus 500 SC berbahan aktif diafentiuron 500 g/l dan memiliki bentuk formulasi berupa pekatan suspensi berwarna putih keabu – abuan yang bisa larut bersama air.

Pegasus Syngenta termasuk dalam kategori insektisida sistemik dan bekerja sebagai racun kontak dan perut. Insektisida Syngenta Pegasus telah terdaftar secara resmi di Kementerian Pertanian dan mendapatkan ijin edar dengan nomor pendaftaran RI. 01010119921031.

Pegasus 500 EC cocok diaplikasikan untuk mengatasi serangan lalat agar tidak mengalami tingkat kerusakan lebih besar. Insektisida sistemik Pegasus 500 EC tersedia dalam kemasan botol isi bersih 80 ml, serta bisa dibeli di Pertanian Indonesia melalui link berikut ini.

Hal – Hal Penting Tentang Insektisida Sistemik Untuk Lalat Buah

Ketika menggunakan insektisida sistemik untuk lalat buah, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan. Hal – hal penting tentang insektisida sistemik untuk lalat buah yang perlu untuk diperhatikan yaitu :

·    Baca terlebih dahulu petunjuk cara penggunaan insektisida sistemik untuk lalat agar hasil yang didapatkan tetap maksimal

·     Jauhkan produk insektisida dari jangkauan anak – anak karena bersifat beracun, sehingga terhindar dari terjadinya hal – hal negatif

·        Pertanian Indonesia jual produk insektisida sistemik harga murah kualitas terbaik

·   Toko online Pertanian Indonesia jual serta menyediakan berbagai macam produk asli insektisida sistemik untuk lalat buah harga murah dan siap kirim ke konsumen dengan menggandeng mitra jasa pengiriman terpercaya di Indonesia

Baca Juga : Timun Zatavy F1 Berkualitas Terbaik Untuk Petani

Demikian artikel berjudul Insektisida Sistemik Untuk Lalat Buah Berkualitas Terbaik Untuk Petani ini saya tulis serta sampaikan kepada Anda. Semoga bisa menambah wawasan serta bermanfaat positif untuk Anda semua.

Jika masih terdapat hal – hal kurang jelas mengenai artikel ini, hubungi saja Pertanian Indonesia melalui no. telepon 081252271859 (Khusus Layanan WA/SMS). Salam sukses dan sampai jumpa kembali pada artikel – artikel selanjutnya.